Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Daun Sawo Untuk Asam Lambung Yang Sering Diabaikan

 manfaat daun sawo untuk asam lambung

Duniahobiku.com – Apakah anda memelihara pohon sawo dihalaman rumah? Selama ini mungkin anda hanya memetik dan mengkomsumsi buah sawo tanpa mengetahui bahwa sebenarnya daunnya pun memiliki manfaat untuk kesehatan, termasuk bagi kesehatan lambung anda.  Manfaat daun sawo untuk asam lambung belum banyak diketahui masyarakat sehingga daripada hanya menjadi daun kering lebih baik anda manfaatkan menjadi herbal. Artikel kali ini akan membahas khasiat daun sawo dan cara  mengolahnya agar bisa menjaga kesehatan anda terutama bagi yang memiliki masalah dengan asam lambung.

Ciri-Ciri Daun Sawo

Daun sawo berbentuk bundar memanjang dan tumbuh bergerombol pada bagian ranting atau ujung tangkai. Permukaan daun bagian atas berwarna hijau mengkilap dan bagian bawahnya berwarna hijau muda atau kecoklat-cokelatan, tergantung jenis sawo. Pada bagian bawah daun terdapat tulang daun yang sedikit menonjol jika di raba.  Namun ada juga daun sawo variegata yang memiliki warna belang-belang atau kombinasi antara hijau dan bercak kekuningan.

Kandungan Batang dan Daun Sawo

Menurut beberapa penelitian daun dan batang sawo mengandung beberapa senyawa kimia yang terdiri atas saponin, tanin, flavanoid, terpenoid dan glikosida yang memiliki kemampuan anti bakteri. Kandungan anti bakteri pada daun sawo sering juga dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kulit seperti borok dan bisul.  Olahan daunnya juga bisa mengatasi radang pada tenggorokan.

Kandungan polifenol dan tanin pada daun sawo juga mampu menetralkan asam yang berlebih sebagai salah satu faktor  penyakit pada lambung.

Cara Mengolah Daun Sawo

Selain sebagai buah yang bergizi bagian tanaman pohon sawo sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional.  Seorang pakar kesehatan  Filipina bernama Herminia de Guzman ladion memasukkan tanaman sawo sebagai salah satu tanaman obat yang berfungsi untuk mengobati sakit diare , gusi bengkak dan peradangan mulut. Untuk mendapatkan manfaat daun sawo kita perlu melakukan pengolahan dengan cara merebusnya terlebih dahulu. Berikut langkan-langkah yang perlu dilakukan saat merebus daun sawo :

1.    Siapkan daun sawo sebanyak 5 – 7 lembar

2. Cuci bersih daun sawo di air mengalir sehingga tidak ada kotoran yang melekat.

3.    Cincang atau potong daun menjadi lebih kecil

4.    Siapkan air bersih sekitar 250 cc (2 gelas air bersih)

5.    Rebus daun sawo selama 10-15 menit dengan api kecil. Tunggu ramuan hingga air sebanyak 2 gelas menjadi tinggal 1 gelas.

6. Dinginkan dan ramuan siap diminum. Minum ramuan dalam keadaan hangat.

Air rebusan tadi bisa dimunum sebanyak 1-3 kali sehari. Ramuan ini bisa digunakan untuk penderita asam lambung maupun penderita diare.  Manfaat rebusan daun sawo akan mulai terasa setelah meminumnya secara teratur. Jika terdapat gangguan saat meminum ramuan hentikan untuk sementara atau mengurangi dosis ramuan herbal.

Untuk balita bisa diberikan satu sendok makan

Anak-anak umur 6-10 tahun bisa diberikan ¼ gelas

Dewasa 1 gelas

Khusus radang mulut atau gusi bengkak ramuan bisa digunakan sebagai obat kumur atau cuci mulut.

rebusan daun sawo
gambar rebusan daun sawo

Pantangan Penderita Asam lambung

Meskipun pengobatan tradisional ini bisa mengobati asam lambung namun sebaiknya kita juga menghindari beberapa hal sebagai penyebab/pencetus asam lambung menjadi naik diantaranya:

Makanan berminyak seperti gorengan,dll.

Makanan yang mengandung pemanis dan perwarna  buatan berlebihan seperti yang banyak terdapat pada makanan dan minuman.

Coklat, krim dan keju

Alkohol dan makanan asam

Minuman Bersoda dan juga mengurangi beban pikiran.

Semoga artikel tentang Manfaat Daun Sawo Untuk Asam Lambung dapat bermanfaat. Tanaman sawo tidak sepopuler tanaman lainnya seperti mangga, jeruk, dll.  Namun dibalik buahnya yang manis ternyata daunnya pun memiliki sejumlah khasiat yang tidak bisa dipandang sebelah mata.