Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Buah Tomat Untuk Prostat, Tertarik Mencobanya Sebagai Terapi?

 khasiat buah tomat untuk prostat

Duniahobiku.com - Tahukah anda khasiat buah tomat untuk prostat? Menurut berbagai penelitian ternyata tomat memiliki kandungan alami yang baik untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang berbahaya termasuk penyakit kanker prostat. Tanaman yang masih berkerabat dengan terung dan kentang ini ternyata memiliki potensi sebagai terapi dalam pengobatan kanker prostat. Untuk lebis jelas silahkan simak ulasan lengkapnya pada artikel dibawah ini, selamat membaca!

Penyakit kanker merupakan penyebab kematian kedua terbesar di dunia saat ini. Menurut beberapa studi kanker prostat termasuk salah satu penyebab kematian pria di dunia. Untuk itu, kita perlu mewaspadai dan melakukan pencegahan sejak dini. Kanker prostat banyak menyerang pria yang berusia 50 tahun keatas. Kanker prostat menyerang kelenjar prostat yang berada di antara penis dan kandung kemih. Penyakit ini sering tidak terdeteksi dan bisa tiba-tiba menyerang tanpa menimbulkan gejala. Penyakit kanker prostat cukup mematikan karena sel-sel kanker dapat menyebar ke organ tubuh lainnya. Bahkan jika sel ini menyerang tulang dapat menyebabkan nyeri dan patah tulang. Selain menimbulkan gangguan buang air kecil jika tidak dilakukan penanganan sejak awal maka bisa menyebabkan kematian.

Khasiat Tomat Untuk Prostat

Tomat merupakan buah yang multifungsi dan juga multikhasiat yang terbukti sangat baik untuk kesehatan. Tomat sering kali digunakan masyarakat sebagai pelengkap masakan atau juga di jadikan sebagai minuman segar.

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengkomsumsi tomat secara teratur dapat membantu melindungi pria dari kanker prostat. Kandungan yang terdapat dalam buah tomat dapat membantu menjaga DNA dalam sel Anda dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker. Selain buah tomat ada jenis buah yang juga bisa dijadikan sebagai pelengkap dalam mengobati dan mencegah kenker prostat seperti stroberi, bluberi, blackberry, atau raspberry.

Tomat mengandung kandungan antioksidan yang tinggi yang disebut lycopene. Tubuh Anda mungkin menyerap likopen yang lebih baik dari makanan olahan tomat yang telah dipanaskan terlebih dahulu. Mengolah tomat menjadi saus ikan bakar menjadi cara yang lezat untuk membantu menurunkan risiko penyakit kanker prostat yang mematikan. Warna merah pada tomat berasal dari phytochemical yang disebut lycopene. Tomat telah menarik perhatian para peneliti kanker prostat karena lycopene dan senyawa terkait cenderung berkonsentrasi di jaringan prostat.

Laporan AICR (American Institute for Cancer Research), menemukan bukti substansial yang menyebutkan bahwa makanan yang mengandung lycopene bisa melindungi terhadap kanker prostat.

Menurut beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa mengkonsumsi tomat telah dikaitkan dengan penurunan besar risiko kanker prostat. Selain itu, ada bukti bahwa potensi melawan kanker ini meningkat jika tomat dikonsumsi dalam bentuk olahan yang memungkinkan senyawa alami yang akan lebih mudah diserap, seperti saus tomat, pasta tomat atau jus tomat.

Lycopene merupakan satu satunya antioksidan kuat yang bersama sama mampu melawan sel kanker secara alami. Di laboratorium, komponen tomat telah menghentikan proliferasi beberapa jenis sel kanker lainnya, termasuk payudara, paru-paru, dan endometrium.

Meskipun bukti menunjukkan kemungkinan bahwa makanan yang mengandung lycopene, termasuk tomat, menawarkan perlindungan kanker, AICR menekankan pentingnya mengonsumsi berbagai makanan nabati untuk memastikan perlindungan yang terhadap perkembangan kanker.

Lycopene merupakan senyawa turunan dari karotenoid, merupakan pigmen yang membantu memberikan buah-buahan dan sayuran warna merah. Ini juga salah satu antioksidan radikal melawan bebas. Radikal bebas merusak molekul yang berada di sekitar di tubuh dan mengganggu sel-sel baik.

Antioksidan, seperti lycopene, menghancurkan radikal bebas sehingga mereka tidak dapat masuk ke sel-sel tubuh Anda dan menimbulkan gangguan penyakit pada sistem tubuh.

Studi ilmiah menunjukkan bahwa lycopene membantu mencegah prostat, paru-paru, dan kanker lambung. Ada beberapa bukti bahwa kanker pankreas, usus besar dan rektum, esofagus, rongga mulut, payudara, dan leher rahim dapat dikurangi dengan peningkatan asupan lycopene.

Antioksidan pada buah tomat juga dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular dengan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah serta menurunkan tekanan darah.

Cara Mengolah Tomat Untuk Obat Prostat

Lycopen yang terbaik dikonsumsi setelah tomat diolah terlebih dahulu, dengan begitu tomat akan mengandung rendah lemak. Menurut salah satu penelitian menunjukkan bahwa ketika jus tomat dipanaskan dan dicampur dengan minyak, kadar likopen akan meningkat dibandingkan dengan tidak dicampur bahan apapun. Pemanasan bisa dilakukan selama 5 hingga 10 menit baik dengan cara direbus, dikukus maupun dioven.

Suplemen seperti ekstrak lycopene yang dimurnikan tidak dianjurkan karena fitokimia lainnya dari tomat mungkin diperlukan untuk memberikan perlindungan optimal dari kanker. Salah satu cara terbaik dan mudah yang bisa dilakukan adalah mengkomsumsi buah-buahan dan sayuran secara teratur. Memakan buah tomat 3 kali sehari atau 10 biji dalam seminggu, menurut penelitian University of Bristol ternyata bisa menurunkan resiko kanker prostat hingga 18 persen.

tomat yang telah diolah
gambar tomat yang telah diolah

Semoga artikel tentang Khasiat Buah Tomat Untuk Prostat bisa membantu anda meningkatkan kesehatan anda. Mengkomsumsi buah tomat secara teratur mulai sekarang terutama bagi pria sangat penting sebagai pencegahan dini terhadap penyakit kanker prostat.