Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Merawat Anak Anjing Tanpa Induk Agar Tumbuh Sehat

 cara merawat anak anjing tanpa induk

Duniahobiku.com - Cara merawat anak anjing tanpa induk tidak mudah karena butuh kesabaran dan ketalatenan. Pada usia dibawah dua bulan anak anjing sangat membutuhkan air susu induk (ASI) agar bisa tumbuh secara optimal, beberapa diantaranya bahkan belum bisa membuka matanya dengan sempurna. Hal ini terkadang membuat keraguan anda saat akan mengadopsinya. Artikel kali ini mudah mudahan bisa membantu anda saat akan mengadopsi anak anjing baik itu pemberian teman, menemukan dijalan, ataupun karena ditinggal mati oleh induknya karena sakit atau kecelakaan.

Cara Merawat Anak Anjing Tanpa Induk

Anak anjing yang masih sangat kecil terkadang belum belum bisa minum apalagi makan sendiri. Oleh sebab itu perlu campur tangan sang pemilik untuk menjaga dan merawat agar anjing bisa tumbuh sehat.  Namun tidak semua orang mengerti cara memperlakukan anak anjing dan cara merawat anak anjing umur 1 bulan, diperlukan pengetahuan dan pengalaman agar bisa menangani anak anjing agar bisa tetap survive. Berikut beberapa cara yang bisa anda terapkan saat merawat anak anjing tanpa induk :

1.      Siapkan Kandang Nyaman Buat Anak Anjing

Kandang buat anak anjing bisa disiapkan dari berbagai bahan. Anda bisa menggunakan kardus beralas kain atau kertas koran. Bisa juga menggunakan box plastik sebagai pengganti kardus. Penggunaan kardus sedikit lebih boros karena harus sering mengantinya setiap 2-3 hari sekali. Kardus mudah rusak dan lembap karena pipis anak anjing. Penggunaan container plastic lebih awet dan anda bisa mencucinya setiap hari agar anak anjing merasa nyaman. Hal penting dalam penyiapan kandang adalah rasa hangat dan nyaman yang diperlukan anak anjing. Sebagai penghangat anda bisa menaruh lampu penghangat diatas kandang selama 1-2 bulan hingga anak anjing jauh lebih kuat dan mandiri. Tapi jangan meletakkannya terlalu dekat dengan anak anjing. Perlakuan ini diperlukan sebagai pengganti bulu induk yang memberikan kehangatan. Anak anjing yang merasa kedinginan akan berusah bersembunyi dan masuk kedalam sela-sela kain atau kertas karton yang disediakan untuk agar tubuhnya lebih hangat.

kandang anak anjing
gambar kandang anak anjing

2.      Makanan Pengganti Air Susu Induk

Susu untuk anak anjing berbeda dengan anjing dewasa.  Bayi atau anak anjing bisa diberikan susu dancow yang dimasukkan kedalam botol susu untuk bayi. Namun agar lebih aman bayi anjing bisa diberikan susu khusus puppy. Susu ini bisa diperoleh di petshop atau pasar hobi dikota anda. Anda juga bisa memberikan susu bayi bebas laktosa. Susu ini tidak mengandung laktosa yang terkadang membuat anjing kecil bisa mencret. Jika anak anjing kesulitan menggunakan dot bayi anda bisa menggunakan spet (alat suntikan) tanpa jarum untuk memasukkan susu kedalam mulut.

anak anjing sedang minum susu
gambar anak anjing sedang minum susu

3.      Jam Makan Untuk Anak Anjing

Bayi anjing yang lapar akan terlihat gelisah dan bergerak-gerak seperti mencari sesuatu. Jika sudah kelaparan maka anak anjing akan bersuara dan berteriak. Anak anjing perlu diberi makan setiap 2-3 jam sekali dan perlu diawasi dan perlu diberi susu setiap merasa lapar. Setelah minum susu anjing terkadang pipis dan buang air. Setelah merasa kenyang puppy akan tertidur pulas.

anak anjing tertidur saat kenyang
anak anjing tertidur saat kenyang

4.      Bersihkan Kandang dan Bulu Secara Teratur

Setiap kali anak anjing pipis atau buang air, kandang harus segera dibersihkan agar kandang tetap steril. Caranya angkat anak anjing dan pindahkan sementara waktu ke tempat lain. Ganti alasnya dengan yang baru dan bersih agar kandang tidak kotor dan bau. Kandang yang bersih akan membuat anak anjing tidak mudah terkena penyakit. Bersihkan juga bulu dan bagian sekitar wajah seperti mulut dan mata dari sisa susu atau kotoran yang melekat. Jangan memandikan anak anjing sebelum berumur 5 atau 6 bulan. Anda bisa melapnya dengan tissue basah tanpa pewangi atau kain yang dicelup ke dalam air hangat, jangan kulit terlalu basah agar anak anjing tidak kedinginan. Keringkan segera saat telah selesai membersihkan tubuh anak anjing.

kebersihan kandang anak anjing
menjaga kebersihan kandang anak anjing

5.      Berikan Perhatian dan Kasih Sayang

Anak anjing tanpa induk masih memerlukan perhatian dan kasih sayang dari induknya, sebagai pengganti induk kita harus berperan sebagai pengasuh dan “orang tua” bagi anak anjing. Seringlah membelai dan berinteraksi dengan anak anjing agar terjalin ikatan batin yang kuat sehingga anak anjing akan merasa nyaman dan menganggap kita seperti induknya sendiri.

perhatian dan kasih sayang penting buat anjing
perhatian dan kasih sayang penting buat anjing

6.      Mengajari Anak Anjing Makan

Setelah berumur kurang lebih dua bulan anak anjing sudah belajar makan sendiri matanya pun sudah melek dan belajar berjalan. Saat itu puppy bisa diberikan bubur bayi yang dimasukkan ke dalam botol atau wadah khusus. Kita bisa mulai mengajar anak anjing agar lebih mandiri. Anda juga bisa memberikan dog food khusus puppy yang dilembekkan dengan air hangat dan dicampur dengan susu. Setelah agak besar anak anjing bisa diajari untuk makan dog food kering.

anak anjing belajar makan dog food
gambar anak anjing belajar makan dog food

7.      Memberikan Vaksinasi

Saat anjing sudah berumur 6-16 minggu, anak anjing sebaiknya dibawa ke dokter hewan untuk mengecek kesahatan secara menyeluruh dan mengatur jadwal vaksinasi. distemper, parvovirus, hepatitis dan rabies merupakan jenis vaksin yang wajib diberikan kepada anjing kesayangan anda. Selain vaksin diatas ada beberapa vaksin tambahan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh anjing agar selalu sehat dan prima.

vaksinasi anak anjing
gambar vaksinasi anak anjing

Semoga artikel mengenai 7 Cara Merawat Anak Anjing Tanpa Induk Agar Tumbuh Sehat dapat bermanfaat. Tentunya setelah membaca artikel diatas anda bisa menghilangkan keraguan untuk mengadopsi anak anjing menjadi bagian dari “keluarga kecil” anda dirumah.