Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mengolah Buah Merah Menjadi Minyak Yang Dilakukan Masyarakat Papua

cara mengolah buah merah menjadi minyak

Duniahobiku.com - Bagaimana cara mengolah buah merah menjadi minyak? Sejak ramai diperbincangkan sebagai terapi alternatif berbagai penyakit buah merah banyak dicari oleh masyarakat. Tidak sedikit yang penasaran dan belajar bagaimana cara mengolahnya menjadi minyak mengingat permintaan pasar yang semakin meningkat. Artikel kali ini akan membahas tentang pengolahan buah merah dan melihat ciri-ciri buah merah yang bisa diolah menjadi minyak.

Manfaat Buah Merah Papua

Buah merah merupakan buah tradisional yang banyak ditemukan dipulau Papua khususnya Wamena. Masayarakat disana menyebutnya dengan kuansu. Buah yang memiliki nama latin Pandanus Conoideus masih termasuk dalam keluarga pandan. Secara tradisional masyarakat disana menggunakannya untuk mengobati penyakit cacingan, kulit, mata, dan menjaga stamina agar tetap prima. Penelitian yang dilakukan oleh berbagai lembaga menunjukkan bahwa buah merah ternyata memiliki manfaat untuk mengobati berbagai penyakit seperti kanker, asam urat, stroke, tumor, bahkan AIDS.  Hal inilah yang membuatnya banyak dicari oleh para pasien yang menderita salah satu penyakit diatas. Peluang bisnis ini ditangkap oleh berbagai perusahaan dan masyarakat untuk mengolahnya menjadi minyak agar bisa lebih mudah digunakan.

Banyak peluang bisnis yang dihasilkan dari hasil budidaya buah ajaib ini. Beberapa produk olahan hasil budidaya buah merah antara lain: sabun buah merah Papua, minyak buah merah papua (red oil Papua), kapsul buah merah Papua dan masih banyak lagi. Sedangkan teknik pengolahan yang digunakan bisa bermacan macam, salah satu yang paling terkini adalah menggunakan teknologi fermentasi mikroba untuk menghasilkan kualitas produk olahan makanan atau minuman fermentasi tradisional buah merah papua yang sesuai standar badan badan kesehatan dunia. Namun pada bahasan ini, akan dijelaskan cara sederhana membuat minyak buah merah dari Papua.

Sebelum membuat minyak buah merah asli Papua, perhatikan dahulu karakteristik buah merah dari Papua yang akan digunakan sebagai bahan baku, antara lain:

Jenis buah merah kultivar merah panjang dengan warna merah bata saat matang adalah jenis buah merah Papua dengan kualitas unggul (grade 1) dan layak untuk diolah menjadi minuman tradisional untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh atau produk olahan lainnya.

Perhatikan usia buah matang, dan kondisi kulit luar buah. Bila sudah mulai keluar bintik bintik putih menyebar rata, itu berarti buah sudah mulai mengalami proses pembusukan. Ciri seperti ini sudah tidak baik untuk menghasilkan kualitas produk olahan buah merah dari Papua.

Cara Membuat Minyak Buah Merah Papua

Berikut adalah cara sederhana membuat minyak buah merah Papua (red oil Papua), dari jenis Pandanus Conoideus Lam, salah satu buah untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

  1. Pilihlah buah merah yang sudah tua dan besar.
  2. Buah merah Papua tersebut di belah arah memanjang, lalu dikeluarkan empelurnya.
  3. Potong potong buah dengan ukuran yang lebih kecil, lalu di cuci dengan air sampai bersih.
  4. Daging buah dikukus dengan api sedang sekitar 1-1,5 jam.
  5. Bila sudah matang. daging buah sudah lunak angkat kukusan dan dinginkan dahulu.
  6. Setelah dingin diperas sampai jadi seperti pasta. Saring pasta untuk memisahkan biji buah merah dari Papua.
  7. Pasta yang sudah dipisahkan tadi dimasak kembali dalam wajan sekitar 4 - 5 jam. Ketika sudah mulai mendidih, pasta tetap dibiarkan diatas api sekitar 10 menit atau hingga muncul minyak berwarna merah kehitaman di atas permukaan pasta.
  8. Setelah itu angkat dan diamkan selama 1 hari. Minyak yang sudah terlihat diambil perlahan lahan bersama dengan sendok makan, Pindahkan minyak ke wadah transparan seperti gelas atau mangkuk, Agar telihat batas air dan minyak. Diamkan kembali hingga sekitar 2 jam sampai minyak dan air memang terpisah.
  9. Setelah itu pisahkan minyak ke wadah yang lain dengan menggunakan sendok makan.
  10. Setelah dipisahkan, diamkan lagi sekitar 2 jam. Bila sudah terlihat tidak ada batas air dan minyak atau air telah habis, berarti proses pengolahan minyak buah merah Papua telah selesai. Dari satu buah merah akan diperoleh minyak atau sari buah merah asli Papua sekitar 150 - 200 ml.

Bila ingin meningkatkan kualitas hasil pengolahan, maka pada tahapan pencucian ditambahkan tahap perendaman dengan larutan probiotik terbaik Talami (pilih yang Talami Base), tujuannya untuk membersihkan kemungkinan terikut atau tercampurnya bahan baku tersebut dengan bakteri bakteri yang merugikan (bakteri patogen) dan senyawa merugikan lainnya. Termasuk menghilangkan atau mencegah munculnya kandungan dan reaksi zat zat kimia yang berpotensi sebagai efek samping negatif bila ditemukan. Talami base juga bisa digunakan untuk membuat produk olahan minuman fermentasi tradisional sari buah asli Papua. Dengan tercapainya standar fermentasi, maka produk yang masuk ke dalam tubuh akan makin kompatibel bagi tubuh, kandungan zat atau nutrisi makin mudah diterima tanpa efek samping negatif dan makin mudah dimanfaatkan secara optimal oleh sel sel tubuh.

cara memotong buah merah menjadi kecil
gambar cara memotong buah merah menjadi kecil

Cara Komsumsi Minyak Buah Merah Papua

Sebaiknya sebelum mengkomsumsi buah merah anda memeriksakan diri terlebih dahulu kesehatan anda ke dokter. Jika anda menderita suatu penyakit maka takaran yang dianjurkan adalah 1 sendok teh. Minyak ini dapat dikomsumsi sebanyak 2-3 kali sehari. Untuk menjaga kesehatan anda bisa mengkomsumsinya sebanyak 1 sendok teh , 1 kali sehari atau 3 kali seminggu.

minyak buah merah papua
gambar minyak buah merah papua

Semoga artikel tentang Cara Mengolah Buah Merah Menjadi Minyak dapat bermanfaat. Meskipun manfaat buah merah Papua bisa meningkatkan stamina anda namun sebaiknya jangan mengkomsumsinya secara berlebihan untuk menghindari efek samping buah merah Papua.