Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengobati Patah Tulang Pada Anjing Agar Cepat Sembuh

cara mengobati patah tulang pada anjing

Duniahobiku.com – Patah tulang atau fraktur pada anjing bisa menyebabkan kaki anjing pincang dan jika tidak ditangani dengan segera bisa menyebabkan kelumpuhan.  Lalu bagaimana cara mengobati patah tulang pada anjing? Artikel kali ini akan membahas tentang penyebab anjing mengalami patah tulang dan cara mengobatinya, selamat membaca!

Penyebab Anjing Mengalami Patah Tulang

Patah tulang pada anjing bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Fraktur ini  bisa terjadi pada tulang kaki, tulang punggung, iga dan bagian lain dari tubuh anjing.  Berikut beberapa penyebab anjing mengalami fraktur:

1.           Kecelakaan

Kecelakaan ini bisa disebabkan anjing tertabrak mobil, motor atau kendaraan jenis lain sehingga ada bagian tulang anjing yang patah. Semakin keras benturan terhadap anjing maka resiko tulang yang patah semakin besar. Selain itu fraktur terjadi saat anjing sedang melompat dari suatu tempat yang tinggi dan jatuh pada posisi yang salah.

1.             2.    Usia Anjing Sudah Tua        

Umumnya anjing bisa hidup selama 10-15 tahun tergantung dari ras anjing itu sendiri. Bahkan beberapa jenis anjing bisa hidup lebih dari 15 tahun. Namun saat usia anjing sudah tua maka tubuhnya akan semakin lemah dan terjadi pengeropsan tulang. Hal ini membuat tulang anjing rentan mengalami fraktur atau patah tulang. Selain osteoporis bisa juga disebabkan oleh neoplasia (tumor) dan osteomalasia (kelainan tulang akibat kekurangan vitamin dan mineral).

3.           Anjing Terlalu gemuk

Anjing yang memiliki bobot yang terlalu gemuk dan tidak diimbangi asupan kalsium yang baik juga rentan mengalami patah tulang. Apalagi jika anjing memiliki tubuh yang tidak proporsional. Hal ini bisa menimpa anjing muda yang memiliki struktur tulang yang belum kuat.

P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan) anjing

Apa yang harus dilakukan saat anjing mengalami kecelakaan/tertabrak kendaraan? Umumnya kita akan akan merasa kaget dan bingung harus melakukan apa. Saat terjadi secara tiba-tiba kita harus tenang terlebih dahulu dan segera pindahkan anjing ketempat teduh dan aman. Anjing bisa diangkat dengan bantuan kain atau baju. Bila bagian kaki yang tertabrak maka bisa diberikan koran, majalah atau kayu sebagai penopang, kayu untuk membatasi gerakan anjing. Cedera atau patah tulang bagian iga bisa ditangani dengan membungkus bagian dada.  Langkah-langkah diatas mesti dilakukan secara hati-hati. Anjing yang mengamai kesakitan bisa saja menggigit majikannya sebagai respon alami.

Jika kita melihat anjing mengalami luka terbuka maka luka harus segera dicuci dan dibasahi dengan larutan alkohol dan tutup dengan kain kasa atau baju. Setelah itu luka dibalut dengan plester. Jika keadaanya cukup parah sebaiknya segera membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

pertolongan pertama anjing kecelakaan
gambar pertolongan pertama anjing kecelakaan

Pengobatan Patah Tulang Anjing

Patah tulang bisa menyebabkan luksasi atau pergeseran sendi/keseleo dalam skala yang lebih ringan. Kita dapat melihat ciri-ciri kaki anjing keseleo dengan mengamati cara berjalan anjing yang terlihat pincang atau mengamati bentuk-bentuk kaki yang abnormal, hilangnya fungsi gerak, rasa sakit  jika diraba/ditekan pada bagian tertentu. Namun untuk mendapatkan hasil akurat pemeriksaan radiographi (rontgen) di dokter hewan kita bisa mendapatkan data yang lebih akurat dan pasti.

Setelah mengetahui diagnosa yang tepat maka penanganan bisa dilakukan dengan prosedur yang benar. Penanganan patah tulang anjing  meliputi bagian tubuh yang mengalami patah tulang dan luka akibat benturan/gesekan. Dokter umumnya akan melakukan pembedahan operasi jika fraktur yang dialami cukup parah dengan beberapa langkah sebagai berikut:

Reposisi : Tindakan medis yang dilakukan untuk mengembalikan posisi/letak tulang seperti sediakala.

Fiksasi : Menjaga posisi tulang agar stabil dan tidak bergeser dengan pemasangan alat-alat bedah seperti pen (kawat bedah) skrup, plat dan gips. Pemasangan pen dilakukan bila tulang mengalami patah total atau retak parah sehingga memerlukan pen sebagai penahan tulang. Jika kondisi retak masih belum begitu parah maka anjing diberi plat dari luar. Anjing bisa sembuih secara alami tanpa operasi pada kasus ringan.

Rehabilitasi : Langkah ini merupakan proses akhir sebagai tahap pemulihan tubuh setelah menjalani operasi.

rontgen anjing patah tulang
gambar rontgen anjing patah tulang

Sebelum melakukan pembedahan ada prosedur standar yang biasa diterapkan pada anjing antara lain : anjing mesti dipuasakan 6-12 jam sebelum operasi dan minum 2-6 jam sebelum operasi.

Pembersihan dan pencukuran bulu anjing dilakukan untuk memudahkan proses operasi, pengosongan urine dan tinja dan pembiusan.

Biaya Operasi Anjing Patah Tulang

Anjing yang mengalami proses operasi tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Besar kecilnya biaya operasi tergantung tingkat fraktur yang dialami anjing. Semakin parah dan rumit proses operasi maka biaya operasi akan semakin mahal. Biaya operasi bisa berkisar antara 1 hingga 10 juta rupiah.

Proses Penyembuhan Anjing

Anjing yang telah mengami operasi perlu waktu memulihkan diri. Sebaiknya selama masa penyembuhan aktivitas anjing dibatasi selama 6-10 minggu agar tulang bisa sembuh dengan baik. Berikan makanan yang kaya akan kalsium, vitamin dan mineral yang sangat diperlukan untuk proses penyembuhan dan pertumbuhan tulang.

Semoga artikel tentang Cara Mengobati Patah Tulang Pada Anjing dapat bermanfaat. Tindakan dan pencegahan harus dilakukan sang pemilik untuk mengantisipasi kecelakaan yang bisa terulang kembali pada anjing kesayangan anda.