Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mencari Spot Mancing Di Sungai Yang Tepat

 

spot mancing disungai

Duniahobiku.com – Ada banyak spot atau lokasi yang bisa anda jadikan target saat ingin memancing. Secara garis besar ada 2 lokasi mancing yang sering dipilih para pemancing yaitu mancing dilaut atau di air tawar seperti sungai, danau, waduk, rawa, dll. Kali ini kita akan berbagi beberapa tips/cara mencari spot mancing disungai agar peluang memperoleh ikan semakin besar. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pada artikel dibawah ini.

Cara mencari Spot Mancing Di Sungai

Sungai merupakan system perairan yang terbentuk dari lembah disekitar pegunungan atau mata air yang membentuk aliran air dan kemudian membentuk sungai yang semakin besar kearah muara. Sungai menjadi salah spot yang banyak dipilih pemancing karena dianggap lebih praktis dan hemat biaya dibandingkan mancing dilaut yang membutuhkan kapal. Namun dalam dalam memilih spot mancing kita tidak bisa sembarang, ada beberapa hal yang bisa indicator agar peluang memperoleh ikan semakin besar, berikut spot yang bisa anda jadikan tempat membuang kail:

1.       Banyak Tanaman Air

Eceng gondok, rumput air, apu-apu dan kangkung liar merupakan tanaman air yang sering ditemukan tumbuh disekitar aliran sungai. Jumlahnya pun kadang menutupi sebagian besar aliran sungai. Jika anda menemukan  lokasi ini maka buanglah kail  diruang kosong yang berada disekitar kumpulan tanaman air tersebut. Dibawah tanaman air tersebut kita memiliki peluang mendapatkan ikan nila babon atau gurami dengan ukuran mulai kecil hingga besar.

spot mancing disekitar tanaman air
gambar spot mancing disekitar tanaman air

2.    Di Tempat Paling Dalam dengan Arus Pelan

Ikan-ikan besar sering ditemukan berada di tempat yang paling dalam di suatu lokasi. Tempat yang dalam dianggap lebih aman darii predator dan sulit terlihat dari atas, kondisi arusnya pun relative lebih stabil sehingga dijadikan tempat ikan-ikan besar bersembunyi.

spot mancing di area yang dalam
gambar spot mancing di area yang dalam

3.    Belokan Air Sungai

Arus air sering menjadi tempat ikan bermain karena mengandung lebih banyak oksigen dan sumber makanan. Arus di titik ini cenderung melambat sehingga ikan tak membutuhkan tenaga yang banyak untuk melawan arus Dengan demikian ketika mancing di sungai, cobalah di belokan sungai khususnya di arus yang relatif pelan dibandingkan dengan arus di titik lain. Ikan predator umumnya akan menyambar dan berburu ikan kecil ditempat dimana sumber makanan ikan berlimpah.

spot mancing di belokan air sungai
gambar spot mancing di belokan air sungai

4.    Dibawah Pepohonan

Pohon yang tumbuh di tepi sungai membuat lokasi itu menjadi teduh dan dijadikan tempat ikan berkumpul di lokasi yang tidak langsung terkena terik matahari. Kondisinya yang rimbun juga memungkinkan ikan Bisa bersembunyi sewaktu-waktu apabila ada bahaya yang mengancam. Manfaat lainnya, dengan memancing ikan di bawah pohon membuat kalian tak merasakan kepanasan dan betah berlama-lama memancing.

spot mancing di bawah pohon
Gambar spot mancing di bawah pohon

5.    Dekat Pusaran Air

Air sungai yang mengalir dari tempat dangkal ke tempat yang mengakibatkan aliran sungai berputar membentuk pusaran. Akibat pusaran ini di dasar sungai terbentuk lokasi lubang yang dalam atau palung. Air sungai yang membawa berbagai material termasuk makanan ikan juga ikut berputar dan masuk lubang .Ketika makanan yang terhanyut itu berputar, biasanya ikan-ikan sudah menanti untuk menyantapnya. Saat membuang kail maka sebaiknya lempar umpan diluar pusaran air. Umpan kita yang tetap melayang-layang akan membuat ikan menganggapnya sebagai makanan dan akan segera menyambarnya.

spot mancing dekat pusaran air
Gambar spot mancing dekat pusaran air

6.    Di Sekitar Tiang Jembatan Sungai

Pembuatan jembatan di hilir sungai di mana diikuti penancapan tiang beton di tengah sungai sepertinya dimanfaatkan ikan sebagai tempat persembunyian untuk mencari makanan yang terhanyut. Air di sungai di hilir atau muara merupakan tempat pertemuan antara air tawar dengan air laut. Disini kita sebut dengan air payau. Pada saat musim ikan bertelur maka ikan yang bisa hidup di air payau akan masuk kesungai untuk bertelur. Beberapa jenis ikan seperti ikan barramundi (kakap putih), bandeng, belanak, akan masuk kesungai pada musim tertentu dan  mencari lokasi untuk berkembang biak. Bangunan beton tiang jembatan merupakan salah satu lokasi favorit ikan bersembunyi dan bertelur.

spot mancing di tiang jembatan sungai
gambar spot mancing di tiang jembatan sungai

7.    Di Balik Batu Besar

Tidak setiap sungai terdapat bebatuan besar yang menghadang arus sungai, apalagi bila bebatuan itu sampai menonjol ke permukaan sungai yang menyebabkan arus sungai terhambat. Di balik bebatuan itu biasanya terdapat ikan-ikan kecil dan udang serta makanan ikan lainnya. Tidak jarang ikan besar atau predator juga mengincar umpan dan ikan kecil. Mancing di balik bebatuan memperbesar peluang umpan kita disambar ikan predator seperti ikan lele yang sangat besar.

spot mancing dibalik batu besar
Gambar spot mancing dibalik batu besar

8.    Bangunan Di Tepi Sungai

Bangunan-bangunan yang didirikan di pinggiran sungai merupakan tempat berkumpul dan bersembunyi ikan-ikan sambil mencari sisa-sisa makanan. Mereka bisanya tinggal di balik dasar bangunan tersebut, arus sungai tak terlalu kencang di karenakan sudah ditahan oleh struktur bangunan. Sisa makanan yang sering keluar dari lubang pipa bangunan membuat ikan sering berkumpul disekitar area teresebut.  Cobalah menempatkan kail di sekitar bangunan, cepat atau lambat pasti bakal ada ikan yang menyambarnya.

spot mancing dibangunan tepi sungai
Gambar spot mancing dibangunan tepi sungai

Semoga 8 Cara Mencari Spot Mancing Di Sungai Yang Tepat dapat bermanfaat dan membuat anda mendapatkan hasil pancingan yang memuaskan. Selamat Mencoba!