Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Batu Akik Mata Kucing Yang Dicari Para Kolektor

 batu akik mata kucing

Duniahobiku.com - Batu akik mata kucing banyak dicari para kolektor karena keunikannnya. Batu ini mudah dikenali karena memiliki ciri khas. Ciri utama batu mata kucing adalah pantulan cahaya berupa garis lurus melintang permukaannya. Garis memanjang berada tepat ditengah-tengah batu. Apabila batu tersebut digoyang kekiri atau kekanan maka maka garis tersebut mengikuti. Garis tersebut mirip mata kucing yang bercahaya di kegelapan. Kemiripan tersebut membuat batu ini dinamakan mata kucing atau cat eyes stone. Konon kabarnya mantan presiden kita Bapak Susilo Bambang Yudhoyono juga memakai batu mata kucing pada jari manis tangan kirinya.

Batu akik mata kucing bisa ditemukan dibeberapa negara seperti Srilangka, Brazil dan India. Di beberapa daerah di Indonesia batu ini juga bisa ditemukan seperti di Kalimantan. Batu mata kucing termasuk golongan chrysoberyl  yang memiliki tingkat kekerasan 8,5 sklala Mohs. Namun ada juga beberapa batu akik mata kucing yang memiliki tingkat kekerasan dibawah 8 skala Mohs.

Jenis Batu Mata Kucing

Berikut beberapa jenis batu mata kucing yang bisa kita temukan di indonesia, antara lain :

1.      Biduri Bulan Mata Kucing

Batu ini berasal dari mineral plagioclase dengan ciri berwarna putih kebiru-biruan. Batu biduri bulan mata kucing memiliki tingkat kekerasan antara 6 hingga 6,5 skala Mohs. Batu jenis ini banyak diperoleh dinegara seperti Rusia, Amerika Utara dan India. Batu biduri bulan sering ditemukan di pertambangan perak.

2.      Anggur Bulan Mata Kucing

Batu jenis ini memiliki beberapa warna seperti putih, abu-abu, kuning maupun coklat. Warna batu akik mata kucing juga tergantung dari bahan mineral penyusun batu tersebut.

Batu mata kucing Berlyl atau Cat’s eye Beryl terdiri dari bahan mineral Beryl. Batu ini sering ditemukan berwarna abu-abu, hijau, kuning atau bahkan tidak berwarna. Batu jenis ini memiliki harga yang lebih mahal karena lebih keras dan hampir setara dengan zamrud yang memiliki tingkat 7,5 -  8 skala Mohs. Batu jenis ini jarang dijumpai.

Cat’s eye Chrysoberyl, batu jenis ini berwarna kuning dan memiliki tingkat kekerasan mendekati Corundum yang mencapai 9 skala Mohs.

Cat’s eye Corundum, jenis batu ini termasuk langka dan paling keras. Batu jenis ini berwarna kuning transparan dan perak. Terkadang warnanya merupakan campuran dari kedua warna tersebut, setengahnya tembus cahaya dan setengah lainnya berwarna perak terang. Batu jenis Corundum memiliki harga cukup mahal.

Batu Mata Kucing Asli dan Palsu

Batu akik mata kucing paling banyak dibuat tiruannya (sintetis). Bahkan terkadang batu hasil proses pabrikan ini terlihat lebih indah dan lebih halus. Harga batu mata kucing sintetis sangat murah dipasaran bahkan hanya dijual seharga 3000-5000 ribu rupiah/buah. Itulah sebabnya kita perlu pandai-pandai memilih mana batu mata kucing asli dan palsu agar tidak tertipu saat membeli batu cat’s eye. Sebaik apapun batu akik hasil proses pabrik tentunya tidak dapat menyamai batu mata kucing asli. Batu mata kucing asli terbentuk melalui proses alam yang panjang dan memakan waktu yang sangat lama, bisa ribuan tahun bahkan jutaan tahun bersamaan dengan proses evolusi bumi.

batu akik sintetis
gambar batu akik Mata Kucing sintetis

Khasiat Batu Mata Kucing

Garis melintang pada kucing menyimpan makna yang dipercaya oleh pemiliknya. Dimana dalam kehidupan situasi apapun yang menggoyang hidup seseorang maka pemiliknya akan tetap tegar, lurus jujur dan berserah kepada Sang Pencipta. Batu mata kucing juga dipercaya bisa meningkatkan konsentrasi dan daya pikir seseorang serta meningkatkan kesejahteraan bagi sang pemilik batu ini. Selain manfaat psikologi batu akik mata kucing dipercaya memiliki kemampuan gaib sebagai anti santet dan pagar gaib. Apakah ini hanya sebagai placebo atau memang berkhasiat semua kembali kepada kepercayaan masing-masing individu.

Harga Batu Akik Mata Kucing

Harga batu mata kucing bervariasi tergantung motif dan tingkat kelangkaan barang tersebut. Dalam dunia hobi tidak ada harga standar yang berlaku. Selama keduanya sepakat maka harga terkadang menjadi nomor dua. Harga batu akik mata kucing bisa kita temukan di market place seperti tokopedia, shopee, dan lain-lain. Harga batu akik mata kucing ini dibanderol mulai ratusan hingga jutaan rupiah.

Batu akik mata kucing memang memiliki keunikan yang membuatnya banyak dicari orang,  namun sebaiknya jangan menilai terlalu berlebihan apalagi sampai memuja-muja batu tersebut.