Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Ikan Black Ghost Bisa Dicampur Dengan Ikan Lain?

 Apakah Ikan Black Ghost Bisa Dicampur Dengan Ikan Lain

Duniahobiku.com - Apakah ikan black ghost bisa dicampur dengan ikan lain? Jika anda sedang mencari jawaban atas pertanyaan ini, kemungkinan besar saat ini anda sedang memelihara ikan black ghost dan ingin mencari “teman: buat ikan black ghost agar akuarium terlihat lebih ramai. Memang tidak semua ikan bisa disatukan dengan ikan hantu yang tidak menakutkan ini. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda membeli “teman” buat ikan asal sungai Amazon ini agar nantinya ikan-ikan tersebut bisa hidup harmonis.

Ikan black ghost cenderung pemalu dan suka bersembunyi di media yang ditempatkan dalam akuarium seperti pipa pralon, akar pakis, bebatuan, dan di sela tanaman. Di habitat aslinya ikan ini cenderung lebih banyak menghabiskan waktunya di dasar sungai. Namun ikan black ghost berukuran kecil akan berenang ke atas dan ke bawah perairan dengan lincah. Sifat black ghost tidak agresif, tenang dan cukup bersahabat. Sifat black ghost berbeda dengan ikan Arwana, Oscar, dan Louhan yang agresif dan suka memangsa ikan lain yang lebih kecil sehingga jenis ikan ini sebaiknya ditempatkan dalam akuarium soliter. Sifat black ghost yang tidak galak membuatnya bisa digabung dengan ikan lain dalam satu akuarium selama memiliki lingkungan hidup yang tidak jauh berbeda dengan ikan black ghost.

Ikan Apa Saja Yang Bisa Dicampur Dengan Black Ghost

Dalam memilih jenis ikan hias yang dapat dipelihara bersama black ghost relatif tidak sulit dilakukan. Idealnya jenis ikan hias yang akan digabung bersama black ghost memiliki syarat lingkungan hidup yang sama dengan black ghost, mulai dari pH, suhu air, dan makanan ikan black ghost yang tidak berbeda jauh. pH yang cocok dengan ikan black ghost berada di kisaran 6-7 namun keasaman air yang paling cocok untuk ikan black ghost berada diangka 6,6. Namun karena rata-rata syarat lingkungan hidup ikan hias air tawar yang ada di Indonesia hampir mirip maka pemilihan jenis ikan hias yang dapat dipelihara bersama black ghost bukan menjadi suatu masalah. Beberapa jenis ikan hias yang dapat dipelihara bersama dengan black ghost antara lain ikan platy, mas koki, manvis, guppy dan tetra. Khusus mas koki perlu dipertimbangkan mengingat ikan mas koki sering memakan tanaman air yang biasanya digunakan black ghost sebagai tempat persembunyian.

Ada beberapa pendapat dikalangan penghobi ikan hias yang menyarankan dalam memadukan black ghost dengan ikan lain sebaiknya memilih ikan yang mempunyai poisis berenang yang berbeda. Sebagai contoh ikan black ghost cenderung suka berenang di dasar akuarium dan sesekali naik ke permukaan untuk mengambil oksigen bisa dipadukan dengan ikan manvis atau ikan tetra yang suka berenang di bagian tengah akuarium dan ikan guppy yang lebih senang bermain di permukaan akuarium.

Semoga artikel diatas bisa bermanfaat dan pertanyaan anda mengenai apakah ikan black ghost bisa dicampur dengan ikan lain? bisa terjawab. Ikan black ghost cenderung bersembunyi sehingga sangat cocok dipadukan dengan jenis ikan hias lain agar akuarium tidak terlihat seperti kosong jika hanya memelihara black ghost semata.