Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Manfaat Kacang Arab Untuk Kesehatan Tubuh Jangan Sampai Terlewatkan!

 

manfaat kacang arab untuk kesehatan

Duniahobiku.com - Kacang sudah lama diketahui sebagai salah satu makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain kacang tanah, kacang almond, dan kacang kenari, ada satu lagi jenis kacang menyehatkan yang biasanya dibawa oleh jamaah Haji dan Umrah, yaitu, kacang Arab. Kacang dengan nama latin Cicer arietinum ternyata memiliki khasiat bagi tubuh. Artikel kali ini akan mengupas manfaat kacang Arab untuk kesehatan tubuh, selamat membaca!

Manfaat Kacang Arab Untuk Kesehatan

Kacang Arab bisa dikomsumsi mulai dari anak-anak hingga dewasa, namun sebaiknya kacang ini tidak dikomsumsi secara langsung. Kacang ini harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu seperti dioven, digoreng, sangrai atau dikukus. Rasa kacang Arab mungkin agak aneh jika dimakan oleh sebagian besar orang Indonesia namun cukup gurih dan renyah. Namun jangan salah, karena kacang Arab mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh anda. Ingin tahu manfaat dari kacang Arab? Berikut adalah berbagai manfaat kacang Arab yang belum kita ketahui:

1.      Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat yang tinggi disertai dengan kalium, vitamin B-6 dan vitamin C yang terkandung dalam kacang Arab sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung anda. Jumlah serat yang tinggi akan membantu mengurangi jumlah total kolesterol dalam darah anda sehingga hal ini akan menurunkan resiko penyakit jantung.

2.      Membantu Mencegah Kanker

Kacang Arab memiliki kandungan phytochemical yang disebut saponin, kandungan dalam kacang Arab yang ini memiliki sifat antioksidan. Sehingga bisa mencegah sel kanker berkembang biak dan menyebar ke seluruh tubuh. Kandungan folat dalam kacang Arab juga dipercaya memainkan peran penting dalam sintesis DNA dan perbaikan sel-sel rusak. Hal ini akan menghambat pembentukan sel kanker yang disebabkan oleh mutasi DNA dalam tubuh.

Selain itu, kandungan selenium yang ada dalam kacang Arab juga bisa meningkatkan fungsi enzim hati, membantu menghilangkan beberapa senyawa penyebab kanker dari tubuh dan menghambat pertumbuhan tumor.

3.      Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat yang terdapat dalam kacang Arab tidak hanya berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung, tapi juga mencegah sembelit dan mengatur pergerakan usus. Sehingga kesehatan pencernaan anda akan berfungsi dengan baik jika rutin mengkonsumsi kacang Arab.

4.      Menguatkan Tulang

Kacang Arab juga mengandung kalsium, magnesium, mangan, seng, zat besi, fosfat, dan vitamin K. Semua vitamin dan mineral tersebut sangat berkontribusi besar guna membangun dan menguatkan struktur tulang anda.

5.      Mengurangi Peradangan

Kacang Arab memiliki nutrisi yang sangat penting yang diperlukan oleh tubuh, yaitu Kolin, Zat ini dipercaya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, melancarkan pergerakan otot dan fungsi kognitif. Selain itu kacang Arab juga dipercaya bisa membantu menjaga struktur membran sel tubuh, sehingga sangat berperan aktif dalam membantu penyerapan lemak, transmisi impuls saraf, dan mengurangi peradangan kronis.

6.      Menurunkan Berat Badan

Bila Anda sedang dalam program diet dan sering bosan dengan cemilan biasa, cobalah sesekali untuk mengonsumsi kacang Arab. Serat yang sangat tinggi dalam kacang Arab bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama, tentunya hal ini akan mengurangi nafsu makan, serta mengurangi asupan kalori. Sehingga berat badan anda pun dapat turun secara cepat dan sehat.

Salah satu hal yang merugikan kesehatan adalah memakan cemilan yang tidak sehat. Oleh karena itu segera ganti cemilan anda dengan cemilan sehat seperti kacang Arab yang memiliki rasa unik dan yang penting adalah cemilan itu harus memberikan manfaat untuk tubuh.

7.      Manfaat Kacang Arab Untuk Ibu Hamil

Kacang Arab ternyata juga baik dikomsumsi oleh ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Kandungan asam folat, kalsium, protein , zat besi dan serat sangat baik untuk tumbuh kembang sang bayi dan menghindari resiko cacat pada janin.

8.      Manfaat Kacang Arab Untuk pria

Penelitian yang dilakukan di Spanyol pada 119 responden pria menunjukkan peningkatan jumlah sperma setelah mengkomsumsi kacang Arab sebanyak 60 gram secara teratur. Terjadi peningkatan sebesar 16% dibandingan pria yang jarang mengkomsumsi kacang-kacangan seperti almond, walnut dan hazelnut. Penelitian ini dilakukan selam 14 hari. Peningkatan jumlah sperma erat kaitannya dengan tingkat kesuburan pria, meskipun demikian ada beberapa faktor pendukung lain agar kesuburan pria bisa terjaga dengan baik yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat dan berolahraga.

9.      Manfaat Kacang Arab Untuk Kecantikan

Menurut penelitian kacang Arab mengandung vitamin C sebanyak 25%. Vitamin C sangat baik dikomsumsi untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh secara holistic. Mengkomsumsi kacang Arab bisa meningkatkan elastisitas kulit dan membuat wajah terlihat lebih cerah.

Harga kacang Arab cukup terjangkau, di market place seperti tokopedia, shopee, dll kacang ini dijual seharga 30-40 ribu / kilogramnya. Kalau dinegeri asalnya tentunya jauh lebih murah.

Semoga artikel tentang 9 Manfaat Kacang Arab Untuk Kesehatan Tubuh dapat bermanfaat. Manfaatnya yang beragam sayang untuk anda lewatkan sebagai oleh-oleh ke tanah air saat anda menunaikan ibadah Haji atau Umroh.