Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Umpan Mancing Di Muara Sungai Yang Jitu Serta Tehnik Mancingnya

 umpan mancing di muara sungai

Duniahobiku.com - Spot muara merupakan lokasi mancing yang banyak dipilih oleh para pemancing.  Spot muara sering membuat para pemancing strike dengan ikan berukuran besar. Namun untuk mendapatkan ikan yang banyak di muara kita harus mengetahui tehnik dan umpan mancing Di muara sungai yang tepat. Perubahan pasang surut air juga harus diperhatikan oleh para pemancing untuk meningkatkan hasil pancingan.

Target Ikan Di Muara Sungai

Muara merupakan tempat bertemunya air asin ( laut ) dengan air tawar atau sering disebut air payau. Ikan yang berasal dari laut biasanya akan bergerak ke muara saat air sedang pasang dan akan kembali ke laut saat air sedang surut. Begitupula sebaliknya, ikan air tawar akan masuk ke muara saat air sedang surtr dan akan kembali ke sungai pada saat air sedang pasang. Dimana pada kondisi air seperti itu akan banyak ikan mulai dari  ukuran kecil sampai dengan ukuran monster ikan bermain di sekitar muara sungai. Tidak heran jika muara memiliki beragam jenis ikan karena muara sering digunakan juga oleh ikan-ikan laut ukuran besar untuk bertelur atau mencari makan.

Ikan yang hidup di muara adalah jenis ikan yang memiliki kemampuan mempertahankan keseimbangan ion cairan dalam tubuh menghadapi fluktuasi perubahan kadar garam yang terus berubah di muara sungai.  Ada beberapa jenis ikan khas air payau yang sering kita temukan di muara sungai. Jenis ikan tersebut antara lain : Ikan gelodok/belosh, ketang-ketang, kakap sungai, belanak, ikan sembilang (lele laut), manyung, pelus, teronganan (kerong-kerong), mujair, betik,  dll. Ikan ini biasanya hidup disekitar mulut muara sungai.

Ada 2 jenis ikan laut yang sering kita temukan di mulut muara :

1.      Ikan stenohalin

Ikan stenohalin adalah ikan yang dapat bertahan hidup pada rentang kadar garam yang sempit dengan kadar garam lebih dari 30 per mill. Beberapa jenis ikan yang tergolong dalam jenis ikan ini antara lain : ikan kuwe, GT (giant trevaly), butane, hiu, kerapu, kuro dan ikan jenis ikan pantai lainnya.

ikan giant trevally
gambar ikan giant trevally

2.      Ikan eurihalin

Ikan eurihalin adalah ikan yang agak tahan terhadap perubahan kadar garam tinggi hingga 15 ml per mill. Ikan ini mampu menembus hulu sungai sampai jarak tertentu. Beberapa jenis ikan yang masuk dalam kategoro ikan eurihalin adalah kakap putih, terubuk, pari, julung-julung, baronang,bandeng, kapuran, bulan-bulan dan barakuda.

ikan kakap putih
gambar ikan kakap putih

Tehnik Mancing Di Muara Sungai

Untuk mendapatkan hasil yang banyak dan ikan besar-besar anda juga harus mengetahui dulu tehnik mancing di muara karena mancing di muara sungai sangat berbeda dengan tehnik memancing ikan di kolam. waktu mancing di muara sungai yang sesuai adalah pada waktu malam hari karena ikan-ikan besar mencari makan pada waktu tersebut, atau dimulai pada saat matahari terbenam yaitu sore hari. Bisa juga pada saat pagi hari ketika matahari terbit. lebih bagus juga pada saat air laut pasang menuju air surut lagi, biasanya waktu tersebut rating strike ikan sangat tinggi apalagi jika air rob-nya pada pagi hari, sekitar jam 6 yang biasanya arus air pada saat naik berhenti sejenak terus pelan-pelan kembali surut lagi disitu ikan barramundi, kakap, mangrove jack, kerapu, barracuda, bulan-bulan/tarpoon dan ikan GT muara lainnya pada berkeliaran dan mencari makan.

Tehnik cara mancing di muara bisa dengan cara casting atau juga menggunakan pelampung. Tentunya berat timah atau pemberat pancing  harus disesuaikan dengan melihat kekuatan arus muara saat itu. Makin deras air sungai maka timah/pemberat yang digunakan harus semakin berat agar tidak mudah terbawa arus. Jika menggunakan tehnik pelampung dimuara, posisikan umpan ada pada tengah-tengah kedalaman air muara.

Umpan Mancing Di Muara Sungai Yang Terbukti Jitu Dan Ampuh

Untuk umpan di muara yang ampuh dan jitu, kita sebaiknya menggunakan umpan hidup yang masih segar. Umpan hidup akan jauh lebih menarik perhatian para ikan predator. Namun jika menggunakan umpan buatan sebaiknya sesuaikan dengan kondisi spot pemancingan. Berikut beberapa umpan yang bisa anda gunakan sebagai umpan mancing di muara sungai :

1.           Umpan udang hidup

2.           Potongan ikan tongkol yang masih segar

3.           Cumi – cumi

4.           Potongan daging belut

5.           Cacing muara atau cacing pohon dahon

6.           Ikan belanak hidup ukuran 7-9 Cm

7.           Ikan Mujair kecil

8.           Ponpon (cacing laut)

9.           Ikan gabus kecil atau jika besar dipotong-potong

10.      Potongan daging Sidat

11.      Anak ikan air tawar

12.      Ikan baung kecil atau ikan keting

13.      Jangkrik hidup

14.      Anak Katak Hidup

Selain umpan hidup anda juga bisa menggunakan umpan tiruan atau sering disebut lure, dimana penggunaan lure atau umpan tiruan bisa berupa lure udang-udangan dan lure ikan kecil.

Itulah 14 Umpan Mancing Di Muara sungai Yang Jitu Serta Tehnik Mancingnya, semoga bisa membantu anda para pemancing ikan yang ingin merasakan dan mencoba sensasi tarikan ikan GT air payau atau mancing di muara sungai.