Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Hewan Yang Jarang Makan Namun Tetap Hidup, Bahkan Ada Yang Bisa Bertahan Hingga 30 Tahun

 

hewan yang jarang makan

Duniahobiku.com -  Makan dan minum merupakan kebutuhan vital bagi seluruh makhluk hidup didunia. Namun ternyata di dunia hewan ada hal menakjubkan bisa terjadi. Ada beberapa jenis hewan yang jarang makan namun bisa tetap hidup. Bahkan ada yang bisa bertahan hingga selama 30 tahun. Sistem metabolisme yang diciptakan begitu hebat membuat penasaran banyak ilmuwan. Tentunya anda juga penasaran hewan apa sajakah itu. Agar lebih jelas simak daftar hewan unik pada artikel dibawah ini.

Hewan Yang Jarang Makan

Setiap hewan memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam bertahan hidup. Ada yang sanggup bertahan hidup tidak makan dan minum selama beberapa hari, namun tidak banyak yang bisa bertahan hidup hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Berikut beberapa hewan yang jarang makan namun tetap bisa hidup yang akan membuat anda takjub:

1.           Beruang

Beruang bisa tidak makan dan minum selama 3-7 bulan terutama saat melakukan proses hibernasi.. Hibernasi biasanya dilakukan saat musim dingin tiba dimana makanan akan sulit diperoleh. Saat proses hibernasi beruang akan tidur panjang dan tidak makan dan minum serta melakukan aktivitas lain. Hebatnya saat terbangun beruang tetap dalam kondisi yang sehat dan hanya kehilangan bobot.

beruang sedang hibernasi
gambar beruang sedang hibernasi

2.            Kura-kura Raksasa Galapagos

Kura-kura merupakan salah satu hewan berumur panjang, salah satunya kura-kura Galapagos yang bisa berusia ratusan tahun. Kura-kura juga terkenal akan kemampuannya bertahan hidup, bahkan menurut penelitian kura-kura Galapagos bisa bertahan tidak makan dan minum selama setahun. Kura-kura ini hidup di kepulauan Galapagos dan beratnya bisa mencapai 400 kilo lebih. Kura-kura Galapagos termasuk hewan yang dilindungi karena jumlahnya yang semakin merosot dialam liar.

kura kura galapagos
gambar kura kura galapagos

3.           Kalajengking

Kalajengking umumnya ditemukan didaerah padang gurun yang gersang dan bebatuan. Kondisi alam yang ekstreem membuat banyak hewan tidak mampu bertahan hidup disana dan mereka kadang memangsa sesamanya.  Untuk menghemat makanan kalajengking memiliki sistem metabolisme yang lambat  sehingga bisa bertahan hidup lebih lama bahkan dalam keadaan ekstrem kalajenking bisa hidup tanpa makan selama 1 tahun.

kalajengking
gambar kalajengking

4.           Buaya

Walaupun terkenal ganas  buaya termasuk salah satu hewan yang setia terhadapa pasangannya. Bukan Cuma setia hewan ini juga memiliki kemampuan tidak makan hingga 3 tahun dalam keadaan krisis atau cuaca alam yang memburuk. Untuk mempertahankan cadangan lemak dalam tubuhnya buaya akan berdiam diri dan tidak bergerak dalam jangka waktu panjang.

buaya
gambar buaya 

5.           Tardigrada

Mungkin belum banyak pernah mendengar nama hewan ini. Walaupun memiliki julukan sebagai beruang air namun ukurannya tidak sama dengan beruang sebenarnya. Hewan ini sulit dilihat dengan mata telanjang, panjang tubuhnya hanya sekitar 1.5 mm dan berjalan sangat lambat didalam air dan bagian dari supefilum Ecdysozoa Jadi sangat wajar jika anda tidak pernah melihatnya. Namun dibalik tubuhnya yang sangat kecil ternyata menurut penelitian tardigrada bisa bertahan hidup tanpa makan bahkan selama 30 tahun. Luar biasa bukan ?

Tardigrada
gambar Tardigrada

6.           Lungfish

Lungfish termasuk salah satu jenis ikan yang mampu mengambil oksigen langsung dari udara karena memiliki organ paru-paru. Lungfish yang berasal dari afrika bisa bersembunyi dalam lumpur selama 4 tahun tanpa makan dan minum dan melindungi tubuhnya dengan lendir yang mengeras seperti kepompong saat mengalami kekeringan. Saat musim hujan tiba maka dia akan mengeluarkan diri dari kepompong tersebut. Konon ikan paru-paru afrika atau lungfish bisa hidup hingga 90 tahun.

lungfish
gambar lungfish

7.           Olm

Olm memiliki nama latin Proteus anguinus dan masih berkerabat dengan Axoltl. Hewan ini memiliki bentuk perpaduan kadal dan belut .  Olm sering juga disebut salamander gua karena habitatnya yang selalu berada dalam gua bawah tanah.  Menurut beberapa peneliti Olm sanggup bertahan hidup tanpa makan selama 10 tahun dan bisa tidak bergerak sama sekali selama 7 tahun.

olm
gambar olm

8.           Laba-laba

Laba-laba merupakan salah satu spesies hewan yang sering kita jumpai hampir disemua tempat di bumi.  Hewan ini sangat terkenal karena kemampuannya membuat jaring meskipun tidak semua jenis laba-laba membuat jaring dalam menangkap serangga.  Selain  kepiawaiannya memintal jaring hewan ini juga memiliki kemampuan bertahan hidup yang hebat. Laba-laba bisa bertahan hidup tanpa makan selama 1,5 tahun dalam kondisi makanan sulit didapatkan.

jaring laba laba
gambar jaring laba laba

9.           Katak

Katak dan kodok sering disebut sebagai hewan yang sama namun sebenarnya memiliki perbedaan fisik yang cukup mencolokSalah satunya adalah katak memiliki kaki yang panjang dan sering berada diatas tanah seperti daun atau batang pohon. Katak memangsa serangga kecil seperti lalat, ngengat, cacing dan hewan kecil lainnya. Namun dalam sebuah penelitian ternyata katak juga bisa hidup tanpa makan selama 16 bulan. Warna katak yang memikat membuatnya banyak dicari komunitas amfibi untuk dikoleksi.

katak
gambar katak

10.      Paus Bungkuk

Paus bungkuk memiliki nama latin Megaptera novaeangliae. Hewan ini terkenal karena suka melompat dari dalam air dan bernyanyi. Ikan yang bisa tumbuh hingga 16 meter dan berbobot 36 ton ini memiliki cadangan lemak yang tinggi. Cadangan lemak pada paus bungkuk membuatnya bisa hidup tanpa makan selama 6 bulan.  Namun saat makanan tersedia cukup melimpah paus bungkuk  bisa menampung makanan hingga ratusan kg perhari bahkan sampai 6 ton perhari.

paus bungkuk
gambar paus bungkuk

11.      Ular Ball Python

Ball phython merupakan salah satu jenis sanca terkecil yang tidak berbisa. Hal ini membuatnya banyak disukai oleh para penggemar reptile, Ball phthon juga memiliki corak kulit yang cantik dan beragam serta sifat yang cenderung jinak. Ular dikenal sebagai hewan yang memangsa korbannya secara utuh dan menyerap makanannya secara perlahan. Ular ball phython juga mampu hidup tanpa makan selama 6 bulan meskipun mengalami penurunan bobot.

ular ball python
gambar ular ball python

12.       Unta

Unta merupakan salah satu hewan yang mampu hidup dipadang gurun yang sangat panas. Selain kemampuannya menyimpan air unta juga mampu bertahan hidup tanpa makan selama 2 bulan. Sistem metabolisme yang unik pada unta membuatnya bisa bertahan hidup dalam kondisi dimana hewan lain sulit bertahan hidup.

unta di padang gurun
gambar unta di padang gurun

Semoga artikel tentang 12 Hewan Yang Jarang Makan Namun Tetap Hidup, Bahkan Ada Yang Bisa Bertahan Hingga 30 Tahun bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita tentang keajaiban di dunia hewan.