Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengolah Okra Untuk Diabetes Dengan Teknik Fermentasi Probiotik

 cara mengolah okra untuk diabetes

Duniahobiku.com - Bagaimana cara mengolah okra untuk diabetes? Mungkin banyak yang belum mengetahui cara mengolah tanaman tanaman okra untuk membantu menurunkan gula darah. Okra juga digunakan dalam membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol.  Selain kolesterol dan diabetes, tanaman ini bermanfaat untuk mencegah kanker usus serta kelebihan berat badan/kegemukan, Anda bisa memilih cara mengolah okra dengan teknik apa saja untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar setiap hari.

Mengapa Menggunakan Teknik Fermentasi Probiotik Terbaik?

Sebenarnya ada banyak teknik fermentasi namun salah satu pertimbangan maka teknik fermentasi probiotik adalah salah satu yang paling baik karena sistem tubuh secara keseluruhan lebih kompatibel (lebih cocok) menerima zat zat atau nutrisi yang bersifat alami baik bagi pertumbuhan, perkembangan dan memperbaiki fungsi tubuh.

Cara mengolah okra kali ini menggunakan larutan dari produk probiotik terbaik Talami, yang kami beli di salah satu marketplace Indonesia. Kemampuan probiotik terbaik Talami sudah teruji, salah satunya adalah mengembalikan kekuatan dari sistem kekebalan tubuh di saluran pencernaan. Kita tahu bahwa 80% sistem kekebalan tubuh manusia ada di saluran pencernaan. Dengan kuatnya sistem imun maka nutrisi dari makanan atau minuman yang kita konsumsi mudah diserap oleh sel sel tubuh.  Bila zat zat tersebut semakin bersih (terbebas dari kontaminasi bakteri yang merugikan/patogen) maka akan mengalir dalam darah menuju sel tubuh secara optimal. Dengan demikian fungsi fungsi organ tubuh akan kembali optimal.

Cara Mengolah Buah Okra Untuk Diabetes

Cara mengolah okra berkualitas probiotik kali ini adalah membuat jus okra asli. Bila Anda belum punya mesin juice (jus) bisa buat variasi menu yang lain, namun bila ingin tetap membuat juice okra ya gunakan teknik melembutkan dengan cara lain. Berikut cara mengolah okra untuk penderita diabetes :

Siapkan 4 - 5 buah sayur okra pilihan.

Bersihkan dengan air mengalir.

Potong jadi bagian kecil kecil, biarkan lendir yang keluar dari potongan, jangan dibuang.

Masukkan potongan tersebut ke dalam blender atau mesin jus.

Tambahkan sedikit air, yang penting mesin bisa memutar sehingga diharapkan hasilnya semakin kental.

Kemudian blender dengan kecepatan sedang hingga ramuan tercampur rata.

Untuk membuat variasi jus, boleh tambahkan dengan sayuran atau buah - buahan yang lain, misalnya buah buahan untuk penderita diabetes, sayuran penurun kolesterol dan lainnya.

Tuang jus okra ke dalam botol.

Tambahkan 1 - 2 sendok makan madu alami atau gula tebu atau gula merah. Intinya tambahkan pemanis yang alami saja.

Tambahkan pula 1 - 2 sendok makan larutan probiotik Talami.

Kocok hingga rata, lalu diamkan sebentar dan tutup botolnya.

Biarkan proses fermentasi berlangsung 1 - 4 x 24 jam.

Jangan lupa, sesekali buka tutup botol untuk mengganti oksigen di dalam botol. Misal pagi hari dan malam menjelang tidur.

Untuk mendinginkan proses fermentasi, masukkanlah botol tersebut dalam lemari es biasa (bukan frezzer).

Bila ingin menikmati khasiat sayur okra yang sudah berbentuk jus probiotik ini, bisa diambil 1 - 2 sendok untuk sekali minum dan boleh dicampur dengan minuman apa saja. Namun pastikan campurnya dalam kondisi minuman lain hangat ya, jangan mencampur jus okra ke minuman lain yang masih panas. Tujuannya adalah untuk mempertahankan kualitas enzim yang dihasilkan dari proses fermentasi tersebut agar efektif bagi penderita diabetes dan lainnya, sebab jenis enzim apapun akan rusak dalam kondisi panas berlebihan.

Bila rasa yang dihasilkan kurang enak, silahkan tambahkan madu ataupun probiotik Talami saja. Meminum ramuan okra secara teratur sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh anda dan keluarga. Demikian penjelasan singkat cara mengolah okra untuk diabetes , semoga bisa bermanfaat untuk anda.