Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mencari Spot Mancing Di Pinggir Laut Agar Memperoleh Ikan Besar

 cara mencari spot mancing di pinggir laut

Duniahobiku.com - Memancing di pinggir laut banyak dilakukan para angler karena dianggap lebih praktis. Tidak sedikit para pemancing yang sukses memperoleh ikan dengan ukuran yang cukup besar meski hanya memancing di pinggir laut. Agar sukses memancing dipinggir laut kita harus mengetahui cara mencari spot mancing di pinggir laut. Ada beberapa hal yang bisa menjadi ciri spot mancing yang bagus dan bisa menjadi indikator. Agar lebih jelas silahkan simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Mencari Spot Mancing Di Pinggir Laut

Spot mancing yang baik akan memperbesar peluang anda memperoleh hasil tangkapan yang memuaskan apalagi jika didukung dengan umpan yang tepat. Ada beberapa cara melihat lokasi spot potensial yang baik saat akan memancing di pinggir laut diantaranya:

1. Dermaga Pelabuhan

Pelabuhan merupakan tempat berlabuhnya kapal sebelum menerima barang/penumpang dari luar pulau atau negara. Pelabuhan sering dijadikan salah satu spot memancing oleh para anglers. Meskipun terletak lebih ke pinggir namun pelabuhan cukup dalam sehingga banyak jenis ikan yang berkeliaran disekitar pelabuhan. Dermaga pelabuhan juga cukup mudah dijangkau namun sayangnya tidak semua pelabuhan bisa bebas digunakan untuk areal memancing karena memang area ini  dikhususkan untuk area bongkar muat penumpang dan barang.

mancing di dermaga pelabuhan
gambar mancing di dermaga pelabuhan

2.      Batu Pemecah Ombak

Batu/beton pemecah ombak yang dibangun di pesisir pantai untuk mencegah terjangan ombak  merupakan spot mancing yang juga disukai oleh para angler. Spot ini mudah dijangkau oleh para pemancing. Spot ini cukup beresiko terutama saat musim penghujan karena medan yang  menjadi licin. Jenis ikan kerapu, ikan baronang dan jenis ikan butana sering diperoleh di spot batu pemecah ombak. Memancing saat malam hari hingga pagi  juga banyak dilakoni oleh para angler sejati.

mancing di pemecah ombak
gambar mancing di pemecah ombak

3.      Banyak Burung Laut Terbang Sekitar Spot

Burung laut umumnya mengincar ikan-ikan kecil sampai sedang yang bermain dipermukaan air. Semakin banyak burung yang terbang disekitar lokasi menjadi salah satu indikator bahwa banyak ikan yang berkeliaran disekitar daerah tersebut. Sumber pakan yang melimpah akan membuat ikan-ikan predator berburu didaerah tersebut. Jika anda melihat banyak burung laut sedang mencari makan maka lemparlah kail dan umpan anda disekitar daerah tersebut. Potensi keberhasilan untuk memperoleh hasil tangkapan ikan berukuran besar akan semakin baik di daerah dengan ciri diatas.

burung laut mencari makan
gambar burung laut mencari makan

4.           Spot Muara Sungai

Muara merupakan jalur keluar masuk air menuju ke laut, saat pasang naik ikan-ikan dari laut yang hidup di air payau akan masuk ke sekitar muara sungai untuk berburu mangsa sekaligus untuk bertelur. Spot muara banyak di incar oleh para angler karena ditempat ini sering strike dengan ukuran ikan yang cukup besar. Ikan barakuda dan kakap putih merupakan primadona ikan muara sungai. Gunakan umpan mancing di muara sungai yang tepat agar hasil pancingan berlimpah.

spot muara sungai
gambar spot muara sungai

5.      Tanaman Mengapung Atau Kayu

Kita sering melihat bangkai kayu yang terbawa oleh ombak dilautan. Bangkai kayu dan tanaman yang sedang mengapung merupakan tempat berlindung ikan-ikan kecil dan tempat menempel lumut dan plankton. Ikan kecil merupakan target ikan predator. Melempar kain dan umpan disekitar area tanaman dan bangkai kayu bisa memperbesar peluang anda strike.

bangkai kayu di laut
gambar bangkai kayu di laut

6.      Spot Pantai Pasir

Pantai pasir sering dimanfaatkan sebagai sarana wisata pantai tempat bermain dan berenang. Pantai pasir juga sering dimanfaatkan sebagai salah satu spot mancing yang menarik. Ikan-ikan yang berada dipantai biasanya memiliki mulut yang berada dibawah seperti ikan pari, gatho dan surung. Namun tidak jarang Ikan giant travelly (GT) juga diperoleh pemancing di pantai pasir. Perhatikan keamanan saat memancing di pantai, saat ombak sedang mengganas anda bisa memilih hari lain untuk memancing demi keamanan diri anda.

mancing di pantai
gambar mancing di pantai

7.           Daerah Bebatuan

Didaerah bebatuan biasanya akan terbentuk naungan atau shelter yang mirip gugusan karang di laut. Naungan seperti ini merupakan tempat ikan berkoloni. Koloni ikan kecil akan menjadi target bagi ikan-ikan predator untuk datang.  Para pemancing bisa menjadikan spot ini sebagai target potensial.

mancing di daerah bebatuan
gambar mancing di daerah bebatuan

8.           Ikan Kecil Berlarian

Saat sedang mencari spot memancing di pinggir laut dan kita melihat banyak ikan kecil berlarian dan melompat ke udara maka itu bisa menjadi pertanda bahwa ada ikan predator yang sedang mengejar mereka. Daerah dengan ciri seperti diatas bisa menjadi spot menarik untuk mendapat ikan predator.

ikan kecil dikejar predator
gambar ikan kecil dikejar predator

9.           Dermaga Kapal

Para nelayan umumnya menaruh kapal pada dermaga yang berada di pinggir laut atau sepanjang aliran sungai. Kita bisa mencari keberuntungan dengan melempar umpan disekitar kapal yang berlabuh.   Kelemahan dari tempat ini adalah bisa situasinya sedang ramai maka predator jarang terlihat karena terganggu aktivitas manusia. Namun tidak jarang kita bisa strike ikan berukuran besar disekitar area dermaga.

mancing di dermaga kapal
gambar mancing di dermaga kapal

10.       Mencari Posisi Laut Yang Dalam

Mencari cekungan laut atau lembah yang dalam sebagai spot memancing potensial. Topografi alam lembah tercipta selama ribuan bahkan jutaan tahun. Dalam bahasa pemancing daerah ini sering disebut sebagai lubuk. Sumber makanan yang melimpah membuat ikan predator akan datang ke tempat dengan ciri topografi lembah/lubuk untuk mencari makan.

lembah laut
gambar lembah laut 

Semoga 10 Cara Mencari Spot Mancing Di Pinggir Laut bisa bermanfaat buat para mancing mania. Selain faktor diatas kita juga perlu mengetahui waktu yang tepat mancing di pinggir laut dan cara mancing ikan besar di pinggir laut agar bisa mendapatkan hasil maksimal.