Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips Cara Memilih Joran Pancing Yang Bagus Dan Kuat Bagi Pemula

cara memilih joran pancing yang bagus dan kuat

Duniahobiku.com - Bagi para pemancing mengetahui cara memilih joran pancing yang bagus dan kuat sangat penting. Karena jika salah memilih joran tentunya akan terjadi masalah saat memancing ikan seperti joran akan terasa berat saat digunakan, joran mudah patah, tidak elastis dan masalah lainnya. Para pemancing pemula biasanya sedikit bingung harus memilih merk joran pancing terbaik yang sesuai dengan spot pemancingan. Lalu apa yang anda harus lakukan? Sebelum anda membeli joran pancing ada baiknya anda membaca terlebih dahulu artikel dibawah ini agar nantinya tidak salah memilih dan membeli joran pancing.

Apa Itu Joran Pancing?

Joran sudah sejak lama digunakan manusia untuk menangkap ikan. Bahkan menurut catatan sejarah bangsa Mesir kuno dan China sudah menggunakannya sejak 2000 tahun sebelum Masehi. Joran (rod) adalah bagian yang dipegang dan berbentuk seperti tongkat yang sifatnya lentur. Pada bagian joran terdapat piranti pendukung seperti cincin senar, real set (gulungan pancing), dan ujung joran. Dulunya joran pancing banyak menggunakan bahan baku bambu atau batang nipah. Perkembangan zaman membuat pilihan joran pancing semakin beragam dengan berbagai model dan harga yang bervariasi.

joran pancing bambu
gambar joran pancing bambu

Cara Memilih Joran Pancing Yang Bagus dan Kuat

Saat memasuki toko pancing kita akan menemukan berbagai jenis dan ukuran joran pancing. Ada puluhan bahkan ratusan jenis joran yang tersedia, baik itu joran untuk mancing di laut atau air tawar. Salah satu hal penting dalam memilih joran pancing adalah melihat bahan yang digunakan joran pancing. Bahan baku inilah yang menentukan apakah sebuah jorang bisa dikategorikan bagus dan kuat.

Pada umumnya bahan yang digunakan untuk sebuah joran pancing yang bagus ada tiga jenis bahan, untuk itu kita harus mengetahui jenis-jenis bahan tersebut dan karakter bahannya agar nantinya kita akan mengetahui bahan joran yang mana yang cocok dengan kebutuhan kita. Berikut bahan-bahan joran yang kuat :

·       Komposit Karbon dengan Fiberglass.

·       Komposit Graphit dengan Karbon + E-glass.

·       Komposit Graphit dengan Fiberglass.

Sifat-sifat bahan joran untuk alat pancing :

Karbon adalah bahan atau material mempunyai sifat ringan, padat, kuat dan getas.

Graphit, adalah bahan atau material yang mempunyai sifat elastis, padat, ringan dan kuat, tetapi bahan graphit adalah termasuk bahan penghantar listrik yang baik.

Fiberglass, adalah bahan atau material yang mempunyai sifat elastis, lentur dan tidak mudah patah tetapi sangat berat.

Kombinasi Bahan Joran Pancing :

1.       Komposit Graphite dengan Fiberglass.

Bahan dari Graphite memang sangat kuat, namun bisa menghantarkna arus listrik maka berhati-hatilah jika mancing saat hujan. Bahan graphite ini sendiri memang terkenal sangat baik untuk bahan utama untuk pembuatan joran pancing, apalagi jika dicampur dengan bahan karbon dan fiberglass tentunya pasti akan menghasilkan joran pancing yang sempurna mutunya.

joran pancing graphite
gambar joran pancing graphite

2.      Komposit Karbon Dengan Fiberglass.

Untuk bahan karbon memiliki sifat yang sangat getas, tetapi cukup memiliki kekuatan dalam menerima dan menahan tekanan. Ditambah sifat fiberglass yang mempunyai sifat yang sangat liat, lentur dan tentunya tidak mudah patah. Dengan begitu bisa dicampurkan kedalam satu, dari dua bahan tersebut.

Komposit karbon dengan fiberglass dalam pembuatan joran pancing mempunyai kelebihan dan kekurangannya tentunya. Kelebihan dari campuran dua bahan tadi adalah cukup kuat dan sangat lentur, dan kekurangannya adalah ketika joran menerima tekanan yang diluar batas kekuatannya maka joran akan mengalami patah langsung menjadi dua bagian.

joran pancing karbon
gambar joran pancing karbon

3.      Komposit Graphit dengan Karbon + E-glass.

Untuk kombinasi diatas merupakan kombinasi yang bisa dikatakan sempurna bahkan para produsen joran kini sedang mengembangkan kombinasi bahan diatas tersebut. Karena komposisi bahan diatas mempunyai sifat ringan, kuat dan tahan lama dan untuk bahan graphit nya yang mudah menghantarkan listrik sudah terlindungi dengan adanya bahan baru yaitu E-Glass, sehingga resiko tersambar petir karena graphit yang sifatnya penghantar listrik dapat diminimalkan.

joran pancing gabungan graphit dan karbon
gambar joran pancing gabungan graphit dan karbon

Saat ini merek yang terpercaya dalam masalah joran adalah adalah “Penn International”, “Shimano”, “Maguro” dan “Daiwa”. Namun semuanya kembali lagi kepada kesukaan pemancing, tapi perlu diingat jangan tergoda oleh harga joran yang murah karena kualitas harus menjadi faktor utama kita membeli joran pancing yang bagus dan baik.

Itulah Bagaimana Tips Cara Memilih Joran Pancing Yang Kuat Dan Bagus, semoga bisa membantu anda para pemancing yang sedang mencari informasi tentang Cara Memilih Joran Pancing yang bagus.