Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Baut Yang Dol Dengan Mudah Pada Motor

 cara memasang baut yang dol

Duniahobiku.com -  Bagaimana cara memasang baut yang dol ? Setiap komponen dalam kendaraan bermotor Anda adalah bagian dari satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan mengingat kegunaannya yang saling terkait satu sama lain. Tak terkecuali dengan baut, ya tepat sekali. Baut ini walaupun ukurannya kecil dan kadang diremehkan tetapi apabila sudah dol atau aus bisa menimbulkan masalah yang tidak bisa disepelakan. Misalkan baut tanam yang harusnya tertanam secara kuat di blok mesin atau knalpot namun pada saat dol tidak mampu menahan beban mesin ataupun knalpot maka imbasnya performa mesin tidak akan bisa normal alih-alih bisa menimbulkan kerusakan jangka panjang.

Sebenarnya cukup mudah untuk memperbaikinya tapi kebanyakan orang lebih memilih untuk membawanya pada bengkel terdekat karena alasan efisiensi waktu. Nah kali ini Duniahobiku.com akan sedikit berbagi tentang cara memasang baut yang dol dengan mudah dengan kasus baut tanam yang dol pada knalpot motor yang mungkin akan berguna untuk Anda dan bisa dikerjakan di rumah dalam waktu yang singkat. Ikuti terus langkah demi langkahnya ya. Selamat menyimak.

Cara Memasang Baut Yang Dol Dengan Mudah

1.      Cari Penyebabnya Terlebih Dahulu

Hal yang pertama kali yang harus Anda lakukan adalah mencari terlebih dahulu penyebab dari baut Anda yang dol atau rusak agar kita bisa ambil kesimpulan dari awal cara yang mana saja yang bisa membuat baut Anda bagus kembali. Sebenarnya banyak sekali faktor yang dapat membuat dol baut Anda tapi kami akan bahas beberapa saja. Salah satu penyebabnya bisa datang dari faktor pemasangan baut yang terlalu kencang sampai-sampai dihabiskan dratnya yang berakibat baut ikut berputar dan imbasnya drat rusak pada blok headnya.

pemasangan baut yang terlalu kencang
pemasangan baut yang terlalu kencang

2.      Pertimbangkan Untuk Mengganti Baut

Bila ternyata baut yang Anda punyai sudah tidak mungkin lagi digunakan, maka tidak ada pilihan lain selain membeli yang baru di toko baut dan pilihlah yang spesifikasi yang sesuai dengan baut yang lama agar nanti pas ketika dipasang.

baut yang baru
gambar baut yang baru

3.      Pergunakan Alat Bantu

Pada saat Anda akan memasang baut yang baru tentunya baut yang lama harus segera dilepas, nah untuk mempermudah pengerjaan alangkah baiknya Anda menggunakan alat bantu yaitu Mur Kontra. Mur kontra berfungsi untuk mengganjal dan mengencangkan baut.

mur kontra
gambar mur kontra

4.      Proses Pemasangan

Pasanglah dua mur secara berdempetan kemudian tahan mur menggunakan kunci selagi Anda mengencangkan mur yang bawah. Lalu apabila kedua mur sudah dirasa cukup paten maka buka baut lama menggunakan mur kontra pada bagian bawah. Bila telah lepas, senailah lubang drat pada blok head yang rusak dengan menggunakan alat senai namun mesti dipastikan terlebih dahulu alat senai yang Anda pakai ukurannya harus lebih besar dari lubang aslinya. Setelah langkah-langkah di atas telah Anda lakukan, maka tinggal pasang baut yang baru dengan menggunakan mur kontra caranya tidak jauh beda seperti ketika Anda melepaskan baut yang lama.

cara memasang baut
gambar cara memasang baut

Itulah cara memasang baut yang dol dengan mudah. Semoga bermanfaat bagi Anda. Memasang dan memperbaiki sendiri baut yang dol tentunya bisa menghemat pengeluaran anda.