Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 buah khas kalimantan mirip durian Berbentuk Unik lengkap dengan Ciri-cirinya

 buah khas kalimantan mirip durian

Duniahobiku.com  - Jika membicarakan verietas durian, pasti yang ada di pikiran kita adalah buah yang bentuknya besar, berduri,  berwarna hijau kekuningan, rasanya manis serta bau yang menyengat. Selama ini kita lebih banyak mengenal durian Monthong asal Thailand atau Musang King asal Malaysia. Lalu apakah setiap buah berduri  seperti kriteria diatas adalah durian? Ada beberapa jenis buah  khas Kalimantan mirip durian yang bentuknya unik dan lezat. Kerabat dekat durian ini sering kali disebut buah durian padahal mereka hanya berkerabat dekat. Namun agar lebih mudah kita sebut saja durian.

Buah Khas Kalimantan Mirip Durian

Durian memiliki rasa yang lembut dan manis sehingga banyak dicari meskipun memiliki bau yang cukup memabukkan. Ada yang begitu fanatic mengkomsumsi buah durian bahkan rela menunggu durian masak di pohon langsung dikebin durian. Namun ada juga yang tidak menyukai buah durian walau bergelar raja buah. Mungkin karena aromanya atau karena takut dengan “mitos” makan buah durian meningkatkan kolestrol padahal kenyataannya tidak demikian.

Ada banyak jenis durian di seluruh dunia. Monthong dan musang king hanya sebagian dari durian  yang ada di dunia. Durian juga memiliki kerabat dekat. Spesies kerabat dekat durian sendiri di dunia mencapai kurang lebih 28 spesies. Dengan pembagian 18 spesies ada di pulau Kalimantan (Indonesia), 10 spesies ada di Semenanjung Malaya, serta terdapat di beberapa pulau di Indonesia maupun di luar negeri.

Selama ini kita hanya memakan buah durian  yang terkenal seperti monthong dan musang king namun ada beberapa kerabat dekat buah durian yang hidup di Pulau Kalimantan dan Sumatera yang banyak dicari orang karena keunikan dan kelezatan buahnnya. Bahkan beberapa diantara memiliki kulit dan buah berwarna merah, dimana lazimnya buah durian berwarna kuning mentega. Agar lebih mengenal buah khas kalimantan mirip durian yang sempat viral di beberapa media sosial, berikut beberapa buah mirip durian tersebut :

1.      Jenis durian kerantungan

Kerantungan memiliki nama latin Durio oxleyanus dan buahnya mirip dengan durian.  Kerantungan merupakan salah satu jenis kerabat mirip buah durian.  Durian jenis kerantungan ini paling banyak ditemukan di pulau Sumatera dan pulau Kalimantan . dipulau-pulau luar Kalimantan buah kerantungan sangat jarang ditemukan

buah kerantungan
gambar buah kerantungan

Ciri-ciri dari durian kerantungan adalah sebagai berikut.

Memiliki pohon yang mirip dengan durian biasa.

Bentuk dari daunnya pun juga sama seperti durian pada umumnya tetapi tulang daunnya terlihat dengan jelas dan  lebih panjang.

Memiliki bunga yang kecil serta berwarna putih.

Bagian buah kerantungan berbentuk kecil, berwarna hijau kelabu, bulat, serta memiliki duri yang agak panjang dari pada durian biasa.

Sedangkan bagian dalamnya berwarna putih tetapi ada juga yang berwarna kuning.

Teksturnya lembut dan halus.

Rasanya manis.

Itulah ciri-ciri dari kerantungan salah satu buah kerabat durian.

daging buah kerantungan
gambar daging buah kerantungan

2.      Jenis durian lai

Durian lai memiliki nama latin Durio kutejensis . Jenis lai ini hanya ditemukan diperbukitan daerah kalimantan tengah dan selatan. Di Kalimantan, lai lebih dikenal dengan sebutan Papaken, namun buah ini juga memiliki nama lokal seperti seperti durian kuning, durian tinggang, durian pulu, nyekak, ruas, sekawi, dan pekawai. Lai juga dapat ditemukan di negara lain seperti Malaysia bagian Serawak, Brunei Darussalam, dan beberapa negara lainnya tetapi populasinya tidak sebanyak yang ada di pulau Kalimantan.

Ciri-ciri dari jenis lai ini adalah sebagai berikut.

Memiliki pohon yang relatif lebih pendek tetapi kokoh.

Memiliki percabangan yang rendah serta lebih rapat dan daunnya panjang sekitar  20-25 cm dan agak tebal.

Memiliki bunga yang besar dan berwarna merah

Aroma buahnya tidak berbau menyengat seperti durian

Bentuk buahnya berwarna kuning  saat sudah masak, durinya tidak terlalu tajam, serta memiliki kulit tipis.

Tekstur dagingnya lebih padat dan tidak berair.

jenis durian lai
gambar jenis durian lai

3.      Jenis durian Tabelak

Tabelak memiliki nama latin Durio graveolens. Tabelak merupakan salah satu dari sekian banyak kerabat durian. Durian tabelak banyak ditemukan di Sabah dan hutan pedalaman Kalimantan. Tabelak juga disebut dengan durian kuning. Durian tabelak merupakan durian yang sudah mulai sulit dicari. Pasalnya, untuk membudidayakan durian tabelak tidaklah mudah. Ciri-ciri dari tabelak adalah sebagai berikut.

Bentuk pohonnya besar dan tinggi.

Tinggi pohonnya dapat mencapai kurang lebih 20 meter serta memiliki batang yang berdiameter kurang lebih 900 c,.

Bunga berwarna putih.

Bentuk buahnya bulat dan bertangkai pendek.

Berat satu buah tabelak bisa mencapai 500-900 gram.

Kulit durian tipis dan berwarna kuning.

Durinya tajam serta panjang.

Warna daging buahnya merah.

Daging buahnya tipis dengan tekstur lembut tetapi sedikit kering.

Rasanya manis.

Tidak memiliki bau yang terlalu menyengat bahkan jika dicium dari dekat.

Dapat disimpan lama.

Itulah beberapa ciri-ciri dari buah tabelak.

buah tabelak
gambar buah tabelak

4.      Jenis Durian Terutung

Terutung memiliki nama latin Durio oxyleyanus. Terutung merupakan kerabat durian yang paling banyak ditemukan di daerah Sumatera. Terutung juga sering disebut sebagai durian hutan atau durian rimbo . meskipun ukuran buahnya tidak terlalu besar namun rasanya lebih enak dibanding durian lokal lainnya. Durian ini tumbuh  liar dihutan dan sering dimakan oleh kawanan kera dan beruk.  Ciri-ciri dari terutung diantaranya adalah sebagai berikut.

Memiliki ukuran pohon yang besar.

Diameter batangnya 90 cm serta memiliki tinggi kira-kira 45 meter.

Ukuran buahnya kecil.

Rasa buahnya manis.

Tekstur buahnya lembut dan halus.

Itulah beberapa ciri-ciri dari buah terutung.

buah terutung
gambar buah terutung

5.      Jenis Durian kura-kura

Durian kura kura memiliki nama latin Durio testudinarius.Buah ini sempat viral diberbagai media sosial karena bentuknya yang aneh dan tumbuh dipangkal pohon secara bergerombol. Dikatakan sebagai durian kura-kura karena buah durian yang satu ini konon disukai oleh kura-kura. Walaupun tampak menggiurkan Buah durian endemic Kalimantan ini tidak bisa dimakan karena akan memabukkan. Bahkan petugas hutan pun sering membiarkannya tumbuh tanpa mengambilnya. Ciri-ciri dari durian kura-kura adalah sebagai berikut.

Pohonnya yang memiliki ketinggian kurang lebih 60 meter serta diamter batangnya 40-50 cm.

Bentuk buahnya bulat tetapi ada pula lonjong.

Warna buahnya hijau saat masih muda tetapi saat sudah masak berwarna kuning.

Aroma duriannya tidak terlalu tajam.

Daging buahnya bertekstur lembut tetapi sedikit berair.

Itulah beberapa ciri-ciri dari durian kura-kura.

durian kura kura
gambar durian kura kura

6.      Jenis Durian Lahung

Durian lahung memiliki nama latin Durio dulcis. Lahung lebih banyak ditemukan di daerah Kalimantan tepatnya di kawasan Hutan pedalaman Kalimantan dan Sabah. Buah Lahung termasuk tanaman buah langka dan tidak ditemukan didaerah lain.  Jika dilihat sekilat kulit buahnya malah terlihat seperti buah rambutan.  Ciri-ciri dari kerabat durian yang satu ini adalah sebagai berikut.

Pohonnya besar dan tinggi.

Tinggi pohon dapat mencapai 45 meter serta diameter batangnya 900 cm.

Kulit buah berwarna merah sebagai ciri khasnya

Buahnya berwarna bulat.

Ukuran buahnya bulat.

Duri buahnya panjang.

Kulit buahnya tebal.

Daging buahnya bertekstur halus dan lembek.

buah lahung
gambar buah lahung

Semoga artikel tentang 6 buah khas kalimantan mirip durian Berbentuk Unik dapat menambah pengetahuan kita tentang kekayaaan alam Indonesia berupa buah Lokal yang unik. Sayangnya buah Khas Kalimantan ini belum bisa bersaing dengan buah impor seperti Monthong dan Musang king. Mudah-mudahan suatu hari nanti buah lokal bisa menjadi tuan rumah dinegeri sendiri.