Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Alasan Memelihara Burung Kicau Yang Banyak Dilakukan Pria

alasan memelihara burung

Duniahobiku.com - Memelihara hewan bukan hanya sekedar hobi, namun ada alasan lain mengapa mereka mau repot-repot mengurusi hewan peliharaan di rumah, termasuk burung. Burung hias maupun burung kicau banyak dipelihara dan dikoleksi oleh para pecinta burung. Tentu saja alasan mereka memelihara burung semacam kenari, murai batu atau perkutut bukan hanya untuk diikutsertakan dalam kompetisi atau pelepas rasa stres saja, tapi memiliki alasan lain yang lebih kuat.

Alasan Memelihara Burung

Memelihara burung lebih banyak dilakukan kaum pria. Ada banyak jenis pilihan burung mulai dari burung kicau, burung yang bisa meniru suara manusia, atau burung hias seperti merak. Ada banyak sebab mengapa seseorang memelihara burung. Berikut alasan mengapa banyak orang hobi memelihara burung.

1.      Burung Menjadi Sumber Pendapatan

Burung hias dan kicau memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Beberapa jenis burung bisa berharga jutaaan rupiah bahkan jika sering juara harganya bisa seharga mobil keluaran baru. Sudah hal umum jika banyak orang memelihara burung untuk dijual kembali dengan harga tinggi atau diikutsertakan ke kompetisi agar harganya semakin melambung jika menang. Bagi mereka yang memelihara burung demi kepentingan bisnis, hal ini tentu menjadi alasan utama. Bahkan beberapa breeder burung kicau menjadikan ternak burung sebagai sumber pendapatan utama. Menurut berbagai sumber pendapatan mereka bisa mencapai puluhan juta perbulan.

peternakan burung
gambar peternakan burung

2.           Bagian Dari Budaya

Dalam kultur masyarakat Jawa, seorang pria dikatakan sempurna jika memiliki 5 unsur. 5 unsur itu antara lain rumah, istri, pusaka (keris), burung dan kuda. Kuda merupakan simbol kejayaan masa lalu. Dimasa modern kuda diibaratkan kendaraan bermotor baik motor atau mobil.  Itulah menjadi salah satu alasan mengapa orang Jawa lebih banyak memelihara burung kicau dibandingkan suku-suku lainnya.

budaya jawa
gambar budaya jawa

3.           Konon Burung Bisa Membawa Keberuntungan

Masyarakat Indonesia sangat kental dengan budaya leluhur. Masih banyak orang yang percaya bahwa alam memberikan pertanda akan terjadi sesuatu. Salah satunya suara burung malam hari bisa menjadi pertanda buruk akan ada seseorang yang akan meninggal dunia. Begitu pula dengan memelihara jenis burung tertentu bisa mendatangkan keberuntungan. Salah satu jenis burung tersebut adalah perkutut. Perkutut diyakini bisa membawa keberuntungan dan kemakmuran bagi siapapun yang memelihara. Terutama burung perkutut yang memiliki tanda dan ciri khas tertentu.

burung perkutut
gambar burung perkutut

4.           Burung Meningkatkan Rasa Ingin Tahu

Mereka yang awam soal burung tentu tertarik untuk mengetahui seluk beluk memelihara seekor burung. Hal ini memang merupakan hal baru bagi mereka yang sudah terbiasa dengan hewan peliharaan lain seperti anjing, kucing atau hamster. Memelihara langsung burung dirumah akan mempermudah kita mengamati dan mempelajari tingkal laku burung. Setiap hewan peliharaan memiliki perawatan yang berbeda-beda. Bahkan setiap jenis burung memiliki perlakuan yang berbeda sesuai dengan karakteristik burung itu sendiri.

aktivitas burung
gambar aktivitas burung

5.      Burung Membuat Saya Lebih Dihargai Dalam Komunitas.

Jika kita masuk dalam komunitas birdlovers atau komunitas burung kicau lainnya, memiliki burung dengan kualitas unggul tentunya membuat kita semakin dihargai dalam lingkungan tersebut. Kita pun bisa saling berbagi pengalaman dan kiat jitu dalam memelihara burung serta menangani jika burung terkena penyakit. Komunitas burung juga akan membawa kita dalam 1 keluarga baru yang memiliki minat dan hobi yang sama.

komunitas burung
gambar komunitas burung

6.      Burung Merupakan Teman Bagi Saya.

Mereka yang kesepian dan tinggal sendiri atau sekedar ingin melepaskan stres dan rasa penat tentunya akan sedikit merasa tenang dan rileks kembali setelah mendengarkan kicauan burung. Hal ini yang menjadikan burung sebagai sahabat karib mereka. Jenis burung peniru suara manusia seperti nuri dan beo bahkan bisa dianggap teman untuk bercakap-cakap layaknya seorang sahabat.

burung nuri
gambar burung nuri

7.      Suara Burung Baik Untuk Kesehatan

Mendengar suara burung ternyata bisa meredakan perasaan stress dan depresi. Jika suasana hati tenang maka akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh dan jiwa secara holistik. Suara burung bahkan digunakan sebagai terapi kejiwaan. Jika tidak memiliki waktu untuk memelihara burung secara langsung, kita dapat mendengarnya melalui kaset atau rekaman suara burung di Youtube.

suara burung
gambar suara burung

8.      Burung Mengingatkan Saya Akan Suasana Di Desa

Tinggal di tengah hiruk pikuk kota tentu membuat banyak orang rindu akan kampung halamannya. Tak jarang mereka yang dulunya setiap pagi dibangunkan oleh siulan burung mencoba membuat “tiruannya” dengan memelihara burung di rumah. Meskipun tidak sama persis namun setidaknya bisa mengobati rindu akan kampung halaman di desa.

suasana alam pedesaan
gambar suasana alam pedesaan

9.      Konservasi Burung

Disamping tujuan komersial dan hobi ada juga yang memelihara burung dengan tujuan konservasi burung dan kepedulian tentang populasi burung yang semakin berkurang. Indonesia memiliki kekayaan hayati tertinggi di dunia. Menurut penelitian ada sekitar 1812 spesies burung yang telah teridentifikasi dan beberapa diantaranya mengalami penurunan populasi. Ada beberapa kalangan penghobi seperti artis Irfan Hakim yang membuat Aviary untuk tujuan konservasi. Aviary adalah bangunan berukuran besar dan tertutup jaring namun hewan seperti burung dapat terbang dengan bebas seperti dialam liar. Namun untuk membangun Aviary tentu harus ada kordinasi yang baik dengan pihak berwenang. Mengingat ada beberapa jenis hewan yang dilindungi secara hukum.

aviary milik irfan hakim
gambar aviary milik irfan hakim

Semoga artikel tentang alasan seseorang memelihara burung dapat menambah pengetahuan kita semua. Populasi burung yang semakin menyusut dan perburuan liar perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak terkait. Agar nantinya anak cucu kita bisa mendengarnya langsung di alam dan bukan melalui sebuah rekaman audio dan video.