Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia 7 Sumur Keramat Di Sekitar Makam Sunan Gunung Jati

 7 sumur keramat sunan gunung jati

Duniahobiku.com - Di antara tempat keramat yang berkaitan dengan riwayat Sunan Gunung Jati terdapat 7 sumur keramat yang masih menyimpan misteri. Bahkan sampai sekarang sumur yang menyimpan berbagai misteri ini, masih didatangi peziarah dari berbagai tempat. Baik mereka yang butuh berkah kesehatan, kekayaan, kesejahteraan hidup, hingga urusan asmara dan pengasihan. Kali ini kami akan mengulas sedikit mengenai 7 Sumur Keramat di sekitar makam Sunan Gunung Jati.

Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah, dikenal sebagai seorang waliyullah yang mempunyai bakat sebagai negarawan. Kebijaksanaannya mampu menjadi teladan bagi negeri ini yang sedang krisis kepemimpinan. Selain tersohor dengan kepiawaiannya dalam mengolah/tata negara. Riwayat Sunan Gunung Jati juga menyimpan kekeramatan dan kemistikan tersendiri. Terutama 7 sumur keramat di sekitar makam beliau.

7 Sumur Keramat Sunan Gunung Jati

Banyak yang membuktikan bahwa tujuh sumur di sekitar makam Sunan Gunung Jati memiliki tuah dan manfaat yang baik bagi siapa saja yang menggunakan air yang bersumber dari sumur tersebut. Ada yang menggunakannya untuk mandi, membasuh muka atau meminum airnya untuk suatu tujuan tertentu. Adapun ke tujuh sumur tersebut adalah sebagai berikut :

1.      Sumur Kejayaan Sunan Gunung Jati

Lokasi dari sumur ini terletak di desa Astana Gunung Jati dan sumur ini dipercaya masyarakat untuk memperoleh keselamatan dan perlindungan diri dari serangan jahat atau nasib buruk. Sumur ini memiliki makna barang siapa saja yang berusaha menjauhkan dirinya dari perbuatan maksiat kepada Allah berarti orang tersebut jaya, sesungguhnya seseorang itu telah ditolong oleh Allah sehingga ia mampu mengalahkan hawa nafsunya dan untuk perlindungan.

2.      Sumur Tingangpati

Dipercaya masyarakat sekitar sebagai sumur untuk menghilangkan sifat-sifat yang buruk pada diri manusia seperti dengki, riya, ujub, sombong dll.

3.      Sumur Jalatunda

Asal usulnya pada waktu itu Sunan Kalijaga sedang berada di tempat Sunan Gunung Jati untuk acara perkumpulan para Wali Songo, pada waktu itu Sunan Kalijaga tanpa sengaja meninggalkan jalanya di suatu tempat, di tempat itulah kemudian muncul sebuah sumur. Sumur Jalatunda dipercaya masyarakat memiliki makna jika manusia ingin melakukan perbuatan yang baik janganlah ditunda-tunda karena manusia di dunia itu tak pernah tahu kapan dan jam berapa akan meninggal dunia dan menghadap sang Pencipta.

4.      Sumur Kemuliaan

Banyak yang membuktikan kekeramatan sumur kemuliaan ini, baik peziarah yang datang dari sekitar Cirebon, maupun mereka yang datang dari luar kota bahkan luar Pulau Jawa. Secara maknawi sumur ini adalah jika ada manusia yang bersungguh-sungguh untuk menjalani makna-makna yang terkandung di dalam 3 sumur sebelumnya (Sumur Kejayaan, Sumur Tingangpati dan Sumur Jalatunda) insyaAllah seseorang tersebut akan diangkat derajatnya dihadapan sang Pencipta.

5.      Sumur Jati

Sumur ini memiliki makna bahwa ajaran-ajaran syariat Agama Islam yang sempurna dan mulia, yang harus selalu kita junjung tinggi dan kita amalkan di dalam kehidupan sehari-hari. Secara filosofis, Jati juga bermakna sejati. Kita hidup di dunia pasti ada tujuan dan maksud tertentu bukan hanya sekadar materi dan jasadiah (hal-hal yang berkaitan dengan fisik) semata.

Jati juga berarti hakikat. Inti dari hidup manusia. Bahwa manusia selain sebagai makhluk jasad/fisik. Juga sebagai makhluk batin/ruhaniah. Sehingga peran manusia di dunia tidak hanya di hadapan sesamanya. Tetapi juga di hadapan sang Pencipta.

6.      Sumur Kesepuhan

Berarti sumur yang sudah tua atau dewasa, berkah sumur ini yaitu sebagai wasilah memberi perlidungan dan pemenuhan kebutuhan. Baik yang bersifat material maupun spiritual, baik dalam berfikir bertindak, dan bersikap adil, yang dimaksud adil itu adalah bisa menempatkan masalah pada tempatnya masing-masing, sumur kesepuhan itu berada di pertamanan kesepuhan Astana Gunung Sembung.

Sebagaimana kata kesepuhan yang berasal dari kata “sepuh” bermakna “tua”. Karakter tua merupakan teladan dan kepemimpinan. Sumur Kesepuhan ini sering didatangi mereka yang menghendaki berkah jabatan, kepemimpinan, dan kharisma. Maka tak heran di waktu-waktu mendekati pemilu banyak para calon pemimpin yang akan bertarung di pemilu, ngalap berkah di Sumur Kesepuhan ini.

7.      Sumur Kanoman.

Sumur Kanoman ini beda dengan sumur Kesepuhan, karena sumur kanoman ini sumur muda, sumur ini memiliki sifat yang akan melahirkan sikap rendah hati dan tawaddu’serta jauh dari sifat adigang adigung adiguna, seperti : takabur, sombong, riya.

Dari berbagai sumber mengenai makna sumur kanoman, terdapat suatu simpulan bahwa sumur kanoman ternyata sering didatangi mereka yang ingin mendapat berkah kesehatan dan awet muda. Bahkan ada pula yang menyatakan mereka yang pernah datang ke tempat ini dalam keadaan sakit paru-paru. Bisa sembuh dan kembali sehat seperti sedia kala. Apakah itu hanya placebo atau benar-benar sembuh, masih perlu mendapat kajian tersendiri.

Lokasi sumur 7 Sunan Gunung Jati

Lokasinya terletak di jl. Alun-alun Ciledug no.53 Astana Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon-Jawa Barat.

Demikianlah manfaat ziarah ke makam Sunan Gunung Jati. Memohon perlindungan, kesejahteraan, ketentraman, sebenarnya bisa kita lakukan dimanapun dan hanya kepada Allah SWT. Adapun bila kita ingin memohon ditempat tersebut juga boleh. Namun, sebagai perantara atau wasilah semata.

Hanya saja niat hati tidak boleh meminta pada sumur karena akan menuju kemusyrikan. Sumur sumur tersebut cukup kita tempatkan sebagai petilasan sejarah perkembangan Islam di tanah Jawa yang disebarkan oleh salah satu dari Wali Songo yaitu Sunan Gunung Jati. Beliau patut kita teladani perjuangan dakwahnya, ketaqwaannya, kedermaannya, dan perhatiannya kepada fakir miskin. Baiknya pula, kita menghormati keberadaan sumur tersebut sebagai bentuk kekayaan budaya nusantara yang perlu kita jaga kelestariannya.