Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Trik Rahasia Mancing Ikan Mas Para Juara Lomba Mancing

 rahasia mancing ikan mas

Duniahobiku.com - Ikan mas merupakan ikan paling banyak dijadikan ikan target para pemancing ikan baik itu dalam lomba memancing harian ataupun lomba galatama. Bukan hanya sebagai target mancing, ikan mas juga sering dibudidayakan oleh para pembudidaya ikan karena nilai konsumsi yang lumayan mahal jika dibandingkan dengan ikan lainnya selain itu kebutuhan akan permintaan ikan mas dipasaran tidak pernah berhenti hal ini karena daging ikan mas memiliki cita rasa yang lezat dan gurih. Setiap pemancing tentunya memiliki trik dan rahasia mancing ikan mas yang berbeda. Artikel kali ini akan membagi trik rahasia tersebut.

Trik Rahasia Mancing Ikan Mas

Mungkin untuk para pemancing ikan untuk mendapatkan ikan mas yang banyak bisa dikatakan susah, baik saat mancing ikan mas di alam apalagi saat mancing ikan mas pada lomba galatama, hal ini karena ikan mas sangat memilih makanan apalagi jika kondisi air dan cuaca tidak mendukung ini akan sangat sulit bagi para pemancing untuk bisa mendapatkan ikan mas yang sangat banyak. Selain umpan yang jitu dan ampuh untuk ikan mas anda juga harus memperhatikan hal lainnya yang sangat berpengaruh dalam memancing ikan mas dan ini merupakan rahasia para pemancing ikan untuk mendapatkan ikan mas yang banyak, jika anda penasaran rahasia apa saja agar bisa mendapatkan ikan mas yang banyak baik saat mancing harian di sungai, danau, waduk, kolam pemancingan ataupun saat mengikuti lomba mancing galatama, berikut Trik Rahasia Mancing Ikan Mas Para Juara Lomba Mancing yang harus anda ketahui dan perlu dicoba.

Berikut cara mancing ikan mas agar dapat banyak :

1.      Pilih Senar Yang Tepat

Gunakan senar pancing yang halus, kuat, dan kecil. Karena ikan mas sangat teliti saat memakan umpan, terlihat sedikit saja senar pancing anda maka ikan mas tidak akan memakan umpan anda.

senar pancing ikan mas
gambar senar pancing ikan mas

2.      Perlengkapan Pancing Yang Lengkap

Untuk memancing ikan mas kita perlu banyak peralatan yang lengkap. Mulai dari senar pancing, joran, dan reel. Jangan lupa gunakan juga pelampung. Kelengkapan pancing akan memudahkan anda saat ingin mengganti mata kail ataupun piranti pancing lainnya.

perlengkapan pancing
gambar perlengkapan pancing

3.      Pilih Mata Kail Yang Sesuai

Dalam menggunakan kail dan menentukan besarnya kail pancing yang akan kita gunakan untuk ikan mas kita harus menentukan besar kecilnya ikan mas target kita, untuk ukuran kail pancing yang pas untuk ikan mas adalah ukurannya separuh dari besarnya mulut ikan mas target anda.

rangkaian pancing ikan mas
gambar rangkaian pancing ikan mas

4.      Gunakan Pelampung Ukuran Kecil

Dalam menggunakan pelampung, gunakanlah pelampung dengan diameter yang kecil namun pas dengan pemberat. Tujuannya agar ikan mas tidak terganggu dengan keberadaan pelampung, tapi pelampung tersebut tetap berfungsi dengan baik sebagai petanda ikan mas memakan umpan. Untuk mengatur pelampung usahakan pelampung agak terdendam air agar pelampung tidak membentuk bayangan.

pelampung ikan mas
gambar pelampung ikan mas

5.      Teknik Melempar Umpan

Saat tehnik melempar umpan, lemparkan umpan pada spot dimana ikan berada namun jangan terlalu pas tepat di atas kepalanya karena akan membuat ikan mas menghindar dan menjauh.

teknik melempar umpan ikan mas
gambar teknik melempar umpan ikan mas

6.      Tarik Joran Dengan Tenaga Yang Pas

Jika pelampung atau senar bergerak tenggelam itu tandanya ikan mas memakan umpan anda, silahkan tarik joran pancing anda agar kail menancap pada bibir ikan mas, namun jangan terlalu keras karena mulut ikan akan robek dan ikan mas bisa meloloskan diri. Jika dirasa berat ikan mas terlalu besar dan tidak mungkin diangkat dengan kail anda maka gunakan serokan ikan untuk mempermudah mengangkat ikan mas hasil target anda.

menarik ikan mas ke tepi
gambar menarik ikan mas ke tepi

7.      Rahasia Umpan Ikan Mas

Umpan yang jitu dan ampuh. Umpan merupakan bahasan utama para pemancing ikan mas baik itu saat mancing harian ataupun lomba galatama. Mereka mencari informasi dan racikan tentang umpan ikan mas yang jitu dan ampuh. Untuk umpan anda bisa mencari informasi diinternet dan forum-forum mancing ataupun bisa menanyakan langsung ke para pemancing yang sudah profesional.

meracik umpan ikan mas
gambar meracik umpan ikan mas

8.      Sabar

Sabar. Ini merupakan kunci paling utama para pemancing ikan mas. Jika semua hal tadi sudah dilakukan dengan benar namun ikan mas belum juga memakan umpan anda maka anda harus bersabar. Karena terkadang memancing ikan juga membutuhkan kesabaran dan keberuntungan selain tehnik dan teori mancing.

mancing melatih kesabaran
mancing melatih kesabaran

Itulah 8 Trik Rahasia Mancing Ikan Mas Para Juara Lomba Mancing, semoga bisa membantu anda para pemancing ikan terutama para pemancing ikan mas, baik mancing harian ataupun lomba galatama yang sedang mencari informasi tentang tips rahasia mancing ikan mas agar dapat banyak.