Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Perbedaan ikan segar dan ikan busuk Yang Perlu Anda Ketahui

perbedaan ikan segar dan ikan busuk

Duniahobiku.com -  Ikan segar tentunya lebih nikmat dikomsumsi dibandingkan ikan yang telah dieskan berhari-hari. Namun sayangnya beberapa oknum pedagang  ikan sering berbuat curang dengan menjual ikan yang sudah busuk.  Lalu bagaimana agar kita tidak tertipu ? Tentu saja kita perlu belajar mengetahui apa perbedaan ikan segar dan ikan busuk.  Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa saja perbedaan ikan segar dan ikan busuk dan ciri-cirinya.

Perbedaan Ikan Segar dan Ikan Busuk

Indonesia merupakan negara kepulauan penghasil ikan terbesar didunia. Indonesia bahkan tercatat sebagai penghasil komoditas perikanan laut terbesar kedua setelah China. 3,25 juta km2 wilayah Indonesia  merupakan lautan dan 2,55 juta km2 merupakan zona ekonomi ekslusif.   Angka komsumsi ikan nasional mencapai 55,37 kg/ kapita. Data ini dikeluarkan kementerian kelautan dan perikanan (KKP) di tahun 2021. Jadi tidak heran kalau masyarakat Indonesia memiliki kemudahan mengakses ikan sebagai lauk pauk sehari-hari. Kita kadang melihat atau membaca berita tentang beredarnya  ikan yang sudah tidak layak bahkan telah membusuk masih diperjualbelikan. Tentu saja berita ini membuat kita khawatir, apalagi dengan trik tertentu ikan bisa  terlihat seperti masih segar.

Agar nantinya kita dapat terhindar dari pembelian ikan yang busuk pastinya kita harus mengetahui terlebih dahulu ciri – ciri ikan segar dan ikan busuk  antara lain :

Ciri ciri ikan segar  dan Ikan Busuk

1. Ikan Memiliki Insang Berwarna Merah dan tidak pucat

insang ikan segar biasanya berwarna merah merekah dan tampak menarik. Ikan yang sudah busuk memiliki insang berwarna merah pucat hingga putih. namun dalam beberapa kasus insang ikan  tidak dapat dijadikan sebagai patokan. sebab ada beberapa ikan yang jika di masukkan kedalam es insangnya tidak tampak merah. Bahkan dengan trik tertentu insang yang sudah terlihat pucat bisa dibuat menjadi merah kembali dengan bantuan bahan bahan tertentu. Dalam kasus ini kita perlu melihat ciri-ciri lain pada ikan.

gambar perbedaan ikan segar dan ikan busuk
gambar perbedaan ikan segar dan ikan busuk

2. Mata Ikan Terlihat Segar

Mata ikan segar biasanya kelihatan jernih dan cerah.  berbeda dengan ikan yang sudah busuk biasanya matanya akan tampak berwarna putih atau pucat. Bagian mata juga terlihat menonjol sedangkan ikan busuk akan terlihat tenggelam dan terlihat ada selaput putih, hampir mirip dengan gejala katarak.

perbedaan mata ikan segar dan ikan busuk
gambar perbedaan mata ikan segar dan ikan busuk

3. Lendir ikan Segar dan Ikan Busuk

Lendir ikan yang masih segar biasanya akan tampak jernih dan transparan.   ikan busuk memiliki lendir  berwarna pucat dan tampak sangat lengket. Ikan berubah menjadi busuk karena disebabkan oleh berbagai hal seperti aktivitas enzim, pertumbuhan mikroorganisme dan adanya perubahan biokimia didalam tubuh ikan.

lendir pada ikan segar
gambar lendir pada ikan segar

4. Bau Amis Pada Ikan

ikan segar akan berbau amis layaknya ikan pada umumnya sedangkan ikan yang sudah membusuk baunya tidak sedap saat dicium. selain itu akan tampak banyak lalat disekitar ikan tersebut. Bau busuk ini disebabkan oleh bakteri dan aktivitas enzim. Ikan busuk akan menjadi sarang bakteri dan berbahaya jika dikomsumsi oleh manusia.

bau amis pada ikan
bau amis pada ikan

5. Daging Lebih Keras dan kenyal

Daging ikan yang masih segar atau fresh tampak akan lebih keras dan kenyal serta tidak mudah hancur atau lepas jika di cuil atau di cubit.  berbeda dengan ikan yang sudah membusuk akan tampak lebih mudah di cuil dan mudah terurai. Pada saat menekan ikan yang mulai membusuk maka bagian yang tubuh yang ditekan akan tetap dan tidak kembali seperti semula.

perbedaan daging ikan segar dan ikan busuk
gambar perbedaan daging ikan segar dan ikan busuk

6. Permukaan Kulit Ikan Lebih cemerlang

ikan yang masih segar akan tampak lebih segar dengan warna lebih cemerlang. Sisik ikan akan terlihat mengkilat dan keras.  Ikan yang sudah membusuk akan terlihat pucat dan kusam dan terlihat seperti ada bercak-bercak di permukaan kulit ikan.

perbedaan permukaan kulit ikan segar dan ikan busuk
gambar perbedaan permukaan kulit ikan segar dan ikan busuk

Mengetahui perbedaan ikan segar dan ikan busuk sangat berguna saat kita akan melakukan pembelian dipasar tradisional atau modern. Kita akan memperoleh ikan segar sesuai keinginan dan tentu saja rasanya jauh lebih nikmat dan bergizi.