Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mitos Atau Fakta: Kopi Merusak Gigi

 

kopi merusak gigi

Duniahobiku.com - Kopi merusak gigi? Pernah mendengar kalimat ini? Sebagai pecandu kopi penulis lalu mencari tahu apakah ini sebuah mitos atau fakta. Setelah membaca sana sini ternyata pro dan kontra bahwa kopi bisa merusak kesehatan gigi masih terjadi. Silang pendapat para ilmuwan tentang manfaat dan bahaya minum kopi belum mencapai kesepakatan. Lalu apakah saya harus berhenti minum kopi? Temukan faktanya sebelum anda meninggalkan "kenikmatan kopi" dalam secangkir kopi panas.

Apakah Kopi Bisa Merusak Gigi?

Kopi adalah salah satu minuman paling banyak dikonsumsi di dunia. Setiap hari ada ratusan juta kopi yang tersedia dipagi hari untuk membuat mata terjaga sepanjang hari. Kopi tidak hanya membantu beraktivitas di pagi hari. Akan tetapi juga terbukti meningkatkan energi, menajamkan pikiran, bahkan mencegah kanker prostat.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa biji kopi yang sudah dipanggang, melawan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi. Ini adalah berita terbaik bagi para pecinta kopi di seluruh dunia!

Kopi mencegah gigi berlubang
 Kopi mencegah gigi berlubang 

Banyak penelitian membuktikan bahwa manfaat minum kopi baik untuk kesehatan secara umum. Ternyata sekarang ada bukti lagi bahwa kopi dapat mencegah gigi berlubang. Penelitian yang dilakukan ilmuwan di Universitas Federal Rio de Janeiro Brazil menunjukkan bahwa kandungan dalam kopi bisa mencegah kerusakan gigi. Plak yang menempel pada gigi bisa dihancurkan oleh kandungan zat dalam segelas kopi.

Penelitian lain juga dilakukan di Universitas Boston dan hasilnya membuktikan bahwa kandungan zat dalam kopi bisa mencegah penyakit periodontal. Periodontal merupakan penyakit yang membuat peradangan pada gusi dan tulang rahang. Penelitian ini melakukan survei terhadap 1000 responden berusia 30 tahun dan berjenis kelamin pria. Hasilnya menunjukkan bahwa responden yang meminum minimal secangkir kopi setiap hari hanya sedikit mengalami masalah pada gigi dan tulang rahang. 

Pasti anda langsung tersenyum jika tahu fakta ini ya kan? Apalagi jika anda adalah salah satu orang yang jarang menggosok gigi.

Oke, jangan langsung senang begitu saja! Sekarang kita akan mengupas lebih dalam lagi hubungan antara kopi dengan gigi kita.

Apakah Kopi Bisa Membuat Gigi Kuning?

Umumnya minuman yang sering disajikan pagi hari adalah kopi dan teh.  Keduanya mengandung tanin dan kafein yang bisa menyebabkan gigi kuning. Saat meminum kopi kandungan tanin akan menempel disela-sela gigi dan lapisan gigi terluar.  Jika tidak dibersihkan lama kelamaan bisa merubah warna gigi yang semula putih menjadi kuning. Tapi bukan kopi dan teh saja yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Minuman bersoda dan berwarna juga bisa membawa pengaruh terhadap kesehatan gigi.

kopi membuat gigi kuning
kopi membuat gigi kuning

Kopi juga mengandung asam yang sangat tinggi. Ini adalah asam yang keras pada email gigimu. Resiko minum terlalu banyak cairan berasam tinggi seperti kopi, dapat melemahkan email anda. Enamel adalah sesuatu yang melindungi gigi. Ketika enamel melemah atau aus, maka gigi menjadi lebih rentan terhadap kerusakan. Gigi menjadi kuning dan gusi menjadi hitam juga bisa disebabkan oleh hal lain. Kebiasaan merokok, pola hidup tidak sehat, karies gigi, jarang sikat gigi, dll juga menjadi penyebab kesehatan gigi dan gusi menurun.

Cara Minum Kopi Yang Aman Untuk Gigi

Kopi memang memiliki manfaat untuk kesehatan tetapi disisi lain komsumsi kopi secara berlebihan juga bisa menimbulkan dampak  bagi kesehatan. Bagi penikmat kopi, sulit untuk melepaskan jerat dari segelas kopi. Namun ada cara untuk menikmati kopi namun tetap aman dari efek negatif yang terkandung dalam kopi.

1. Minum Kopi + Serat

Pertama-tama, anda bisa minum kopi dengan makan atau camilan sehat yang tinggi serat. Aktivitas mengunyah menghasilkan air liur yang menetralkan asam makanan untuk melindungi gigi. Komsumsi buah-buahan yang banyak mengandung serat seperti jeruk, apel, pisang, dll dapat membantu membersihkan gigi.

2. Minum Air Putih

Anda  bisa mengimbangi asupan kopi dengan memperbanyak minum air putih. Air akan mengencerkan asam dan membersihkannya dari gigi. Sehingga tidak akan menggerogoti email gigi anda.  Minum air adalah solusi yang baik untuk melindungi gigi. Minumlah air putih setelah minum kopi. Cara ini akan membersihkan pigmen dan mencegahnya menodai gigi.

3. Minum Kopi Hitam Tanpa gula

Studi menunjukkan bahwa pengurangan kerusakan gigi hanya untuk orang-orang yang meminum kopi hitam tanpa gula. Jadi, jika anda menambahkan gula, krim atau susu maka kerusakan gigi dapat terjadi. Kandungan pada gula, susu atau krim bisa menjadi celah bakteri berkembangbiak didalam mulut dan menyebabkan kerusakan gigi.

Kopi sangat baik bisa menodai gigi. Faktanya, bukan rahasia lagi bahwa kopi adalah salah satu pewarna gigi terbesar di luar sana. Kopi mengandung pigmen gelap yang dapat menempel pada email gigi. Seiring berjalannya waktu, pigmen ini dapat menguningkan gigi dan menggelapkan senyum anda. Ada mitos yang mengatakan bahwa menambahkan krim ke kopi akan mencegahnya menodai gigi. Tapi kenyataannya tidak seperti itu.

Pigmen gelap tetap ada. Bahkan jika anda mencampurnya dengan produk susu. Seperti yang disebutkan di atas, menambahkan krimer dapat menghilangkan manfaat kesehatan dari kopi.

4. Sikat Gigi Lebih Sering

Menyikat gigi setiap makan dan minum kopi sangat dianjurkan untuk membersihkan sisa makanan dan minuman yang menempel di sela-sela gigi. Jika dibiarkan sisa kopi, gula dan susu pada kopi dapat mempercepat kerusakan gigi.

5.      Bersihkan Gigi 6 Bulan Sekali

Bersihkan gigi anda setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi untuk menjaga kesehatan sekaligus membersihkan plak dan karang gigi. Jika dibiarkan tanpa penanganan kerusakan gigi bisa makin meluas dan menimbulkan dampak kesehatan gigi yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jika gigi anda bernoda akibat minum kopi, maka anda harus mempertimbangkan solusi pemutihan gigi profesional. Sebelum itu, perlu diingat bahwa pemutihan gigi sifatnya tidak permanen. Hal ini tergantung pada kebiasaan dan gaya hidup anda.

Setelah membaca artikel tentang kopi merusak gigi anda bisa menyimpulkan apakah itu hanya sebuah mitos atau fakta. Meskipun pro dan kontra tentang bahaya dan manfaat kopi masih diperdebatkan dokter dan ilmuwan namun bagi penikmat kopi melewati hari tanpa segelas kopi akan terasa seperti kehilangan sesuatu.