Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Manfaat Dan Kegunaan Jagung Dalam Kehidupan Manusia

manfaat dan kegunaan jagung

Duniahobiku.com - Jagung nerupakan salah satu jenis tanaman multifungsi. Ada berbagai jenis jagung yang anda di dunia dan setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hampir semua bagian tanaman jagung bisa dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Batang, daun, kulit, biji bahkan bonggol jagung bisa digunakan baik sebagai pakan ternak atau untuk industri. Besarnya potensi pasar membuat luas areal penanaman jagung semakin meningkat dari tahun ke tahun. Apakah manfaat dan kegunaan jagung hanya untuk pakan ternak semata? Ternyata tanaman jagung memiliki potensi yang jauh lebih luas. Agar lebih jelasnya silahkan simak pada penjelasannya selengkapnya.

Manfaat dan Kegunaan Jagung

Tanaman jagung memiliki nama latin Zea mays L dan menjadi tanaman penting dalam kehidupan manusia.  Tanaman jagung termasuk tanaman yang mudah tumbuh. Tanaman ini bisa tumbuh di dataran rendah  hingga dataran tinggi. Waktu tanam hingga panen tergolong singkat (sekitar 3-3,5 bulan). Sekitar 70% dari hasil produksi jagung digunakan sebagai bahan komsumsi. Selain sebagai bahan pangan, jagung juga dimanfaatkan sebagai bahan baku pendukung industri. Secara garis besar manfaat dan kegunaan jagung dibagi menjadi 3 kelompok, antara lain :

1.      Bahan Pangan

Produksi jagung nasional pada tahun 2021 ditaksir mencapai 15,79 juta ton. Produksi ini dipasok dari berbagai daerah sentra tanaman jagung di Indonesia. Sebagian dari produksi tersebut digunakan sebagai bahan pangan. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia jagung telah menjadi komsumsi sehari-hari. Umumnya jagung diolah terlebih dahulu sebelum dikomsumsi. Nasi jagung, jagung bakar, perkedel, bubur jagung, jagung rebus, jagung susu keju (jasuke), bakwan, dll. Belum lagi olahan makanan tradisional masyarakat indonesia yang memanfaatkan jagung sebagai bahan utama. Mungkin ada yang pernah mencicipi bubur Manado, binte, grontol jagung, dll. Semua makanan tersebut menggunakan jagung sebagai bahan utamanya.

jagung bakar
gambar jagung bakar

2.      Bahan Pakan Ternak

Jagung merupakan salah satu bahan pokok dalam pembuatan pakan ternak. Hampir sekitar 50% pakan ternak terbuat dari tanaman jagung. Kandungan protein yang tinggi membuat jagung selama ini menjadi primadona dalam meracik pakan. Diperkirakan kebutuhan jagung sebagai pakan ternak mencapai 10,76 juta ton pada tahun 2021. Umumnya jagung dicampur bersama bahan pakan lain seperti dedak, shorgum, pakan hijauan, tepung ikan, dll. Namun dibeberapa daerah pedesaan jagung terkadang dijadikan bahan pakan utama. Pakan ternak berbahan jagung umumnya diberikan pada hewan ternak ayam, itik, dan puyuh.

jagung pakan ternak
jagung pakan ternak

3.      Bahan Baku Industri

Produk olahan jagung umumnya berasal dari industri baik skala rumah tangga maupun pabrik. Ada banyak produk olahan jagung yang sering kita jumpai di pasaran. Namun secara garis besarnya terbagi menjadi  beberapa produk antara lain :

Industri giling kering dimana industri ini menghasilkan produk berupa tepung jagung.

Industri giling basah dimana industri ini menghasilkan produk berupa pati, gula jagung, sirup, gula jagung, minyak dan dextrin.

Industri destilasi dan fermentasi industri ini menghasilkan produk seperti etil alkohol, aseton, asam sitrat, asam laktat, gliserol, dll. Saat ini dunia sedang mengembangkan bahan bakar alternatif yang berasal dari hasil destilasi tanaman jagung. Amerika dan Brasil merupakan negara terbesar penghasil etanol di dunia.

jagung bahan baku etanol
jagung bahan baku etanol

Tanaman jagung memang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Hampir semua bagian pada tanaman dapat dimanfaatkan. Selain manfaat diatas ada beberapa kegunaan tanaman jagung diantaranya :

Batang dan daun muda untuk pakan ternak seperti ayam, itik, dan kambing.

Batang dan daun yang telah tua saat panen masih bisa dimanfaatkan dalam pembuatan pupuk kompos.

Batang dan daun tua yang telah mengering di kebun bisa dimanfaatkan sebagai kayu bakar. Jika diolah dengan teknologi yang tepat maka bisa dihasilkan briket arang sebagai pengganti kayu bakar.

Batang jagung juga sering digunakan sebagai lanjaran (turus) untuk beberapa jenis tanaman merambat.

Batang jagung sering diolah menjadi pulp (bahan baku kertas).

Semoga artikel tentang manfaat dan kegunaan jagung dalam kehidupan manusia dapat bermanfaat. Setelah membaca artikel diatas tentunya kita dapat melihat potensi tanaman jagung yang sangat besar sehingga nantinya kita tidak perlu melakukan impor dari negara lain. Tinggal bagaimana petani dan pemerintah bisa bersinergi dengan baik sehingga terjadi win-win solution bagi kedua belah pihak.