Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kelebihan Dan Kekurangan Sepeda Listrik Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

kelebihan dan kekurangan sepeda listrik

Duniahobiku.com - Kenaikan harga bahan bakar membuat banyak orang melirik kendaraan alternatif.  Salah satunya adalah sepeda listrik dengan tenaga baterai. Sepeda jenis ini dikenal dengan nama sepeda listrik, e-bike, atau powerbike. Selain bisa tetap berolahraga anda bisa menghemat tenaga dengan menggunakan sepeda listrik. Pengguna sepeda listrik kian hari makin meningkat dan mungkin anda salah satu yang tertarik memilikinya. Namun sebelum anda membelinya ada baiknya kita mengetahui kelebihan dan kekurangan sepeda listrik. Informasi ini penting agar nantinya tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Kelebihan dan kekurangan sepeda listrik

Sepeda listrik semakin mudah kita temukan, baik dijalan raya maupun perumahan. Sepeda listrik merupakan gabungan antara sepeda dan motor. Sepeda listrik masih memiliki pedal seperti sepeda standar sehingga berfungsi layaknya sepeda untuk berolahraga. Namun bahan bakar yang digunakan bukan menggunakan bensin namun memakai baterai. Sepeda listrik memiliki banyak kelebihan sebagai kendaraan alternatif. Namun dibalik keunggulannya tentu saja e-bike ini juga memiliki kekurangan. Berikut beberapa kekurangan dan kelebihan sepeda listrik ;

Kelebihan sepeda Listrik :

1. Ramah lingkungan dan tidak menghasilkan asap kendaraan

2. Ada 2 pilihan mode : mode kayuh dan mode menggunakan tenaga baterai

3.  Menghemat tenaga. Sepeda ini bahkan bisa digunakan kaum manula dan orang-orang dengan kemampuan fisik terbatas.

4. Bisa lebih cepat sampai karena ukurannya yang lebih kecil

5. Cocok digunakan sebagai transportasi jarak dekat

6. Tidak Memerlukan surat kendaraan seperti pada kendaraan motor dan mobil .

7. Ukurannya lebih kecil dan lebih ringan dibanding motor.

sepeda listrik xiaomi
gambar sepeda listrik xiaomi

Kekurangan Sepeda Listrik

Dibalik kelebihannya sepeda listrik juga memiliki kekurangan, antara lain ;

1. Lebih Mahal

Harga lebih mahal dibandingkan sepeda standar. Harga sepeda listrik bisa 2-4 kali lipat dibandingkan sepeda standar. Mahalnya harga sepeda listrik karena adanya penambahan komponen dan bahan-bahan yang digunakan.

2. Rutin Mengisi Daya

Harus selalu melakukan isi ulang saat baterai telah habis. Sepeda listrik bisa menempuh jarak 30-50 km setiap melakukan pengisian ulang. Lamanya pengisian tergantung spesifikasi sepeda listrik.

3.  Beban Terbatas.

Sepeda listrik memiliki beban maksimal sekitar 125 kg tergantung spesifikasi sepeda listrik. Tidak disarankan mengangkut beban lebih dari yang telah ditentukan.

4. Akselarasi Kurang Stabil

Perpindahan kecepatan tidak sebaik sepeda motor pada umumnya. Perpindahan kecepatan juga dipengaruhi oleh daya baterai. Baterai yang akan habis akan membuat sepeda tersendat sebelum kehabisan daya.

5. Tidak Bisa Digunakan Untuk Perjalanan Jauh

Pengisian daya hanya bisa digunakan untuk jarak tempuh tertentu. Saat melakukan perjananan jauh kita akan kesulitan memperoleh sumber listrik, terutama didaerah yang belum terjangkau jaringan listrik.

6. Bengkel Resmi Masih Terbatas

Sepeda motor pada umumnya telah memiliki jaringan pemasaran dan bengkel resmi yang tersebar hampir diseluruh indonesia. hal ini akan memudahkan pelanggan jika terdapat masalah pada sepeda motor. Sepeda listrik masih terbilang baru sehingga masih membutuhkan infrastruktur dan jaringan purna jual yang kuat. Mungkin saja kedepannya sepeda listrik bisa mengikuti langkah yang dilakukan perusahaan sepeda motor dalam menyediakan layanannya.

7. Usia Baterai Terbatas

Menurut perkiraan baterai sepeda listrik bisa bertahan sekitar 3-5 tahun. Namun ini semua tidak lepas dari cara anda merawat dan mengisi baterai. Semakin baik perawatan yang dilakukan maka baterai akan semakin awet.

sepeda listrik
gambar sepeda listrik

Tips Memilih Sepeda Listrik

Sebelum melakukan pembelian sepeda listrik ada baiknya melihat dan membandingkan antara sepeda listrik yang satu dengan lainnya. Bisa juga mendengar dan mencari tahu pengalaman teman atau kerabat yang sudah menggunakan sepeda listrik. Berikut beberapa tips memilih sepeda listrik :

1. Pilih Sesuai Dengan Kebutuhan

Ada banyak jenis sepeda listrik, masing-masing pabrik memiliki keunggulan dan kekurangan. Baik itu dari segi harga, desain dan kekuatan sepeda listrik. Pilihlah yang menurut anda sesuai dengan kebutuhan anda.

2. Garansi Pabrik

Cek berapa lama pihak toko/pabrik memberikan garansi. Garansi ini sangat berguna jika terjadi kerusakan sebelum masa garansi habis. Garansi akan membuat kita akan merasa lebih nyaman dan aman saat melakukan transaksi.

3. Layanan Purna Jual

Tanyakan bagaimana layanan purna jual. Jangan sampai layanan yang anda peroleh hanya sampai waktu tahap pembelian. Jika terjadi kerusakan anda akan bingung harus kemana dan bagaimana mengatasinya.

4. Periksa Fisik Sepeda Listrik

Sebelum kata "deal” ada baiknya anda memerikasa fisik kendaraan. Periksa secara teliti bagian-bagian sepeda dan jika memungkinkan anda bisa mencobanya terlebih dahulu. Saat pengiriman bisa saja terjadi lecet dan kerusakan pada sepeda listrik yang akan anda beli.

5. Periksa Jenis Baterai Yang Digunakan

Setiap baterai memiliki kemampuan menyimpan listrik yang berbeda. Anda bisa menanyakan dan melihat spesifikasi dari jenis baterai yang digunakan. Hal ini bermanfaat untuk memperkirakan besarnya daya dan biaya listrik yang nantinya digunakan.

6. Cari Tahu Bahan Dan Komponen Sepeda

Setiap pabrik membuat bahan sepeda listrik yang berbeda sesuai dengan harga dan spesifikasi. Semakin baik kualitas bahan pembuatnya maka harga sepeda listrik akan semakin mahal. Anda bisa menanyakan kepada penjual bahan dari sepeda listrik tersebut dan komponen apa saja yang digunakan.

baterai sepeda listrik
gambar baterai sepeda listrik

Tips Merawat Sepeda Listrik

Agar sepeda listrik yang kita miliki bisa awet, tentunya ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan. Diantaranya :

1.  Periksa kemampuan dan daya tahan baterai. Perkirakan jarak yang akan ditempuh dengan daya baterai, jangan sampai kita kehabisan daya ditengah jalan. Agar baterai awet jangan mengisinya terlalu sering untuk memperpanjang umur baterai. Isilah baterai sebelum indikator baterai mencapai 10-20% .

2. Lakukan pemeriksaan komponen secara berkala mulai dari tekanan ban, baut, bantalan rem, dll.

3. Periksa rantai sebelum digunakan apakah longgar atau tidak.

4. Bersihkan kepala baterai dari kotoran agar tidak mengganggu proses pengisian daya baterai.

pengisian baterai sepeda listrik
gambar pengisian baterai sepeda listrik

Semoga artikel tentang Kelebihan Dan Kekurangan Sepeda Listrik dapat bermanfaat. Sepeda listrik diperkirakan akan mengalami peningkatan  penjualan mengingat sumber daya alam sebagai sumber tenaga semakin terbatas. Sepeda listrik nantinya akan bersinergi dengan tenaga surya yang saat ini juga sedang dikembangkan agar semakin murah dan terjangkau masyarakat.