Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kelebihan Anjing Kampung Dibandingkan Anjing Ras Layak Anda Perhitungkan

kelebihan anjing kampung

Duniahobiku.com - Saat berkunjung ke pedesaan atau perkampungan kita sering menemukan anjing kampung. Anjing-anjing itu berkeliaran disekitar pemukiman warga secara individu maupun berkelompok.  Anjing ini paling banyak dipelihara sebagai anjing penjaga rumah. Anjing kampung sering dianggap sebelah mata oleh masyarakat bahkan oleh para penggemar satwa. Anjing kampung identik dengan kotor,  tidak terawat, kurang pandai dan stigma negatif lainnya. Padahal itu tidak sepenuhnya benar. Ada banyak kelebihan anjing kampung dibandingkan jenis anjing ras. Agar lebih jelas silahkan simak penjelasannya pada artikel dibawah.

Pengertian Anjing Kampung

Anjing kampung adalah jenis anjing yang berasal dari perkawinan 2 ras anjing yang berbeda atau lebih. Anjing ini tidak memiliki asal usul yang jelas dibandingkan anjing ras. Anjing kampung banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia untuk berbagai kepentingan, bahkan didaerah pedesaan populasinya melebihi anjing ras. Konon anjing kampung berasal dari keturunan asli anjing hutan. Anjing ini kemudian melakukan perkawinan silang dengan anjing jenis lainnya. Perkawinan ini bisa dilakukan secara sengaja atau tidak sengaja.

Kelebihan Anjing Kampung

Anjing kampung memang kurang populer dibandingkan anjing ras seperti bulldog, golden retriever, husky dan jenis ras lainnya. Namun dalam beberapa hal anjing kampung memiliki keunggulan yang tidak kalah dibandingkan "sepupunya" yaitu anjing ras. Berikut beberapa kelebihan anjing kampung yang bisa menjadi pertimbangan saat akan mengadopsinya:

1.      Memiliki daya tahan tubuh yang baik

Daya tahan tubuh anjing kampung jauh lebih baik dibanding jenis anjing ras. Anjing kampung walaupun dibiarkan dialam terbuka namun jarang terkena penyakit. Saat musim hujan anjing kampung sering terkena air hujan dan masih tetap sehat. Begitupun saat kemarau anjing kampung akan terpapar sinar matahari dijalanan. Berbeda dengan "sepupunya" yang dirawat lebih eksklusif dengan fasilitas yang sangat memadai. Anjing kampung jarang diberikan vaksin seperti anjing ras. Namun jika anda memelihara anjing kampung sebaiknya berikan vaksin secara teratur agar kesehatannya lebih terjamin.

pemberian vaksin anjing
gambar pemberian vaksin anjing

2.      Tidak penakut

Berbeda dengan anjing ras lain yang terkadang penakut, anjing kampung justru kebalikannya. Anjing ini tidak memiliki rasa takut sedikitpun kecuali kepada tuannya. Itulah salah satu alasan mengapa anjing kampung masih digunakan saat berburu hingga kini. Saat mengejar binatang liar seperti babi hutan mereka tidak akan gentar meskipun lawannya memiliki ukuran jauh lebih besar. Anjing kampung juga disukai sebagai penjaga rumah dan gudang karena keberaniannya.

anjing kampung pemburu
gambar anjing kampung pemburu

3.      Tidak memerlukan perawatan khusus

Anjing kampung sangat mudah dalam hal perawatannya. Bulunya cenderung tipis sehingga tidak perlu melakukan grooming. Sebagai pemilik anda tidak perlu melakukan perawatan khusus seperti saat memelihara anjing ras. Anjing kampung tidap perlu anda bawa ke salon hewan untuk perawatan, cukup berikan perhatian dan kasih sayang. Mandi 1-2 minggu sekali sudah merupakan perawatan yang baik bagi anjing kampung.

salon anjing
gambar salon anjing

4.      Makanan anjing kampung

Umumnya anjing ras diberi makan dog food (makanan khusus anjing harganya pun lumayan menguras kocek. Sebagai perbandingan harga dog food premium ukuran 500 gram berkisar 30-45 ribu. Hal ini tidak berlaku bagi anjing kampung. Anjing kampung lebih mudah dalam penyediaan pakan.  Nasi, tulang ayam, sisa daging, sayuran, tahu, dll merupakan menu yang bisa anda sajikan buat anjing kampung. Memelihara anjing kampung tidak memerlukan biaya pakan yang besar. Dengan pakan seadanya anjing kampung sudah bisa tumbuh sehat. Tapi jika anda ingin memberikan anjing kampung dog food tentunya itu jauh lebih baik.

makanan anjing kampung
makanan anjing kampung

5.      Jenis anjing kampung yang bagus

Tidak semua anjing kampung terlihat jorok dan low quality. Ada beberapa jenis anjing lokal yang memiliki bulu dan perawakan yang tidak kalah menarik. Anjing kintamani dari pulau Bali, Ajak, anjing Tengger bisa menjadi pilihan saat ingin adopsi anjing kampung.  Persilangan anjing kampung dan ras secara sengaja dan tanpa sengaja sering memunculkan ras anjing kampung dengan bentuk dan bulu yang menarik. Anjing kampung yang dirawat dengan baik juga bisa tampil maksimal.

anjing kintamani
gambar anjing kintamani

6.      Harga anjing kampung

Perbedaan harga anjing kampung dan anjing ras sangat jauh berbeda. Anjing ras ukuran standar bisa berharga minimal 1-5 juta rupiah/ekor. Anjing ras high quality bahkan bisa berharga puluhan juta bahkan milliaran rupiah. Anjing kampung sangat terjangkau dompet yang tipis. Harga anjing kampung berkisar antara 50 ribu - 500 ribu rupiah / ekor.  Bahkan jika beruntung anda tidak perlu membelinya. Teman atau kerabat akan dengan sukarela memberikan anak dari anjing yang dimilikinya tanpa mahar apapun terutama saat anjing kampung milik kerabat sudah beranak pinak.

anjing kampung
gambar anjing kampung

7.      Setia dan pintar

Siapa bilang cuma anjing ras yang pintar. Setiap anjing memiliki kemampuan yang berbeda-beda tergantung bagaimana sang pemilik merawat dan melatihnya. Selain setia kepada majikannnya anjing kampung juga memiliki tingkat intelegensi yang cukup baik. Anjing juga perlu diajar dan dilatih supaya pandai. Dengan teknik dan pelatihan yang baik anjing kampung tidak akah kalah bersaing dengan anjing ras.

anjing terlatih
gambar anjing terlatih

Semoga 7 kelebihan anjing kampung pada artikel diatas membuat anda tidak lagi memandang sebelah mata anjing kampung. Anjing jenis apapun selama cocok dengan kepribadian anda maka layak untuk dijadikan “sahabat”.