Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jenis Jenis Batu Akik Paling Dicari Kolektor Batu Mulia

jenis jenis batu akik

Duniahobiku.com - Khusus bagi penggemar batu akik pembahasan tentang keistimewaan dan keunikan batu akik mungkin tidak ada habis nya. Hingga saat ini batu akik masih memiliki penggemar fanatik yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Setiap hari masih ada yang menjual dan mencari berbagai jenis jenis batu akik. Indonesia merupakan salah satu “surge” untuk para pecinta batu akik, tidak hanya itu kalangan kolektor dari luar negeri juga berdatangan ke Indonesia untuk mencari batu akik.

Jenis jenis batu akik paling dicari kolektor

Dari berbagai batu mulia / batu akik pernahkah anda tahu batu apa saja yang paling laris dipasaran dan banyak dicari oleh para kolektor batu akik? Ulasan kali ini bisa menjadi tambahan ilmu buat anda yang sedang menggemari bisnis batu akik atau sedang mencari koleksi batu akik. Berikut 7 Jenis Batu Akik Yang Paling Dicari kolektor Batu Mulia.

1. Jenis Batu Akik Bacan Hijau

Batu Akik Bacan merupakan salah satu batu akik yang paling banyak diburu oleh para kolektor. Batu akik ini berasal dari Halmahera Selatan, Maluku Utara yang tepatnya berada didaerah Pulau Kasiruta. batu akik ini banyak diburu oleh kolektor lokal dan mancanegara karena memiliki warna yang unik.

Pernahkah anda tahu mengapa batu akik ini menjadi salah satu batu yang paling banyak dicari? Salah satu yang menjadi keunggulan batu ini dengan batu lainnya adalah bahwa batu ini mempunyai keunikan perubahan metamorfosa. Menurut para ahli, batu akik bacan sangat unik. Karena semakin lama usia batu ini maka akan semakin indah batu tersebut. Dari jenis batu ini yang paling banyak dicari dipasaran adalah batu Bacan Doko dan batu Bacan Palamea.

batu akik bacan
gambar batu akik bacan

2. Jenis Batu Akik Kalsedon

Buat anda pecinta batu akik mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Batu Akik Kalsedon, batu ini mempunyai ciri yang seperti diselimuti oleh kabut transparan. Inilah salah satu ciri yang menambah keindahan batu Kalsedon dimata para pecinta batu akik. Batu Kalsedon bisa anda temukan di daerah Jawa Barat dan daerah Sulawesi Tenggara, batu ini menjadi salah satu jenis batu akik yang melengkapi keindahan jenis ragam batu akik di Indonesia.

Namun selain didaerah diatas, batu akik jenis Kalsedon juga bisa temukan didaerah Pacitan, Jawa Timur.

batu akik kalsedon
gambar batu akik kalsedon

3. Jenis Batu Akik Kalimaya

Jenis Batu Akik Kalimaya ini merupakan salah satu jenis batu yang memiliki skala Mohs sedang, namun batu ini menjadi salah satu koleksi yang paling banyak di incar oleh para kolektor pecinta batu akik. Sampai saat ini masih banyak yang mencari batu Kalimaya. Ciri spesifik batu Kalimaya adalah dapat memancarkan warna semacam berlian.

Batu sejenis ini sering disebut Opal diluar negeri dan bisa anda temukan di negara India, Meksiko, Australia dan Mesir. Di Indonesia sendiri anda tidak perlu khawatir anda bisa mencarinya sendiri disekitar tambang di Banten. Warna dan urat batu Kalimaya lain daripada yang lain.

batu akik kalimaya
gambar batu akik kalimaya

4. Jenis Batu Akik Safir

Batu Akik Safir merupakan salah satu batu yang tergolong mahal dan tentunya memiliki segmen pasar tersendiri. Apa penyebab batu akik Safir berharga mahal?  Batu ini mahal karena memiliki warna unik batu akik seperti biru laut. Batu ini konon memiliki khasiat berfungsi untuk menenangkan jiwa atau pikiran kita yang sedang kacau/kalut. Kelebihan ini yang meningkatkan nilai jual dari batu akik Safir.

batu akik safir
gambar batu akik safir

5. Jenis Batu Akik Topaz

Batu Akik Topaz bisa dikatakan salah satu batu akik yang menjadi primadona dikalangan pecinta koleksi batu mulia. Batu akik Topaz ini juga memiliki berbagai warna yang khas antara lain warna jingga, kuning, dan juga kemerahan.

Jenis batu ini bisa kita temukan di negara Brasil, Srilangka, Meksiko dan juga di negara Rusia. Batu ini juga memiliki khasiat yang dikatakan orang bisa menyembuhkan depresi dan bersifat membawa ketenangan.

batu akik topaz
gambar batu akik topaz

6. Jenis Batu Akik Sungai Dareh

Salah satu jenis batu akik yang berasal dari daerah Sumatera Barat ini cukup populer dikalangan para pecinta batu mulia. Banyak sekali para kolektor yang mencari batu akik jenis ini. Bahkan para pemimpin negara kita juga ikut memakai batu akik ini.

Banyak yang mengatakan mantan Presiden Indonesia kita Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama juga memakai batu mulia ini. Hal ini makin menambah pamor dan popularitas batu akik sungai dareh.

batu akik sungai dareh
gambar batu akik sungai dareh

7. Jenis Batu Akik Zamrud

Batu yang memiliki ciri khas warna hijau ini sudah tidak asing bagi para kolektor batu akik. Jenis batu ini bahkan sudah digunakan oleh para bangsawan sejak ribuan tahun lalu sebagai perhiasan.

Batu yang memiliki kekerasan sekitar 7,5 skala mohs ini sangat berharga. Di zaman kerajaan batu ini merupakan lambang dari kemakmuran dan perdamaian. jadi wajar jika batu ini dihargai sangat mahal dari zaman perunggu hingga masa modern.

batu akik zamrud
gambar batu akik zamrud

Sekian ulasan kami mengenai berbagai  jenis jenis batu akik yang paling banyak dicari  kolektor pecinta batu mulia. Batu akik menjadi salah satu kebangaan bagi bangsa Indonesia. Batu-batu mulia ini tersebar diberbagai daerah nusantara Indonesia dan menjadi aset yang mesti dikelola dengan baik dan bijaksana.