Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Fakta unik kecoa yang belum anda ketahui, Bahkan Ada Peternakan Kecoa

 fakta unik kecoa

Duniahobiku.com –  pernah menyaksikan kartun oggy and the coachkroaches ?  Bagi para pencinta kartun anak pasti tidak asing dengan film animasi komedi ini. Film animasi buatan perancis ini menceritakan tentang kucing biru dan 3 ekor kecoa yang selalu membuat ulah. Kisah hidup kecoa ternyata cukup unik untuk diketahui.  Meskipiun tidak disukai banyak orang tapi hewan ini ternyata juga memiliki kelebihan. Hewan yang sudah sejak ratusan tahun lalu ini mampu bertahan hidup dari berbagai bencana di dunia.  Kecoa bahkan bisa selamat dari  bom atom di Hirosima dan Nagasaki. Ingin tahu fakta unik kecoa ? simak artikel selengkapnya dibawah ini :

Fakta Unik Tentang Kecoa

Kecoa bisa kita temukan hampir diseluruh belahan bumi, kecuali bagian kutub utara. Kecoa diperkirakan telah hidup dimuka bumi sejak 350 juta tahun yang lalu. Bahkan menurut para peneliti kecoa sudah ada sebelum dinasaurus berkeliaran di muka bumi. Hampir disetiap rumah kita bisa menemukan hewan ini bersembunyi. Dikolong tempat tidur, dapur, kamar mandi, tempat sampah, dll.  Hewan ini bahkan menjadi musuh bebuyutan banyak orang. Melihatnya saja orang bisa geli dan takut apalagi saat mulai beterbangan kesana kemari suasana histeris dan jeritan pasti terdengar. Tapi di balik itu semua kecoa merupakan serangga yang memiliki keunikan tersendiri dan juga memiliki fakta yang belum anda ketahui. berikut fakta mengenai kecoa yang belum anda ketahui:

1.                1. Kecoa Memiliki Sensor Bahaya          

Kecoa memiliki radar pendeteksi rasa takut lawan/musuhnya. sensor pendeteksi rasa takut pada kecoa terdapat pada sistem saraf motorik dan gerak pada kecoa itu sendiri. Sensor inilah yang membuat kecoa memilih dan mendekati orang yang merasa takut. Sebenarnya ini adalah mekanisme cara bertahan hidup kecoa. Tapi bagi para phobia kecoa tanpa sensor pun mereka lebih dulu melarikan diri saat melihat kecoa di dinding/ lantai.

sensor pada kecoa
gambar sensor pada kecoa

2. Kecoa Tidak ditemukan Didaerah Kutub

Kecoa tidak akan kita temukan di tempat yang dingin seperti kutub, karena kecoa tidak dapat bertahan di cuaca yang dingin. kecoa dapat kita temukan di daerah yang hangat dan lembab tentu saja di dalam rumah ataupun tempat sampah. Meskipun demikian kecoa masih bisa bertahan hidup hingga 0 derajat Sedangkan dikutub utara suhu bisa mencapai  minus 40 derajat.

kutub utara
gambar kutub utara

3. Kecoa Ada Yang berukuran Jumbo

Ada ribuan jenis kecoa di seluruh dunia. Mulai dari kecoak lokal yang sering dijumpai di Indonesia, Kecoa Madagaskar yang mendesis, kecoa jerman,dll.  Ukurannya pun bervariasi mulai dari 2 – 10 cm. ada juga kecoa yang sangat kecil sperti kecoa jerman yang memiliki ukuran kecil yakni 1-1,5 cm. Kecoak terbesar berasal dari spesies Megaloblatta blaberoides bisa mencapai ukuran 10 cm. Bayangkan jika kecoa dengan ukuran sebesar itu beterbangan disekeliling anda ? pasti lebih horor dari film manapun terutama buat para phobia kecoa.

speseis kecoa Megaloblatta
gambar spesies kecoa Megaloblatta

4. Kecoa Dapat Hidup Tanpa kepala

Kecoa merupakan serangga yang memiliki kekuatan tubuh super. Kepala kecoa yang terpisah dari badannya tidak akan membuat kecoa langsung mati. Kecoa bahkan bisa bertahan hidup hingga sepekan tanpa kepala. hal ini disebabkan sistem peredaran darah kecoa. Merekapun mampu  bernafas dari lubang kecil  dari bagian tubuhnya. Meskipun hewan ini mampu tidak makan hingga sebulan namun kecoa tidak dapat bertahan seminggu tanpa air. Saat kepalanya terpisah maka organ tubuh seperti mulut, mata dan hidung tidak berfungsi. Jadi dengan kata lain mereka mati karena dehidrasi.

kecoa tanpa kepala
gambar kecoa tanpa kepala

5.      Kecoa Selamat Dari Nuklir

Meskipun hewan ini bisa anda basmi dengan semprotan anti serangga namun ternyata kecoa bisa selamat dari  radiasi Bom Nuklir. Evolusi selama ribuan tahun  membuat kecoa memiliki daya adapatasi bertahan hidup yang tinggi. walalupun tidak berukuran mikro ternyata kecoa bisa bertahan dari radiasi bom nuklir.  Percobaan yang dilakukan pada Acara Myhtbusters Discovery Channel pada tahun 2008 mencoba membuktikan teori tersebut.  Hasil nya kecoa mampu bertahan dari 10 x radiasi mematikan bagi manusia. Namun meskipun bisa selamat dari radiasi nuklir, kecoa sulit bertahan dari daya gempur sandal Jepit andalan masyarakat indonesia yang jauh lebih efektif.

radiasi nuklir
gambar radiasi nuklir

6.      Kecoa Bisa Bertahan dibawah Air selama 30 menit

Meskipun kecoa tidak mampu berenang namun kecoa ternyata  penyelam yang cukup tangguh. Tanpa tabung oksigen ternyata hewan ini bisa bertahan dibawah air selama 30-40 menit. Kecoa mampu menahan nafas dan mengatur keseimbangan air dalam tubuh.

kecoa bisa tahan dibawah air
kecoa bisa tahan dibawah air

7.      kecoa  Pelari yang hebat

Jika  manusia mampu berlari sekitar 60 km/jam maka kecoa dengan ukuran yang jauh lebih kecil mampu berlari dengan kecepatan 5 km/jam. Jika dibandingan dengan ukuran manusia kecoa bisa dikategorikan sebagai pelari yang hebat. Jadi jangan heran saat anda hendak memukulnya hewan ini mampu bergerak menghindar dengan sangat cepat.

kecoa berkumpul makan
gambar kecoa berkumpul makan 

8.      Peternakan Kecoa Di China

Umumnya orang akan berusaha menyingkirkan hewan ini dari rumah, selain dianggap kotor dan menjijikkan kecoa juga bisa mendatangkan penyakit. Namun itu tidak terjadi di negeri China. Kecoa justru diternak secara profesional untuk diolah menjadi pakan ternak, makanan dan bahan baku obat. Jumlahnya pun tidak main-main bisa mencapai jutaaan ekor. Video peternakan tersebut  bisa kita tonton di youtube.

peternakan kecoa di china
gambar peternakan kecoa di china 

Semoga artikel tentang 8 fakta unik kecoa bisa membuka wawasan kita tentang serangga yang satu ini. Walaupun dianggap menjijikkan tapi ternyata kecoa juga masih memiliki manfaat.