Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Membuka Kunci Stang Motor Yang Macet Dan Terkunci Serta Penyebabnya

cara membuka kunci stang motor yang macet

Duniahobiku.com - Sepeda motor semakin membanjiri pasar dalam negeri. Setiap pabrik motor mengeluarkan varian sepeda motor baru dengan fitur yang semakin canggih. Kunci stang motor pun mengalami modifikasi untuk meningkatkan keamanan penggunanya. Namun terkadang masalah tiba-tiba bisa datang tanpa diundang kunci stang motor tiba-tiba macet.  Masalah ini lebih sering terjadi pada motor yang sudah berumur. Tapi tidak menutup kemungkinan kejadian ini juga terjadi pada motor yang baru anda beli. Lalu bagaimana cara membuka kunci stang motor yang macet? Artikel kali akan memberikan beberapa solusi yang bisa anda terapkan. Selamat membaca!

Penyebab Kunci Stang Motor Macet

Sebelum kita masuk dalam pembahasan bagaimana cara mengatasi kunci stang motor macet, alangkah baiknya jika kita mengetahui penyebab kunci stang motor mengalami masalah, sehingga kita bisa menghindari masalah datang tiba-tiba.  Berikut beberapa penyebab stang motor tiba-tiba macet:

1.      Tersumbat Kotoran

Jumlah kendaraaan semakin hari semakin bertambah baik mobil maupun  motor. Saat menggunakan kendaraan bermotor kita setiap hari akan terpapar dengan debu dan polusi. Debu dan kotoran sepanjang perjalanan bisa masuk dan terselip diantara lubang kunci. Lama kelamaan kotoran ini akan mengotori dan menyumbat lubang kunci sehingga sulit untuk dibuka. Sebagai pencegahan semprot lubang kunci stang motor dengan cairan penetran minimal 1 bulan sekali. Salah satu contoh cairan penetran adalah Rexco 50 atau WD 40. Harga Rexco 50 dan sekitar 30-50 ribu kemasan 500 ml sedangkan WD 40 sekitar 20-30 ribu kemasan 120 ml. Cairan ini bisa menghilangkan debu dan kotoran yang melekat pada bagian kunci stang motor.

cairan pembersih
gambar cairan pembersih Kunci Stang Motor

2.      Air Masuk Pada Kunci Stang

Saat musim hujan atau saat mencuci motor air bisa masuk kedalam rumah kunci stang motor. Air sabun saat mencuci motor akan masuk kedalam celah-celah rumah kunci kemudian mengering. Saat mengering akan menjadi endapan yang semakin banyak dan menghambat jalur kunci pada stang motor. Air hujan juga bisa menjadi penyebab, air hujan yang mengandung asam bisa mengakibatkan rumah kunci menjadi berkarat. Salah satu pencegahan adalah menutup lubang kunci agar air tidak masuk baik saat hujan maupun saat melakukan pencucian motor.

air masuk pada kunci stang saat pencucian motor
gambar air masuk pada kunci stang saat pencucian motor

3.      Rumah Kunci Stang Sudah Rusak

Kunci rumah stang yang sudah sangat tua rentan untuk mengalami kerusakan. Setelah digunakan selama bertahun-tahun tentunya barang ini juga bisa rusak. Sebaiknya lakukan pergantian spare part rumah kunci yang baru sesuai dengan spesifikasi motor anda.

rumah kunci stang motor
gambar rumah kunci stang motor

Cara Membuka kunci Stang Motor Yang Macet

Setelah mengetahui penyebab kunci stang motor bermasalah kita bisa mengatisipasi kejadian tersebut. Namun kerusakan kunci stang motor kadang terjadi secara tiba-tiba. Apalagi saat kita sedang terburu-buru ingin pergi ke suatu tempat. Meskipun kunci stang motor termasuk bagian kecil namun ini termasuk jantung motor. Jika ini bermasalah maka motor tidak dapat jalan dan berfungsi. Berikut beberapa langkah membuka kunci stang motor yang macet:

Pertama-tama tuangkan minyak goreng dapur yang telah Anda persiapkan ke dalam mangkok atau piring. Bisa juga menggunakan oli baru. Jangan terlalu banyak, cukup sampai anak kunci motor Anda nantinya bisa terlumuri sempurna.

• Lalu celupkanlah kunci motor Anda ke dalam minyak goreng tadi dengan catatan hanya anak kuncinya saja yang dicelup.

• Setelah dirasa kunci motor Anda sudah terlumuri dengan minyak goreng, mulailah masuk dan keluarkan kunci motor Anda secara perlahan ke lubang kunci sampai minyak gorengnya menempel pada bagian dalam lubang kuncinya.

• Langkah selanjutnya yaitu putar kunci dari posisi Lock ke Off atau sebaliknya hingga bisa memutar dengan sempurna. Jika dirasa masih ada hambatan, Anda bisa melumuri minyak goreng lagi pada kunci Anda.

kunci motor stang  menggunakan minyak
gambar kunci motor stang  menggunakan minyak

Ada beberapa hal yang kadang terjadi tanpa disengaja, Misalnya kunci stang yang hilang saat diparkir. Bisa juga karena lupa menaruh kunci saat diparkir dirumah. Untuk mengantisipasi dan mengatasinya ada beberapa hal yang perlu anda lakukan, antara lain :

1.      Kunci Cadangan

Pihak dealer umumnya memberikan kunci cadangan saat kita pertama kali membeli motor. Kunci cadangan ini untuk mengantisipasi jika kunci asli hilang atau tercecer disuatu tempat. Kelalaian atau lupa menaruh kunci bisa membuat stang motor tetap dalam keadaan terkunci. Kita bisa menggunakan kunci cadangan untuk membuka stang motor yang terkunci. Namun alangkah baiknya kita juga menanyakan security jika merasa lupa mengambil kunci. Kunci juga bisa terjatuh diarea parkir tanpa kita sadari. Solusinya bisa dengan menanyakan security yang berwenang. Siapa tahu mereka menyimpannya dan memberikan saat ada yang mencarinya. Siapkan saja STNK dan identitas untuk menunjukkan anda pemilik asli motor tersebut. Solusi lain adalah dengan menyelipkan kunci cadangan di dompet agar bisa sewaktu-waktu digunakan.

kunci cadangan
gambar kunci cadangan

2.      Hubungi Tukang Ahli Kunci / Duplikat Kunci

Seperti yang dipaparkan diatas bahwa pihak dealer akan memberikan kunci cadangan saat melakukan pembelian. Namun alangkah baiknya jika kita membuatnya lebih 1-2 agar bisa ditaruh didompet dan dirumah. Namun dalam keadaan kepepet kita bisa mencari /menghubungi ahli duplikat kunci untuk membuat kunci cadangan. Seorang ahli kunci bahkan bisa membuat kunci cadangan tanpa melihat kunci aslinya. Mereka hanya memasukkan alat bantu kedalam lubang kunci lalu menduplikatnya. Alangkah baiknya jika anda menyimpan nomor telepon ahli kunci. Siapa tahu suatu saat anda memerlukan bantuannya.

tukang duplikat kunci
gambar tukang duplikat kunci

3.      Hubungi Bengkel Panggilan

Solusi alternatif yang bisa anda lakukan adalah menghubungi bengkel panggilan. Layanan bengkel akan melayani konsumen langsung ditempat kejadian. Hal ini akan sangat membantu anda. Anda tidak perlu mendorong motor ke bengkel apalagi jika sedang berada didaerah yang jauh dari bengkel. Anda tinggal menghubungi dan menunggu mekanik datang mengatasi masalah anda. Mekanik akan dilengkapi alat khusus yang mampu membuka kunci stang motor yang terkunci atau bermasalah. Simpan selalu nomor penting bengkel panggilan untuk berjaga-jaga.

mekanik bengkel panggilan
gambar mekanik bengkel panggilan

Semoga Cara Membuka Kunci Stang Motor Yang Macet Dan Terkunci  dapat berguna buat anda semua. Anda bisa memilih beberapa cara diatas untuk mengatasi jika kejadian tersebut menimpa anda. Namun alangkah baiknya jika masalah tersebut bisa kita hindari.