Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Batu Akik Keladen Pacitan Asal Jawa Timur Incaran Para Kolektor Batu Akik

batu akik keladen pacitan

Duniahobiku.com - Aliran sungai di daerah Pacitan sering kali ditemukan berbagai macam jenis batuan mulia, faktor iklim dan letak geografis yang menyebabkan Pacitan memiliki kekayaan batuan alam yang sangat beragam. Salah satu jenis batu akik yang dicari kolektor adalah Batu Akik Keladen Pacitan. Batuan yang berjenis Chalcedony ini berwarna muda dengan bias sinar yang lembut dan memiliki serat yang dinamakan punggung atau cangkang kura-kura.

Asal Usul Batu Pacitan

Kabupaten Pacitan merupakan daerah paling ujung barat daya Provinsi Jawa Timur. Pacitan merupakan tempat kelahiran presiden ke- 6 Negara Kesatuan Republik Indonesia,Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.  Wilayah Pacitan memiliki banyak pegunungan karst serta wisata gua yang terkenal. Namun saat ini kita akan membahas salah satu sumber kekayaan alam berupa batu akik Keladen yang berasal dari kabupaten Pacitan.

Batu akik yang terkenal dari daerah Pacitan dikenal dengan Keladen. Dalam perdagangan international batuan ini termasuk dalam kategori chalcedony. Batu akik jenis chalcedony memiliki tingkat kekerasan mencapai 7 skala  Mohs. Konon orang yang pertama menemukan batu jenis Keladen bernama Mbah Paiman Timbul. Mbah Paiman merupakan pengusaha batu akik dari kecamatan Donorejo kabupaten Pacitan. Batu ini makin populer saat Indonesia dilanda “demam” batu akik.

Sumber tambang dari batu Keladen ada 2 yaitu dari bukit Ndasar dan sungai Keladen. Oleh karena itu batuan jenis ini sering disebut batu Keladen. Tambang yang di bukit Ndasar sebagai tambang primer sedangkan dari sungai Keladen disebut sekunder. Namun serat batu  berasal dari sungai jauh lebih bagus karena berkolaborasi dengan material lain sehingga unsur mineralnya lebih tinggi dibandingkan yang berasal dari tambang.

lokasi sungai pencarian batu akik
lokasi sungai pencarian batu akik

Ciri khas batu Keladen Dari Pacitan Jawa Timur

Tampak motif punggung atau cangkang kura-kura

Ster seperti moonstone atau biduri bulan

Inklusinya memiliki garis memanjang dari sudut yang satu ke sudut lainnya atau yang biasa disebut dengan cat eyes (mata kucing)

Dapat menyerap cahaya sehingga terjadi perubahan warna tergantung intensitas warna yang masuk bukan hanya satu bahkan dapat dua dan tiga warna sekaligus. Dibutuhkan keahlian khusus untuk menganalisa ciri yang nomor empat ini.

Macam Jenis Warna Dari Batu Akik Keladen

Warna keemasan (yellow chalcedony) Golden Supreme.

Warna kuning muda / sinar mentari pagi (Light yellow chalcedony) : Supreme Sunrise

Warna merah keemasan / red baron (Golden Reddish)

Warna putih (white chalcedony) Princess Ndasar Snow White & Princess Keladen Snow White

Warna orange yellow / matahari terbenam terbaik (Supreme Sunset)

Warna semu kehijauan, merah muda atau abu-abu / calon raja.

Batu keladen kuning, batu keladen red baron, batu keladen merah, batu keladen hijau

Salah satu jenis batu akik Pacitan yang terkenal adalah red baron. Harga batu akik red baron bahkan ada yang benilai hingga ratusan juta rupiah saat “demam“ batu akik melanda Indonesia. Namun saat ini harga batu red baron sudah jauh tergerus. Harga batu akik Pacitan berkisar 100 ribu -jutaan rupiah tergantung kualitas dari batu tersebut dan kelangkaannya. Konon batu jenis ini sudah sejak dulu digunakan bangsawan dan raja-raja.

batu akik red baron
gambar batu akik red baron

Semoga artikel tentang batu akik Keladen Pacitan dapat menambah pengetahuan anda tentang dunia batu akik. Meskipun pasaran batu akik tidak seperti dulu namun peminat batu akik masih berlangsung hingga kini.