Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Bagian Bagian Buah Kelapa Serta Manfaatnya Dalam Kehidupan Manusia

 bagian bagian buah kelapa

Duniahobiku.com - Kelapa meupakan salah satu komoditi perkebunan yang penting di Indonesia. Saat minyak sawit belum merajai pasaran, minyak kelapa yang menjadi primadona. Kelapa merupakan tanaman multifungsi dimana hampir semua bagian tanaman bisa dimanfaatkan. Umumnya manusia memanfaatkan air dan daging buah kelapa untuk berbagai keperluan. Padahal ada bagian bagian buah kelapa yang juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting.

Bagian bagian Buah Kelapa dan Manfaatnya

Buah  kelapa umumnya berwarna hijau atau kuning, ukurannya sebesar kepala manusia orang dewasa. Buah ini sering dimanfaatkan untuk pembuatan minuman, santan, dll. Air dan daging buahnya bisa dikomsumsi secara langsung tanpa pengolahan. Air kelapa dipercaya bisa menawarkan racun yang ada dalam tubuh. Untuk mengenal lebih jauh bagian bagian buah kelapa berikut penjelasan lengkapnya :

1.      Kulit Luar (epicarp)

Kulit luar inilah yang pertama kali kita lihat sebelum menemukan daging buah kelapa. Ada beberapa jenis warna epicarp pada kelapa diantaranya hijau, kuning dan jingga. Salah satu ciri kulit luar kelapa adalah permukaan yang terasa licin saat disentuh. Kulit luar ini cukup keras bahkan jika terbanting ditanah tidak mudah pecah. Ketebalan kulit epicarp sekitar 0,14 mm. Saat dibelah atau dipotong bagian ini akan ikut  pada sabut.

kulit luar buah kelapa
gambar kulit luar buah kelapa

2.      Sabut (mesocarp)

Bagian buah kelapa ini mudah dikenali karena memiliki serabut. Serabut ini terdiri dari 35% dari total berat buah kelapa. Sabut kelapa sering digunakan sebagai bahan baku indutri otomotif dan kerajinan. Sabut bisa dijadikan karpet, keset, sikat, tali, bahan pengisi jok mobil, dll. Sabut kelapa juga diolah menjadi pupuk. Cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan cara membakarnya menjadi abu. Abu kelapa mengandung unsur fosfor (P) sekitar  2% dari berat abu. Unsur fosfor sangat berperan saat pertumbuhan benih, akar, bunga dan buah pada tanaman. Untuk menghasilkan 2 ton abu kelapa diperlukan sekitar 100.000 sabut kelapa. 2 ton abu kelapa mengandung unsur kalium yang setara dengan 1 ton ZK.

sabut buah kelapa
gambar sabut buah kelapa

3.       Tempurung (endocarp)

Tempurung adalah bagian kulit pelindung daging buah kelapa. Tempurung ini terletak setelah sabut kelapa. Pada bagian pangkal tempurung kita biasanya menemukan lubang tumbuh (ovule).  Tempurung memiliki ketebalan sekitar 3-5 mm dan cukup keras. Diperlukan alat bantu untuk mengupas bagian tersebut. Sifat keras tempurung dipengaruhi oleh kandungan silikat. Selain silikat tempurung juga mengandung lignin dan methoxyl.

Kandungan pada tempurung dipengaruhi oleh lingkungan dimana ia tumbuh. Sebagai contoh komposisi kimia pada tempurung asal Srilangka jauh lebih tinggi dibanding tempurung asal Filipina atau Indonesia. Tempurung kelapa dimanfaatkan industri dan diolah menjadi arang tempurung dan karbon aktif. Arang tempurung dan karbon aktif sering digunakan sebagai filter air. tempurung kelapa juga digunakan untuk membuat berbagai kerajinan rumah tangga.

tempurung kelapa
gambar tempurung kelapa

4.      Kulit Daging Buah (testa)

Bagian buah kelapa ini akan kita temukan setelah tempurung terlepas.  Kulit daging buah berwarna coklat akan terlihat membungkus seluruh daging buah kelapa. Kulit tipis ini bisa dibersihkan terlebih dahulu sebelum diparut/diolah. Namun tidak sedikit yang tetap menggunakannya saat diolah menjadi makanan tradisional.  Saat diolah menjadi minyak bisa menyebabkan minyak berwarna coklat. Kulit daging buah bisa diolah menjadi minyak goreng kualitas nomor 2.

kulit daging buah kelapa
gambar kulit daging buah kelapa

5.      Daging Buah (endosperm)

Daging buah kelapa berwarna putih, lunak dan tebalnya sekitar 8-10 mm. Makin muda buah kelapa dipanen maka ketebalan daging buah semakin tipis dan manis. Daging buah kelapa tua banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kopra, santan, minyak kelapa. Daging buah kelapa muda sering dikomsumsi secara langsung atau dicampur dalam pembuatan es buah.

Daging buah kelapa muda merupakan sumber protein dan mudah dicerna oleh tubuh. Jumlah protein terbesar bisa diperoleh pada kelapa yang setengah tua begitupula dengan kandungan vitamin A dan Thiamin. Buah kelapa yang sudah tua memiliki kandungan kalori lebih maksimal.

daging buah kelapa
gambar daging buah kelapa

6.      Air Kelapa

Air kelapa terdapat pada bagian paling dalam yang tersimpan didalam daging buah. Umur buah kelapa berpengaruh terhadap kapasitas air kelapa. Buah kelapa muda umumnya belum memiliki daging buah yang tebal. Namun buah kelapa muda memiliki kandungan air yang tinggi dan rasanya manis. Air kelapa muda mengandung mineral sebanyak 4% dan gula 2%. Buah yang telah tua airnya akan terasa kurang manis dibandingkan kelapa muda. Kandungan air didalam kelapa sekitar 230-300 cc. Air kelapa hibrida lebih sedikit mengandung air dibanding air kelapa dalam. Air kelapa bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Selain menghilangkan rasa dahaga, air kelapa juga diolah menjadi nata de coco, sirop, dan lain-lain. Air kelapa juga dipercaya bisa menjadi penawar racun.

air buah kelapa
gambar air buah kelapa

7.      Lembaga Buah

Lembaga buah merupakan cikal bakal tanaman kelapa setelah buah kelapa sudah tua. Selain lembaga terdapat alat pengisap makanan yang disebut tombong kelapa atau kentos. Kentos berbentuk bulat dan bertekstur lunak. Kentos ini bisa dikomsumsi secara langsung dan sering ditemukan pada buah kelapa yang sudah tua. Kentos berfungsi sebagai penghubung anatara tempat cadangan makanan dengan cikal bakal tanaman. Ukuran kentos akan semakin membesar mengikuti pertumbuhan lembaga. Kentos memiliki manfaat untuk kesehatan, selain menjaga kesehatan jantung kentos juga berkhasiat untuk penyakit liver.

lembaga buah kelapa
gambar lembaga buah kelapa

Semoga artikel tentang 7 bagian bagian buah kelapa serta manfaatnya dalam kehidupan manusia dapat menambah wawasan kita tentang buah kelapa. Mengkomsumsi daging buah kelapa dan air kelapa muda bisa membantu menjaga kesehatan anda dan keluarga.