Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tanda Tanda Kucing Persia Stress Dan Cara Mengatasinya

 tanda tanda kucing persia stress

Duniahobiku.com - Bukan cuma manusia saja yang bisa mengalami stress. Kucing Persia kesayangan anda pun bisa mengalami stress. Apakah kucing anda sedang patah hati? Atau sedang dimusuhi temannya? Ahh... jangan samakan stress pada manusia dengan yang terjadi pada kucing. Ada banyak faktor yang membuat kucing mengalami stress. Sebagai pemilik kita wajib mengetahui tanda tanda kucing Persia stress. Jika tidak cepat ditangani stress pada kucing bisa membuat kucing jatuh sakit. setelah mengetahui penyebab kucing stress barulah kita mencari cara mengatasinya.

Tanda Tanda Kucing Persia Stress

Kucing Persia adalah salah satu ras kucing paling populer didunia. Kucing ini dinamakan Persia karena hewan ini berasal dari negara Persia. Negara Persia kini kenal dengan nama Iran. Kucing ini memiliki ciri fisik yang mudah dikenali. Selain hidungnya yang pesek, bulu yang panjang, Persia juga memiliki tubuh tambun/montok. Perilakunya yang manja akan tiba-tiba berubah jika kucing sedang mengalami stress. Berikut ciri ciri kucing Persia stress :

1.      Nafsu Makan Kucing Menurun

Kucing Persia yang sedang mengalami strees biasanya akan kehilangan nafsu makan. Bahkan jika diberikan makanan yang paling disukai, kucing ogah menyantapnya. Kucing yang sedang sakit juga memiliki ciri seperti diatas. Kucing yang kehilangan nafsu makan akan membuat bobot tubuhnya  berkurang . Jika dibiarkan tanpa perawatan maka fisik kucing akan mengalami drop dan akhirnya jatuh sakit.

kucing tidak nafsu makan
gambar kucing tidak nafsu makan

2.      Kucing Mengeong Dengan Frekuensi Berlebihan

Kucing berkomunikasi dengan cara mengeong baik kepada sesamanya ataupun dengan pemiliknya. Komunikasi ini bisa memberikan pertanda/isyarat kepada pemiliknya tentang keinginan sang kucing. Jika kita cukup akrab dengan kucing milik kita, kita bisa membedakan isyarat tersebut. Isyarat apakah kucing sedang lapar, sedang ingin bermain, atau sedang ingin dimanja akan berbeda. Jika kucing mengeong secara berlebihan itu pertanda ada sesuatu yang salah sedang terjadi. Apakah kucing sedang takut, sakit, atau masalah lain.

kucing persia mengeong
gambar kucing persia mengeong

3.      Kucing Lebih Agresif

Kucing bisa menjadi agresif karena berbagai hal. Saat kucing sedang beranak dan mengasuh anak-anaknya kucing cenderung agresif untuk melindungi anaknya. Saat sedang sakit atau stress kucing juga terkadang melakukan hal yang sama. Perhatikan dengan seksama hal yang menjadi penyebab kucing menjadi agresif bahkan kepada pemiliknya. Kucing yang habis berkelahi dengan kucing lain juga cenderung agresif.

kucing persia agresif
gambar kucing persia agresif

4.      Sering Menyendiri

Kucing yang sedang strees terkadang malas untuk bergerak dan lebih pendiam. Jika nafsu makan tidak berkurang dan hanya menunjukkan perubahan perilaku artinya kucing sehat. Tiap kucing Persia memiliki temperemen yang berbeda ada kucing yang lincah dan ada juga pendiam. Dengan mengenali karakter kucing dengan baik kita bisa mendeteksi secara dini perubahan perilaku.

kucing sering menyendiri
gambar kucing sering menyendiri

5.      Kucing Gelisah Dalam Kandang

Kucing jantan atau betina dewasa akan mengalami masa birahi. Biasanya saat memasuki masa birahi kucing yang berada dalam kandang akan gelisah. Kucing akan mondar-mandir dan menggosokkan tubuhnya kekandang. Hal ini dilakukan secara berulang-ulang.  Jika kucing hidup sendiri maka "dia" bisa mengalami stress karena dorongan hormon.  Perkawinan adalah cara mengatasi kucing stress karena birahi. Biasanya setelah proses perkawinan kucing cenderung akan lebih tenang. Penyebab lain kucing gelisah dalam kandang adalah adanya ancaman dari hewan lain yang baunya tercium oleh kucing, seperti ular, biawak, dll.

kucing persia kawin
gambar kucing persia kawin

6.      Kucing Muntah Dan Diare

Stress berlebihan yang terjadi dapat menyebabkan kucing mengalami masalah pencernaan dan sering muntah. Secara alami kucing memang sering mencari rumput dan memakannya. Setelah menggigit dan mengunyah rumput, tidak berselang lama kucing akan muntah dan mengelurkan benda-benda dari perutnya. Hal ini dilakukan karena tidak memiliki enzim yang cukup untuk mencernanya. Kaget dan takut yang berlebihan bisa menjadi penyebab kucing menjadi stress.

kucing makan rumput
gambar kucing makan rumput

7.      Kucing Pipis Sembarangan

Secara naluri ras kucing akan menandai wilayah kekuasaannya dengan cara mengencingi suatu benda. Kucing besar seperti harimau pun melakukan hal yang sama. Penandaan wilayah akan menunjukkan keberadaan kucing dan wilayah tertorialnya agar tidak diganggu kucing lain. Kucing yang sedang strees juga melakukan hal yang sama namun polanya tidak beraturan. Kucing yang stress cenderung pipis sembarangan dan membuat rumah menjadi bau. Jika umumnya kucing yang dipelihara akan pipis dikotak yang disediakan maka saat stress kucing bisa mengencingi benda apa saja yang ada disekitar rumah.

kucing menahan pipis
gambar kucing menahan pipis

8.      Kucing Menjilati Bulu Secara Berlebihan

Tanpa dilatih secara khusus semua kucing akan melakukan secara alami proses menjilati bulunya. Hal ini dilakukan untuk menjaga bulu tetap dalam keadaan bersih. Jika kucing mengalami penyakit kulit atau terserang kutu maka kucing sering menjilati bulunya. Jika tidak ada tanda-tanda kucing mengalami masalah kulit bisa jadi kucing sedang strees. Hal lain yang sering dilakukan kucing saat sedang stress adalah mencakar/menggaruk benda benda disekitarnya. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada perabot rumah anda seperti sofa dan benda-benda rapuh lainnya. Tempatkan kucing secara khusus untuk menghindari kerusakan.

kucing persia menjilati bulunya
gambar kucing persia menjilati bulunya

9.      Kucing Terlihat Lemah Dan Sakit

Kucing yang mengalami strees mudah sakit. Hal ini ditandai dengan mata dan hidung kucing yang sering berair. Kucing juga terlihat malas bergerak dan cenderung tidak merespon jika diajak bermain. Jangan biarkan hal ini berlarut tanpa tindakan. Jika kucing terlanjur sakit dan lambat ditangani kucing bisa mengalami kematian.

kucing terlihat lemah
gambar kucing terlihat lemah

Cara Mengatasi Kucing Persia Stress

Setelah mengetahui ciri ciri kucing Persia yang stress kita bisa   memberikan penanganan yang tepat. Berikut beberapa tindakan yang bisa anda lakukan kepada kucing Persia kesayangan anda :

1.      Bermain Bersama Kucing

Kucing yang dikandangkan terlalu lama akan merasa bosan dan terkungkung. Keluarkan kucing secara berkala, setiap 2-3 kali seminggu. Luangkan waktu bermain selama 15 menit - 1 jam dengan kucing kesayangan anda. Selain membuat anda semakin akrab dengan kucing. Bermain dengan kucing bisa mengurangi dan menghilangkan stress pada kucing.

bermain bersama kucing
gambar bermain bersama kucing

2.      Berikan Makanan Kucing Yang bergizi

Komposisi dan nutrisi yang seimbang pada cat food akan membuat kucing selalu dalam keadaan sehat dan energik. Terkadang kucing merasa bosan dengan makanan yang sama dalam jangka waktu lama.  Hal itu bisa membuat kucing stress dan nafsu makannya berkurang. Solusinya cukup mencari makanan lain yang disukai kucing. Lakukan secara bertahap agar kucing menyesuaikan dengan makanan barunya. Atau tambahkan menu baru disela-sela cat food yang biasa dikomsumsi.

kucing sedang makan
gambar kucing sedang makan

3.      Jaga Kebersihan Kandang Dan Lingkungan Sekitarnya

Kandang merupakan rumah bagi kucing. Setiap hari kucing menghabiskan hampir sebagain waktunya didalam kandang. Kandang yang bersih akan membuat kucing merasa nyaman dan sehat. Sebaliknya kandang yang kotor akan mengundang berbagai bibit penyakit. Penyakit kulit bisa mengakibatkan kucing selalu menggaruk tubuhnya dan membuatnya stress. Cuci dan bersihkan kandang setiap hari. jangan lupa untuk menjaga lingkungan sekitarnya agar bersih dan nyaman dari gangguan hewan lain.

mencuci kandang kucing

gambar mencuci kandang kucing

Semoga Tanda Tanda Kucing Persia Strees dapat bermanfaat buat anda semua para ailurophile ( cat lover ). Mendeteksi secara dini  strees pada kucing dapat mengembalikan kucing menjadi normal kembali. Kucing yang sehat dan lucu tentunya menjadi idaman semua pencinta kucing.