Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Perbedaan Kucing Pedigree dan Non Pedigree

 sertifikat kucing pedigree

Duniahobiku.com -  Mungkin sebagian dari cat lover belum paham atau bingung maksud dari pedigree atau kucing bersertifikat dan non sertifikat. Atau mungkin ada sebagian cat lover pernah mendengar istilah Kucing Ped dan Non Ped. Lalu apa sih perbedaan kucing pedigree dan non pedigree? Simak penjelasannya pada artikel dibawah ini.

Arti Pedigree Pada Kucing

Kucing Pedigree adalah kucing yang memiliki sertifikat kucing yang menerangkan riwayat kucing tersebut / silsilah dari kucing tersebut. Mulai dari tanggal lahir (Dob) tertera di dalam surat, nama kucing, warna kucing, ras kucing, nama dari ibu dan ayah kucing tersebut, nama breeder, dan gelar yang telah diraih pada kontes kucing sepeti gelar Champion yang menjuarai kontes kucing yang terdapat di dalam isi surat itu. Dan yang berhak mengeluarkan pedigree tersebut ialah suatu organisasi pecinta kucing pada tingkatan nasional maupun internasional seperti  :

ICA (Indonesian Cat Association)

ICA adalah suatu organisasi penyayang serta pemerhati kucing indonesia. Awal berdiri ICA pada tahun 2003 tepatnya 1 April yang bertempat di Jakarta dan diresmikan oleh Direktorat Kesehatan Hewan Ditjen Bina Produksi Peternakan, Departemen Pertanian Prof. Dr. Drh. Budi Triakosa.

CFSI (Cat Fanciers’ Society of Indonesia)

Klub atau organisasi penyayang kucing di indonesia. CFSI berdiri pada tahun 2005 tepatnya tanggal 11 Oktober. Di pimpin oleh bapak Cacang Efendi, dan berafilasi ke CFA pada bulan Juni tahun 2006.

CFA (Cat Fanciers’ Association)

CFA adalah suatu organisasi penyayang kucing yang terbesar di dunia dan terletak di negara Amerika Serikat, dan berdiri pada tahun 1906.

TICA (The International Cat Association)

TICA adalah organisasi penyayang kucing terbesar di dunia, tetapi TICA awalnya hanya beroperasi di negara Amerika Utara. Tetapi saat ini organisasi tersebut sudah beroperasi di seluruh dunia.

Lalu mengapa kucing pedigree terbilang memiliki harga yang tinggi?

Harga kucing pedigree bernilai tinggi karena suatu organisasi penyayang kucing telah berusaha menyeleksi dan memurnikan kucing. Yang bertujuan agar kucing menghasilkan keturunan yang paling terbaik dari semua kucing kucing ras yang telah dikembangbiakkan. Membeli kucing pedigree akan menjamin keaslian suatu ras kucing karena memiliki silsilah keturunan yang jelas dan lengkap. Jadi Istilah membeli “kucing dalam karung” tidak akan terjadi. Pembeli merasa aman, penjual pun bisa menjaga kualitas kucing ternak yang dimiliki. Kucing pedigree yang memenangkan kontes akan semakin bernilai jual tinggi, bahkan keturunannya pun banyak di tunggu para cat lovers untuk “dipinang”.

kontes kucing
gambar kontes kucing

Apa perbedaannya dengan non pedigree?

Kucing non pedigree dan kucing pedigree juga sama sama terbilang lucu dan menggemaskan. Perbedaannya kucing non pedigree adalah tidak memiliki surat dan harganya juga terbilang standar dan murah tergantung jenis kucing. Tetapi kita bisa bertanya pada peternak kucing non pedigree tentang silsilah kucing tersebut. Tentunya peternak kucing atau breeder akan senang hati menjawab.

Cara Membuat Sertifikat Pedigree

Anda tertarik membuat sertifikat pedigree? Jika kucing dirumah berasal dari ras murni yang sama, anda bisa mencoba daftarkan kucing kesayangan anda pada website resmi organisasi yang disebutkan diatas. Cukup ketikkan kata kunci “website organisasi kucing” maka anda bisa memilih salah satu diantara organisasi tersebut.  Jika semua syarat bisa terpenuhi maka sertifikat pedigree bisa anda peroleh. Jika kedua induk memiliki sertifikat pedigree maka sertifikat buat anak kucing jauh lebih mudah.

Semoga artikel tentang kucing pedigree dan non pedigree dapat bermanfaat. Setiap kucing baik kucing ped atau non ped memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Soal pilihan kembali kepada anda sebagai pemilik kucing?