Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rute Pendakian Gunung Agung Via Pura Besakih Yang Menantang

 pendakian gunung agung via pura bekasih

Duniahobiku.com - Bali tidak hanya menawarkan keindahan pantai Sanur dan Kuta saja. Gunung Agung yang terkenal keramat dan disakralkan masyarakat Bali juga diminati wisatawan. Mereka umumnya datang untuk menaklukkan puncak gunung Agung. Medan yang menantang membuat banyak pendaki penasaran untuk menaklukkannya. Ada beberapa rute yang biasa digunakan para pendaki. Rute pendakian gunung Agung via pura Bekasih adalah yang paling populer digunakan.

Sekilas Tentang Gunung Agung

Mengenali medan/lawan adalah kunci dalam menaklukkan musuh. Itu adalah kata kata bijak dalam buku strategi perang. Begitupun saat kita hendak mendaki sebuah gunung, kita harus mengenali medan dengan baik. Semakin berat medan yang ditempuh maka persiapan mendaki gunung harus matang. Ada beberapa gunung selain gunung Agung yang terdapat di Bali seperti gunung Batur, Luhur dan Batukaru. Gunung Agung adalah yang paling populer dimata para pencinta alam. Gunung Agung adalah gunung berapi yang masih aktif hingga kini. Ditahun 1800-an gunung Agung sempat meletus sebanyak 4 kali. Letusan ini  membuat penduduk sekitar gunung Agung banyak mengungsi.

letusan gunung agung bali
letusan gunung agung bali

Pulau Bali merupakan daerah wisata yang masih memegang teguh budaya dan kearifan lokal. Saat berkunjung ke Pulau Bali kita akan menemukan berbagai tempat wisata yang dianggap sakral. Gunung Agung juga dianggap tempat suci masyarakat Bali yang mayoritas beragama Hindu. Gunung dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa. Itulah sebabnya saat melakukan pendakian gunung Agung ada banyak pantangan yang mesti dipatuhi. Beberapa larangan tersebut antara lain :

Dilarang berbicara kasar/kotor

Dilarang membawa makanan yang berasal dari daging sapi (sapi dalam agama Hindu dianggap binatang suci)

Dilarang buang air kecil dan besar sembarangan

Memakai perhiasan dari bahan emas

Percaya atau tidak kepercayaan ini masih dipercaya hingga kini. Bukan cuma di gunung Agung beberapa gunung di Indonesia masih dipercaya keramat. Pada salah satu pura kecil ditengah pendakian gunung Agung kita akan menemukan himbauan unik. Tulisan dengan bunyi "Buang Sampah Disini Jadi Gila" cukup menarik perhatian. Meskipun belum ada data apakah apakah orang yang membuang sampah bisa menjadi gila namun hal ini cukup positif. Himbauan ini bisa menyadarkan para pendaki agar tidak membuang sampah secara sembarangan. Gunung bukan tempat sampah, tidak ada petugas khusus yang akan mendaki gunung untuk memungut sampah anda. Hanya pendaki gunung yang sadar lingkungan yang rela membopong sampah turun dari atas gunung.

membawa turun sampah dari gunung
membawa turun sampah dari gunung

Mendaki Gunung Agung Via Pura Bekasih

Gunung Agung adalah puncak tertinggi dipulau Bali dengan ketinggian 3142 mdpl. Jika bicara ketinggian gunung Agung masih kalah dengan gunung Rinjani atau Semeru. Puncak gunung Semeru mencapai 3676 mdpl sedangkan gunung Rinjani adalah 3726 mdpl. Namun mencapai puncak gunung Agung tidak semudah yang dibayangkan. beberapa pendaki menganggap jalur gunung Agung jauh lebih menantang dibanding Semeru dan Rinjani. Sumber air yang biasanya banyak di gunung di pulau Jawa, di gunung Agung sulit menemukan sumber air. Ditambah lagi jalur pendakian yang menanjak dan lumayan curam. Sepanjang jalur pendakian mulai dari kaki gunung hingga puncak, kita akan menemukan variasi track. Mulai dari track kontur pasir, tanah, akar-akar pohon dan batu-batuan akan menjadi tantangan selama mendaki gunung ini.

penampakan gunung agung via pura bekasih
penampakan gunung agung via pura bekasih

Guide Wajib Selama Pendakian Ke Puncak Gunung Agung

Pendakian Gunung Agung Bali wajib ditemani oleh seorang pemandu atau guide. Medan yang berat dan jalur terpisah bisa membuat pendaki pemula tersesat. Peristiwa tahun 2008 yang menewaskan 3 orang pendaki membuat pendakian semakin diperketat. Sejak 2009 pihak berwenang seperti kepolisian, Pemprov dan elemen masyarakat sepakat membuat peraturan. Hal ini dilakukan agar kejadiaan "naas" tidak terulang kembali. Setiap pendaki yang ingin ke gunung Agung wajib ditemani oleh guide yang berasal dari warga sekitar. Guide ini telah mengenal medan gunung dengan baik sehingga keamanan kita jauh lebih terjamin.  Pendaki harus mengisi identitas diri terlebih dahulu  kemudian membayar jasa guide. Besarnya jas tergantung dari kesepakatan dan jumlah peserta. Biayanya sekitar 500-750 ribu perkelompok. Satu kelompok sebanyak 5 orang membutuhkan 1 guide. Jika anda sendiri atau berdua biayanya sekitar 500 ribu. Anda tidak perlu repot mencari guide, saat datang ke pasar Bekasih akan ada warga yang menawarkan jasa guide. Biaya ini sudah termasuk Simaksi. Simaksi adalah singkatan dari  Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi. Simaksi memiliki fungsi seperti tiket masuk sebelum mendaki ke puncak gunung. Ada beberapa gunung yang membatasi jumlah pendaki sesuai kuota yang telah disepakati.

guide/pemandu gunung agung
guide/pemandu gunung agung

Lokasi Gunung Agung Bali terletak di Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali Timur. Jika ingin mendaki gunung Agung, anda dapat melalui jalur via Pura Besakih yang tepat berada di Karangasem dan tepat dibawah kaki gunung. Namun sebenarnya masih ada beberapa opsi jalur pendakian yang dapat anda gunakan seperti dibawah ini

Via Pasar Agung (arah selatan Gunung Agung) yang terletak kecamatan Selat, Karangasem, kemudian untuk jalur pendakiannya terdapat pada Pasar Selat. Bila anda menggunakan jalur ini pendakian untuk menuju Puncak Agung 2 pada ketinggian 2.850 mdpl

Via Desa Wisata Budakeling (arah sisi tenggara Gunung Agung) dengan jalur pendakian melalui Nangka.

Berapa Lama Mendaki Gunung Agung

Umumnya para pendaki lebih menyukai mendaki gunung Agung via Pura Bekasih. Para pendaki membutuhkan sekitar 4-8 jam untuk sampai ke puncak gunung Agung. Tergantung kesiapan fisik dan stamina para pendaki. Bagi para pendaki senior bisa lebih cepat karena mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk beristirahat sepanjang perjalanan dibanding para pemula.  Hal ini bisa menghemat waktu dan tenaga para pendaki. Saat berada dikawasan Pura Bekasih akan tampak gunung Agung berdiri kokoh menantang nyali para pendaki untuk menaklukkannya.

Rute Pendakian Ke Puncak Gunung Agung 

Pendakian menuju puncak gunung akan membutuhkan waktu dan stamina yang baik. Ada beberapa medan track yang akan ditemukan oleh para pendaki. Agar lebih jelas berikut jalur ke puncak gunung Agung via Pura Bekasih:

1. Pura Besakih - Pos 1

Start awal keberangkatan umumnya dimulai dai pelataran Pura Bekasih. Saat memulai dari Pura Bekasih jalan yang ditemui masih berupa aspal sehingga masih terasa enteng. Setelah itu jalur yang tadinya aspal akan berubah menjadi tanah dan kita mulai memasuki area hutan. Pos 1 biasanya disebut dengan pelinggih 1. Lokasi ini berada pada ketinggian 1513 mdpl. Sebelum berangkat biasanya para guide akan melakukan doa agar perjalanan berjalan lancar. Bagi yang beragama Hindu bisa ikut berdoa bagi yang tidak ingin berdoa bisa menunggu sejenak.

start pendakian via pura bekasih
start pendakian via pura bekasih

Pos 2

Pos kedua ini berada pada ketinggian 1797 mdpl. Jika sebelum sampai ke pos 2 jalanan masih terbilang cukup mudah maka dipos ini stamina anda mulai diuji. Rute jalan akan terus menanjak sehingga bisa menguras tenaga dan stamina.  Perjalanan ini akan ditempuh selama 2-3 jam dan seolah tidak ada habisnya bagi pendaki pemula. Tanahnya cenderung labil sehingga perlu berhati-hati agar tidak terperosok. Jika lelah anda bisa istirahat di pos 2 sebelum melanjutkan perjalanan.

medan menuju gunung agung
medan menuju gunung agung

Pos 3

Pos 3 berada pada ketinggian 2110 mdpl dimana jalur ini didominasi akar pohon berukuran besar. Track ini cukup menguras tenaga karena kita harus sering menaiki akar pohon sebagai pijakan. Saat di pos 3 akan ada petunjuk menuju ke arah tirta Giri Kusuma. Ditempat ini terdapat air yang dianggap suci bagi masyarakat Bali. Airnya sering digunakan untuk upacara keagamaan. Inilah salah satu pentingnya kita menyewa guide karena selain beribadah mereka bisa mengambil air jika kehabisan.

arah menuju tirta giri kusuma
arah menuju tirta giri kusuma

Pos 3 - Pos 5

Pos 3 menuju  pos 4 masih memiliki medan yang hampir mirip. Namun kontur pasir tidak sebanyak saat di pos 3. Saat sampai di pos 4 di ketinggian 2388 mdpl kita bisa mendirikan tenda. area ini cukup lapang. Saat mencapai pos 4  kita sudah bisa melihat pos 5 karena jaraknya yang tidak terlalu jauh.

pembuatan tenda di gunung agung
pembuatan tenda di gunung agung

Pos 5

Pos 5 berada di ketinggian 2571 mdpl. Jalur pendakian ini akan didominasi batuan besar dan tebing. Kita mesti berhati-hati di tempat ini karena jalan yang cukup terjal. saat perjalanan kita akan menemukan pura kecil yang biasa digunakan umat Hindu.

track menuju puncak gunung agung
track menuju puncak gunung agung

Puncak gunung Agung terbagi menjadi 3 bagian yaitu puncak Agung 1, Puncak Agung 2 dan puncak tertinggi gunung Agung di ketinggian 3142 mdpl. Puncak gunung 1 kita dapat melihat kawah gunung Agung.

puncak gunung agung
puncak gunung agung

Pada sisi timur terlihat puncak gunung Rinjani Lombok diantara awan tipis yang berjalan perlahan. Pemandangannya sungguh menakjubkan dan membayar letih selama pendakian.

penampakan gunung rinjani dari puncak gunung agung
penampakan gunung rinjani dari puncak gunung agung

Puncak gunung 2 akan meperlihatkan pemandangan Nusa Penida pada sisi selatan. Rangkaian pantai-pantai indahnya seperti peta hidup. Pada bagian sisi barat laut kita akan melihat Gunung Batur beserta danau batur yang terkenal.

penampakan nusa penida dari gunung agung
penampakan nusa penida dari gunung agung

Tips

Bawalah persediaan air yang cukup untuk mengantisipasi kehabisan air yang cukup sulit diperoleh.

Jika ingin mengejar matahari terbit dan melakukan pendakian malam hari. Pastikan perlengkapan penerangan seperti senter, headlamp atau foglamp yang bisa menembus hujan dan kabut. Pastikan semuanya dalam kondisi baik.

Siapkan stamina dan fisik yang prima

Semoga artikel tentang Rute Pendakian Gunung Agung Via Pura Besakih dapat bermanfaat. Berdiri di puncak gunung Agung dengan pemandangan menakjubkan akan membuat kita semakin kecil dihadapan Sang Pencipta.

 

.