Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kopi Desa Ubud Menikmati Kopi Sambil Menikmati Alam Pedesaan Bali

 kopi desa ubud

Duniahobiku.com - Anda penggemar kopi? Sering mengunjungi pulau Bali? Jika jawaban anda untuk keduanya iya, maka jangan lewatkan tempat yang satu ini. Kopi Desa Ubud bisa menjadi alternatif menikmati  wangi kopi sembari menikmati suasana alam. Tempat ini tidak hanya menawarkan kopi semata tapi berbagai menu tradasional dan modern. Harganya pun ramah dikantung para wisatawan. Agar tidak penasaran, Simak artikel selengkapnya tentang Kopi Desa dibawah ini.

Kopi Desa Ubud Bali

Bali merupakan wisata dunia yang sangat terkenal baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Jika ingin menikmati suasana yang lebih tenang datanglah ke Ubud. Ubud bisa ditempuh selama 1 jam lebih atau sekitar 37 km dari Bandara Ngurai Rai, bali.

Tempat ini jauh dari hiruk pikuk seperti yang ada di Kuta, Bali. Keramahtamahan penduduknya akan membuat anda terkesan dan ingin kembali ke tempat ini di lain waktu. Ubud menawarkan sesuatu yang berbeda. Salah satunya bisa kita jumpai pada salah satu restoran yang masih dibalut kearifan lokal. Nama tempat ini adalah Kopi Desa. Restoran ini menggabungkan arsitektur bangunan dengan konstruksi bambu dan kayu yang ditata rapi. Nuansa pedesaan sangat kental saat berada dalam ruangan Kopi Desa.

suasana santai kopi desa ubud
suasana santai kopi desa ubud

Sejarah Berdirinya Kopi Desa Ubud

Jika berbicara tentang Kopi Desa Ubud tentu tak lepas dari pendirinya Made Indra Negara. Kopi Desa mulai dirintis sejak tahun 2011. Awalnya Made Indra hanya ingin mandiri dengan membuka usaha sendiri dan memberdayakan potensi daerah disekitarnya. Sebelum berkembang seperti sekarang, Desa penestanan kaja merupakan tempat tinggal para volunter dan ekspatriat dari berbagai negara. Hal itu menjadi salah satu alasan Made Indra negara membuka Kopi Desa di Ubud.  Berbekal modal sebesar 175 juta yang didapatnya selama bekerja 10 tahun di hotel ditambah dengan donasi kawan-kawannya di AS, Ia memberanikan diri membuka Kopi Desa. Galeri milik orangtunya dirombak menjadi sebuah kedai kopi. Pengalaman kerjanya selama di hotel menjadi inpirasi dan modal utama dalam mengelola usaha ini.  Saat itu Made merekrut 3-5 anggota keluarganya agar lebih mudah mengatur jalannya usaha.

Tahun tahun awal berdirinya restoran ini menjadi masa paling sulit bagi Made Indra Negara. Bahkan sempat terpikir untuk tidak melanjutkan usahanya karena merasa putus asa. Progress usaha tidak sesuai yang diharapkan oleh Made Indra, pengunjung yang datang hanya 1-3 orang perhari. Bahkan uang tabungannya sudah habis untuk menopang biaya operasional dan membayar gaji karyawan. Namun karena merasa malu ia membatalkan keinginan untuk menghentikan usaha tersebut. Dan itu adalah pilhan yang tepat. Sesandainya Made Indra menutup Kopi Desa maka dia tidak akan melihat Kopi Desa seperti sekarang. Kini pengunjung yang datang bisa lebih dari 50 orang sehari. Bahkan omzetnya sudah mencapai puluhan juta rupiah perbulan. Karakter pengunjung yang datang bermacam macam. Ada yang datang untuk menikmati kopi, bekerja atau sekedar berbincang. Tidak jarang Made Indra meladeni pelanggan hingga larut malam agar pelanggan merasa puas. Itu adalah salah satu kunci sukses usaha milik Made Indra, Kepuasan Pelanggan. Bahkan saat dia sudah merasa lelah, Made tidak keberatan menemani pelanggan. Jika kita melihat statistik di beberapa media travelling, Kopi Desa mendapat 4,5 tanda bintang sebagai bentuk kepuasan pelanggan.

pengunjung kopi desa ubud
pengunjung kopi desa ubud

Menu Kopi Desa Ubud

Awalnya Kopi Desa hanya seperti kedai kopi biasa namun seiring perkembangan usahanya, Made mulai menambah menu makanan. Kita bisa memilih Kopi Desa saat ingin sarapan pagi, siang atau makan malam. Menu yang ditawarkan berupa makanan tradisional maupun masakan western dan Italia. Berikut beberapa menu yang bisa anda temukan di Kopi Desa :

Hot

Bali Kopi Rp 11 ribu

Americano Rp 19 ribu

Espresso Rp 15 ribu

Latte Rp 24 ribu

Cappuccino Rp 22 ribu

Cafe Mocha Rp 24 ribu

Hot Chocolate Rp 20 ribu

Ice

Americano Rp 20 ribu

Latte Rp 25 ribu

Cappuccino Rp 23 ribu

Mocha Rp 25 ribu

Fresh Juice Rp 19 ribu

Lassie Rp 23 ribu

Smoothie Rp 24 ribu

Food

Nasi Goreng Ayam Rp 25 ribu

Nasi Goreng Vegetarian Rp 23 ribu

Mie Goreng Ayam Rp 25 ribu

Mie Goreng Vegetarian Rp 23 ribu

Spaghetti Aglio e Olio Rp 28 ribu

Gado-Gado Rp 25 ribu

Mixed Vegetable Omelete Rp 21 ribu

Scrambles Egg Rp 10 ribu

Fruit Salad Rp 15 ribu

Grilled Cheese Sandwich Rp 28 ribu

Pork Sate Rp 35 ribu

(harga bisa berubah sesuai kebijakan manajemen Kopi Desa)

menu kopi desa ubud
menu kopi desa ubud

Lokasi dan Jam Buka Kopi Desa Ubud

Kopi Desa bisa kita temukan di Jalan Banjar Penestanan Kaja, Sayan, Ubud, Gianyar, Bali 80571

Jam buka : Mulai pukul 7 pagi hingga jam 11 malam

Keunikan Kopi Desa Ubud

Ada banyak restoran dan cafe yang tersebar diberbagai titik di pulau Bali. Masing masing menawarkan nuansa dan keunikan tersendiri. Kopi Desa Ubud juga memiliki ciri khas. Saat berkunjung ke Kopi Desa kita mesti melepas sandal / sepatu sebelum memasuki restoran tersebut. Hal ini dilakukan agar pengunjung merasa seperti dirumah sendiri. Tata krama ini memang masih dipraktekkan masyarakat Indonesia diberbagai wilayah. Sambil menunggu menu makanan dan minuman tiba di meja, anda bisa membaca buku yang disediakan oleh pemilik Kopi Desa. Namun buku tersebut tidak untuk dijual namun jika tertarik anda bisa melakukan barter buku yang sesuai. 

Bagi para pencinta film lawas/klasik anda bisa datang ke Kopi Desa pada hari rabu. Pada hari itu pemilik restoran memutar film-film lama untuk nostalgia dengan film tempo doeloe.

Semoga artikel tentang Kopi Desa Ubud dapat bermanfaat. Café dan restoran modern makin menjamur di berbagai titik di Pulau Bali namun café dan restoran dengan ciri khas lokal masih tetap diminati wisatawan.