Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Takut Bau? Ini 10 Hewan Peliharaan Yang Tidak Bau Bisa Dijadikan Pilihan

 hewan peliharaan yang tidak bau

Duniahobiku.com - Bau pesing dari hewan peliharaan? Tentunya hal itu akan mengganggu penciuman dan membuat anda dan keluarga tidak nyaman. Sebenarnya banyak orang senang melihat dan memelihara hewan peliharaan. Namun bau urin dan kotoran hewan membuatnya berpikir dua kali untuk membelinya. Tunggu dulu! Ada kok jenis hewan peliharaan yang tidak bau. Mungkin 10 daftar hewan peliharaan pada artikel kali ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi anda.

Hewan Peliharaan Yang Tidak Bau

Ada banyak kategori yang sering dicari oleh pelanggan saat akan membeli hewan pelihaaraan. Ada yang mencari hewan peliharaan yang bisa dilatih dan adapula mencari binatang yang jinak. Jika budget belum mencukupi untuk membeli hewan impian anda. Anda bisa memilih hewan peliharaan yang murah dan ramah dikantung. Salah satu kriteria yang diinginkan oleh pelanggan adalah hewan peliharaan yang tidak bau. Berikut daftar 10 jewan peliharaan yang tidak bau untuk anda :

1. Ikan

Ada ratusan bahkan ribuah spesies ikan hias yang bisa anda jadikan pilihan. Mulai dari yang berharga murah hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Ikan bisa menjadi pilihan terbaik jika anda anti terhadap bau yang ditimbulkan hewan. Kotoran yang dihasilkan ikan tidak menimbulkan bau apalagi jika akuarium anda dilengkapi filter. Filter yang baik akan membuat air selalu terlihat jernih dan tidak menimbulkan bau. Air yang berasal dari kotoran ikan bahkan bisa digunakan untuk memupuk tanaman dirumah. Pilih jenis ikan yang sesuai keinginan anda, luas ruangan dan budget anda.

ikan diskus
gambar ikan diskus

2. Kura-Kura

Kura-kura ada 2 macam, kura-kura darat dan kura-kura air tawar. Ukuran keduanya pun berbeda. Ada yang berukuran kecil seperti kura-kura Brasil namun ada juga kura-kura berukuran super besar. Bau dari kotoran hewan ditentukan oleh makanan dan kesehatan hewan. Kura-kura umumnya memakan jenis sayuran sehingga kotoran yang dihasilkan tidak menimbulkan bau menyengat.

kura-kura
gambar kura-kura

3. Burung

Umumnya para penghobi burung memelihara jenis burung berkicau. Selain memiliki suara yang merdu juga dijadikan sebagai koleksi. Bahkan tidak sedikit yang bergelut dalam bisnis burung berkicau. Burung yang memiliki warna menarik seperti lovebird dan nuri juga sering dijadikan koleksi. Burung umumnya mengkomsumsi biji-bijian, serangga, dan buah-buahan. Hal ini membuat kotoran yang dihasilkan sangat sedikit dan tidak menimbulkan bau yang mengganggu.

kandang burung
gambar kandang burung

4. Katak dan Kodok

Bagi para pencinta hewan eksotik, katak dan kodok menjadi hewan peliharaan yang unik. Warna dan kebiasaan katak yang unik membuatnya banyak dijadikan hewan peliharaan yang nyentrik. Makanan kodok dan katak umumnya serangga dan ulat. Kotoran yang dihasilkan pun tidak berbau. Hewan ini cocok bagi anda yang mencari binatang peliharaan yang tidak bau.

katak
gambar katak

5. Kadal (gecko)

Bagi para pencinta reptil tentunya tidak asing dengan leopard gecko, kadal Panama, dll. Kadal menjadi salah satu jenis hewan yang cocok dipelihara dikamar. Beberapa diantara jenis kadal memiliki ukuran kecil. Perawatannya pun cukup simpel dan hanya memerlukan kandang yang sederhana. Makanan kadal adalah serangga dan ulat. Porsi makanan yang diberikan disesuaikan dengan ukuran kadal. Alas kandang berupa pasir akan menyerap bau yang berasal dari kotoran kadal.

leopard gecko
gambar leopard gecko

6. Landak Mini

Apa landak mini bau? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh para pemula yang ingin memelihara hewan imut ini. Tapi jangan salah sangka ya. Ini bukan landak seperrti dalam benak anda yang memiliki duri panjang. Landak mini bisa dipegang dan tidak berbahaya. Landak mini atau landak susu memiliki kotoran yang kering dan tidak berbau. Makanan yang disukai berasal dari serangga seperti jangkrik dan ulat Hongkong. Serutan kayu atau pasir khusus yang ditaruh pada kandang landak akan menyerap bau urin dan kotoran.

landak mini
gambar landak mini

7. Marmut

Marmut ini sering disangka kelinci atau hamster. Bagi yang biasa memelihara marmut pasti tahu perbedaannya. Marmut atau guinea pig berasal dari pegunungan Eropa. Ada dua jenis marmut yang sering kita temukan di pasar hobi. Marmut lokal dan impor. Marmut memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dibandingkan kelinci. Hewan ini memiliki perawatan yang mudah dan makanannya hampir sama dengan kelinci. Jika kelinci memiliki urin berbau pesing, marmut tidak memiliki bau. Kotorannya cenderung kering sehingga tidak menimbulkan bau. Gunakan alas kandang serutan kayu maupun pasir khusus untuk menyerap urin dan kotoran marmut.

marmut
gambar marmut

8. Laba-Laba

Tarantuala, laba-laba peloncat adalah sebagian dari jenis laba-laba yang biasa dipelihara. Mungkin bagi sebagian orang binatang ini dianggap menakutkan. Tapi bagi para penggemar hewan eksotik binatang ini dianggap menarik. Mereka bisa mengamati hewan ini membuat jaring dan cara menangkap mangsa. Laba-laba tidak harus diberi makan setiap hari. Pemberian pakan bisa dilakukan 2-3 hari sekali. Makanan utama laba-laba berupa serangga dan nyamuk. Laba-laba tidak menimbulkan bau dan suara, jadi cocok buat anda yang berani.

tarantula
gambar tarantula

9. Semut

Memelihara semut? Mungkin pertanyaan ini terdengar aneh. Tapi hewan ini memang dipelihara oleh sekelompok orang.  Di Singapura dan Jerman, kelompok ini membuat komunitas untuk saling berbagi informasi mengenai cara memelihara semut. Salah satu jenis semut yang sering dipelihara di indonesia adalah semut rangrang. Semut jenis ini menghasilkan kroto sebagai pakan burung berprotein tinggi. semut Jepang juga banyak dicari para kolektor sebagai pakan tarantula. Hewan ini tidak menimbulkan bau dan bisa dijadikan peluang bisnis menarik.

kandang semut
gambar kandang semut

10. Kalajengking

Kalajengking identik dengan hewan beracun. Tapi hal ini tidak menyurutkan penggemarnya untuk memeliharanya. Ada banyak jenis kalajengking yang bisa dipelihara. Tapi bagi pemula jenis scorpion kaisar bisa jadi awal untuk belajar memelihara hewan ini. Makanan utama kalajengking adalah serangga. Hewan ini juga bisa menjadi pilihan saat mencari hewan yang tidak berbau.

kalajengking

gambar kalajengking

Semoga artikel tentang hewan peliharaan yang tidak bau bisa bermanfaat. Kunci dari pemeliharaan hewan agar tidak bau adalah selalu menjaga kebersihan kandang. Selain tidak berbau kandang bersih juga bisa menjaga kesehatan hewan yang dipelihara. Setelah membaca artikel diatas mana hewan yang jadi pilihan anda?