Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Fungsi Essensial Oil Atau Minyak Atsiri Untuk Tubuh Dan Kesehatan

 

fungsi essensial oil

Duniahobiku.com - Manusia sejak lama sudah mengenal bau harum asal tanaman. Bangsa Romawi dan Mesir Kuno sudah memanfaatkan tanaman lavender untuk mandi dan pemijatan. Di tanah air para putri keraton juga memanfaatkan aroma tanaman untuk membersihkan tubuh.  Setiap tanaman atsiri memiliki kemampuan berbeda yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai tujuan. Simak fungsi essensial oil atau minyak atsiri untuk tubuh dan kesehatan pada artikel dibawah ini.

Apa Itu Essensial Oil ?

Essensial oil adalah minyak yang berasal dari hasil penyulingan akar, batang, daun, biji dan bunga tanaman. Tidak semua jenis tanaman bisa disuling, hanya tanaman yang beraroma wangi yang umum disuling. Hasil penyulingan tanaman dikenal dengan minyak atsiri atau essensial oil. Minyak essensial oil sering disebut minyak terbang (volatile oil), minyak aromatik (aromatic oil). Essensial oil ini dikenal sebagai bibit minyak wangi. Bibit minyak wangi inilah yang digunakan dalam industri farmasi dan parfum.

Fungsi Essensial Oil Untuk Tubuh Dan Kesehatan

Pemanfaatan minyak atsiri yang paling populer adalah sebagai aroma terapi dan industri parfum. Namun sebenarnya masih banyak fungsi lain dari essensial oil yang belum terekspos dengan baik. Berikut bebebrapa fungsi essensial oil berdasarkan jenis tanamannya:

1.           Fungsi essential oil eucalyptus / minyak kayu putih

Indonesia dan Vietnam merupakan pengahsil utama minyak kayu putih dunia. Ada 3 jenis daun tanaman kayu putih yang sering disuling yaitu Mellaleuca leucodendron, M.cajaputi dan M.viridflora. Minyak kayu putih sering digunakan dalam industri farmasi. Minyak kayu putih bermanfaat sebagai penghangat tubuh, obat batuk, pasta gigi, aroma terapi, rematik, gangguan pernafasan, dan saraf tegang.

minyak kayu putih
gambar minyak kayu putih

2.           Fungsi essential oil lemon /  minyak jeruk lemon

Lemon sering digunakan sebagai penambah rasa pada olahan makanan dan minuman. Namun fungsi minyak jeruk lemon lebih luas. Minyak lemon mengandung antioksidan dan anti radang. Minyak lemon bisa digunakan pada untuk mengatasi masalah kulit dan penuaan dini. Menghirup aroma terapi yang berasal dari minyak lemon bisa mengurangi mual dan sistem kekebalan tubuh.

minyak jeruk lemon
gambar minyak jeruk lemon

3.           Fungsi essential oil lavender / minyak lavender

Tanaman ungu ini sangat populer sebagai tanaman pengusir nyamuk. Kandungan linalool asetat pada minyak lavender terbukti sebagai bahan penolak serangga. Kita bahkan memenafaatkan kandungan dalam bunga lavender secara sederhana. Caranya cukup dengan menggosokkkan bunga lavender ke tangan dan kaki untuk menolak nyamuk. Minyak hasil destilasi bunga lavender sering digunakan sebagai aroma terapi.  Kita bahkan dengan mudah menemukan produk rumah tangga dan parfum yang menggunakan lavender sebagai aroma utama. Menghirup aroma lavender juga bisa mengatasi insomnia.

minyak lavender
gambar minyak lavender

4.           Fungsi essential oil peppermint / minyak peppermint

Permintaan pasar dalam negeri akan minyak peppermint cukup tinggi. Namun hingga saat ini indonesia masih mengimpor minyak hasil pengolahan tanaman mint. Impor Indonesia mencapai sekitar 300 ton minyak menthol setiap tahunnya. Padahal tanaman mint sudah bisa dibudidayakan di Indonesia. Ada 3 jenis tanaman mint yang umum disuling. Mentha piperita (pepermint oil), Mentha arvensis (commint) dan Mentha spicata (spearmint). Jika anda sering mengkomsumsi permen dan merasakan sensasi dingin itulah efek dari minyak mint. Minyak peppermint sering digunakan industri untuk membuat permen, obat-obatan, pasta gigi, dll. Minyak ini memiliki fungsi untuk menyegarkan mulut dan melegakan saluran pernafasan. Selain itu minyak ini juga bisa meredakan rasa mual dan sakit kepala.

minyak peppermint
gambar minyak peppermint

5.            Fungsi essensial oil nilam / minyak nilam

Nilam adalah salah satu tanaman primadona yang paling banyak diproduksi. Indonesia bahkan tercatat sebagai eksportir terbesar di dunia. Setiap tahunnya ada sekitar 1500 ton minyak nilam dikirim ke berbagai  negara. Perancis, Amerika Serikat, Inggris, Singapura, India adalah negara tujuan pengriman minyak nilam. Dalam perdagangan internasional minyak nilam dikenal sebagai patchouli oil.  Minyak nilam berfungsi sebagai bahan pengikat dan banyak digunakan dalam industri farmasi dan parfum. Minyak nilam juga dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan dan bahan pembunuh serangga.

minyak nilam
gambar minyak nilam

6.           Fungsi essensial oil sirih / minyak sirih

Sirih bukan barang baru di Indonesia, sejak dulu para orang tua terbiasa mengunyah sirih dan pinang untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Penelitian dikemudian hari membuktikan bahwa sirih mengandung eugenol, estragol, kavikol sekitar 60-80 %. Kandungan tersebut efektif sebagai antibakteri dan antiseptik alami. Pembuatan pasta gigi, cairan kumur,  produk kecantikan dan kesehatan sering menggunakan minyak sirih. Sirih juga sering dimanfaatkan untuk membersihkan bagian-bagian tubuh agar terhindari dari jamur dan bakteri.

tanaman sirih

Gambar tanaman sirih

7.           Fungsi essensial rose oil / minyak mawar

Minyak mawar merupakan salah satu jenis minyak atsiri termahal di dunia. Harga minyak atsiri mawar per kg bisa mencapai 75-200 juta rupiah. Rendemen yang kecil membuat harga minyak mawar melambung. Bayangkan saja untuk menghasilkan 1 kg minyak mawar dibutuhkan sekitar 4 ton bunga mawar segar. Salah satu jenis mawar penghasil minyak atsiri adalah mawar jenis Rosa damascena dan mawar Rosa alba. Minyak mawar dimanfaatkan sebagai pelembap untuk menjaga elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini. Industri parfum juga banyak memanfaatkan aroma wangi dari mawar untuk produk exclusive yang dihasilkan.

proses penyulingan bunga mawar

gambar proses penyulingan bunga mawar

Efek Samping Essensial Oil

Meskipun memiliki sejuta manfaat, essensial oil juga memiliki efek samping. Efek samping ini biasanya timbul bagi yang memiliki kulit sensitif dan alergi kulit. Akibat yang ditimbulkan minyak essensial oil seperti ruam, gatal-gatal, kulit pecah pecah hingga terbakar. Itulah pentingnya sebelum digunakan sebaiknya di coba terlebih dahulu karena sensitivitas kulit tiap orang berbeda.

Cara Menggunakan Minyak Essensial Oil

Molekul-molekul minyak atsiri sangat kecil dan berukuran halus. Ketika aroma minyak tercium diudara oleh hidung maka reseptor penerima akan mengirimnya ke otak. Ada 3 cara umum yang sering dipakai saat menggunakan minyak essensial, yaitu dengan dihirup, pemijatan, dan digunakan untuk mandi. Anda bisa memilih dari ketiga cara tersebut. Untuk penggunakan pemijatan dan mandi sebaiknya digunakan berhati-hati terutama buat anda yang memiliki alergi dan kulit sensitif.

pemijatan menggunakan essensial oil
gambar pemijatan menggunakan essensial oil

Semoga artikel tentang Fungsi Essensial Oil Untuk Tubuh Dan Kesehatan dapat bermanfaat. Minyak atsiri berfungsi holistik yang mencakup pikiran, tubuh dan jiwa. Ada banyak pilihan minyak essesial oil yang bisa anda pilih sesuai dengan selera. Jika ingin penggunaan yang praktis pilih saja produk essesial oil young living yang banyak beredar dipasaran.