Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mudah Menggemukan Badan Tanpa Efek Samping

 cara mudah menggemukkan badan

Duniahobiku.com – Kita lebih sering mendengar produk untuk menguruskan badan dibandingkan cara menggemukkan badan. Fenomena ini cukup unik! Disatu sisi banyak orang yang berusaha mati-matian sampai hampir mati menguruskan badan. Namun disisi lain beberapa orang berusaha untuk menggemukkan berat badannya karena menganggap tubuhnya terlalu kurus dan kurang berisi. Dalam menggemukkan badan kita tidak boleh asal, jangan sampai malah menjadi obesitas dan menimbulkan masalah baru. Artikel ini akan membantu anda menemukan cara mudah menggemukkan badan tanpa efek samping. Semoga bermanfaat!

Cara Menggemukkan Badan

Berat badan seseorang dapat menentukan tingkat kesehatannya. ada banyak penyakit berbahaya yang mengintai orang yang memiliki berat badan berlebih, begitupun saat berat badan kurang dari batas ideal.   Beberapa penelitian menyebutkan kekurangan berat badan bisa menyebabkan osteoporosis, masalah tulang, mengganggu sistem kekebalan tubuh bahkan kematian dini. Kekurangan berat badan juga akan membuat anda kurang percaya diri dan terlihat lebih tua dari aslinya. Untuk menambah berat badan, ada beberapa cara menggemukan badan yang harus ditempuh namun anda harus mengetahui dulu penyebab badan anda kurus.

Secara umum ada 4 penyebab badan seseorang kurus diantaranya faktor genetik atau keturunan, kurang gizi, stress atau banyak pikiran, serta memiliki aktivitas berlebihan. Faktor mana yang kira-kira menjadi penyebab tubuh anda kurus, setelah diketahui barulah anda bisa melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan berat badan. Orang kurus tidak selamanya karena kurang makan. Itulah pentingnya mencari tahu penyebab mengapa badan tidak mengalami kenaikan berat badan. Langkah awal untuk memulai peningkatan berat badan anda adalah melakukan olahraga untuk membuat tubuh lebih sehat, dan didukung oleh konsumsi suplemen susu untuk menambah masa otot tubuh anda. Berikut ini beberapa cara menggemukkan badan secara alami:

1.      Tingkatkan Porsi Makan

Meningkatkan porsi makan anda akan membuka peluang untuk meningkatnya berat badan, namun selain jumlahnya, kualitas makanan yang anda konsumsi pun harus diperhatikan. Hindari mengkonsumsi junk food berlebihan karena dapat meningkatkan jumlah lemak jahat dan kolesterol dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi berbagai makanan sehat kaya nutrisi agar kesehatan tubuh dapat terjaga. Beberapa orang secara genetik kurus memang cukup sulit menaikkan berat badan. Meskipun mengkomsumsi makanan secara berlebih namun berat badan cenderung lambat naik. Dilain pihak orang yang secara genetik cenderung gemuk akan sangat mudah mengalami kenaikan berat badan meskipun hanya mengkomsumsi makanan secara normal.

meningkatkan porsi makan
meningkatkan porsi makan

2.      Cukup Istirahat

Kebutuhan istirahat dapat dipenuhi dengan waktu tidur yang cukup. Jika anda cukup istirahat maka peningkatan berat badan akan terwujud dengan cepat. Hindari begadang, karena hal tersebut dapat menghambat meningkatnya berat badan anda. Tidur yang cukup akan meregenerasi sel-sel tubuh dan metabolisme tubuh.

tidur yang cukup
tidur yang cukup

3.      Konsumsi Makanan Berlemak

Agar tubuh anda berisi, anda harus mengkonsumsi berbagai makanan berlemak. Namun harus diperhatikan, lemak seperti apa yang harus anda konsumsi. Karena lemak ada 2 macam yakni lemak baik (HDL) dan lemak jahat (LDL). Jangan sampai anda mengkonsumsi makanan mengandung lemak jahat karena akan mengancam kesehatan. Anda bisa memilih mengkonsumsi makanan mengandung lemak baik seperti ikan, daging  dan biji-bijian.

makanan berlemak
gambar makanan berlemak

4.      Kunyah Makanan Sampai Halus

Hal ini harus diperhatikan saat anda makan. Kunyah makanan hingga halus agar makanan lebih mudah diproses oleh tubuh dan kandungan gizinya juga akan lebih mudah diserap. Jika makanan masih kasar, maka usus tidak akan menyerap sari makanan dengan baik. Usahakan untuk mengunyah makanan hingga halus sebelum anda menelannya. Menurut beberapa penelitian kita mesti mengunyah makanan sekitar 20-40 kali sebelum ditelan. Banyaknya mengunyah tergantung apakah makanan tersebut keras atau lunak.

mengunyah makanan
mengunyah makanan 

5.      Jangan Minum Air Sebelum Makan

Meminum air dalam jumlah berlebihan sesaat sebelum makan akan membuat anda merasa kenyang. Hal ini tentu saja bisa mengurang porsi makan anda. Hindari hal-hal yang bisa membuat anda merasa kenyang sebelum makan. Termasuk ngemil dan minum air putih berlebihan. Meminum air 30 menit sebelum makan cocok bagi anda yang sedang diet untuk menurunkan badan bukan sebaliknya.

jangan minum air sebelum makan
jangan minum air sebelum makan

6.      Minum Susu

Meminum susu lebih banyak dan sering bisa mempercepat peningkatan berat badan anda. Kandungan lemak, protein dan kalori didalam susu bisa menambah massa otot dan tulang anda secara keseluruhan dan mencegah osteoporosis. Pilih susu yang mengandung protein tinggi dan lemak, bukan susu low fat.

minum susu secara teratur
minum susu secara teratur

7.       Komsumsi Suplemen Penambah Berat Badan

Saat ini kita dengan mudah menemukan berbagai suplemen khusus dipasaran untuk meningkatkan berat badan. Kandungan protein tinggi dalam suplemen akan membantu proses pembentukan tubuh agar lebih ideal. Beberapa suplemen bisa meningkatkan nafsu makan anda lebih baik sehingga akan mempercepat proses menggemukkan tubuh. Pilih produk yang telah lulus BPOM agar lebih terjamin.

suplemen penambah berat badan
gambar suplemen penambah berat badan

8.      Berhenti Merokok

Kandungan nikotin dalam rokok dapat meningkatkan pelepasan hormon norepinephrine yang bisa mengacaukan kadar hormon dalam tubuh sehingga bisa menurunkan nafsu makan sesorang perokok. Bagi perokok aktif yang kecanduan berat ada pameo “lebih baik tidak makan daripada tidak merokok”. Kebiasaan ini akan sulit dihilangkan tanpa niat yang kuat dari perokok aktif untuk lepas dari “candu rokok”. Menghilangkan kebiasaan merokok akan membuat tubuh lebih sehat dan secara perlahan akan menaikkan berat badan secara holistic.

rokok
gambar rokok

9.      Olahraga Secara teratur

Meskipun anda mengkomsumsi banyak makanan dan berat badan bertambah namun anda harus waspada. Makanan yang berubah menjadi lemak ditubuh kurang sehat. Bukannya berat ideal yang didapat namun tumpukan lemak malah terlihat di perut, tangan dan kaki. Agar lemak tersebut menjadi otot maka diperlukan olahraga secara teratur. Mengangkat beban adalah salah satu cara untuk mengubah lemak menjadi otot. Lakukan hal ini secara rutin minimal 2-3 kali seminggu agar memperoleh hasil yang maksimal.

olahraga secara teratur
olahraga secara teratur

10.      Komsumsi Makanan Berkalori Tinggi Untuk Gemuk

Nasi, telur, keju, susu, daging merah, kentang, roti gandum adalah sebagian makanan yang memiliki kalori cukup tinggi. Makanan tinggi protein dan kalori dapat mempercepat proses penambahan berat badan. Perbanyak porsi makanan ini setiap kali anda makan.

makanan berkalori tinggi

 makanan berkalori tinggi

Itulah 10 cara mudah menggemukan badan tanpa efek samping, selamat mencoba! Kurus atau gemuk bukan hal mutlak seseorang dikategorikan sehat. Itu cuma salah satu indikator kesehatan seseorang secara umum.

Bonus:

Rumus berat badan normal (kg) = tinggi badan (cm) – 100 adalah berat badan ideal. Jika anda memiliki tinggi badan 165 cm maka berat ideal adalah 65 kg.