Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengobati Ikan Cupang Yang Terluka Akibat Bertarung

cara mengobati ikan cupang yang terluka

Duniahobiku.com - Ikan cupang termasuk agresif dan territorial. Ikan cupang lain yang memasuki wilayahnya akan diserang dan jika lawannya memiliki “nyali” maka keduanya akan bertarung sampai salah satunya kalah. Pertarungan tersebut akan membuat keduanya terluka bahkan tidak jarang salah satunya mati karena terluka parah. Bukan cuma cupang jantan yang bertarung, ikan cupang betina pun sering menyerang cupang jantan yang tidak disukai saat dilakukan penjodohan, begitupula sebaliknya. Lalu bagimana cara mengobati ikan cupang yang terluka agar cepat sembuh? Simak penjelasannya pada artikel dibawah ini.

Penyebab Ikan Cupang Terluka

Popularitas ikan cupang semakin menjulang di kalangan penggemar ikan hias. Bentuk dan corak tubuhnya yang menarik membuatnya disukai berbagai kalangan baik tua dan muda. Ikan cupang awalnya dikenal sebagai ikan aduan tapi kini menjadi penghias akuarium dirumah yang menarik. Ada beberapa sebab mengapa ikan cupang bisa terluka, penyebabnya antara lain :

1.      Adu Ikan Cupang

Naluri petarung ikan ini sering dimanfaatkan segelintir orang sebagai ajang taruhan seperti pada sabung ayam. Ikan cupang yang diadu akan mengalami luka dan tidak jarang menjadi cacat. Ekor dan sirip yang tadinya indah sobek disana sini. Luka yang dibiarkan bisa menjadi jalan masuknya bibit penyakit dan parasit.

ikan cupang bertarung
gambar ikan cupang bertarung

2.      Ikan Cupang Menabrak Media Pemeliharaan

Ikan cupang umumnya dipelihara di akuarium, botol, maupun toples. Saat menata beberapa ikan cupang berdampingan kita lupa memberi sekat/penutup. Naluri ikan yang selalu ingin bertarung membuatnya menabrak botol/toples media pemeliharaan karena menganggap ikan cupang disebelahnya menantangnya. Tabrakan berulang pada dinding kaca akan membuat bagian mulut ikan terluka.

ikan cupang dalam toples
ikan cupang dalam toples

3.      Ikan Belum Siap Kawin

Ikan cupang yang terlalu muda sebaiknya tidak dilakukan perkawinan.  Ikan yang belum siap kawin terutama cupang betina akan “melawan” ikan jantan yang masuk kedalam wilayahnya. Perbedaan ukuran juga bisa menyebabkan ikan bukannya kawin malah bertarung habis-habisan. Biarkan ikan cupang cukup umur sebelum melakukan pemijahan.

perkawinan ikan cupang
gambar perkawinan ikan cupang

Cara Mengobati Ikan Cupang Terluka

Jika ikan cupang terlanjur terluka baik disengaja maupun terjadi secara alami lakukan pengobatan secepatnya. Jika dibiarkan luka pada ikan akan semakin parah dan akibatnya ikan bisa mengalami kematian. Ikan yang sakit cenderung malas untuk makan dan bergerak. Ikan yang sakit dan terluka sebaiknya dikarantina dan mendapat perawatan. Berikut beberapa cara mengobati ikan cupang yang terluka :

1. Berilah Makanan Yang Tidak Hidup

Hal ini penting di lakukan agar kesehatan dan luka pada ikan cupang cepat sembuh anda sebaiknya tidak memberi ikan cupang makanan yang hidup seperti ikan cetol atau jentik nyamuk karena hal ini akan membuat ikan cupang bergerak aktif dan mengakibatkan luka pada ikan lebih lama sembuh. Berikan makanan berupa cacing darah yang sudah mati dan usahakan cacing tersebut tidak bergerombol agar ikan lebih mudah dalam melahapnya. Jika ikan cupang terbiasa memakan mikro pelet, anda bisa memberikannya sebagai pengganti jentik nyamuk.

2. Jaga Kualitas Air

Menjaga kualitas air tetap bersih dan sehat sangat penting selama perawatan ikan yang sedang sakit dan terluka. Kualitas air yang baik akan mempercepat proses penyembuhan luka pada tubuh ikan. Ganti air secara berkala setiap 3 hari sekali jika perlu tambahkan antibiotik seperti blitz icht yang berfungsi sebagai anti bakteri dan jamur. Gunakan sesuai dosis yang tertera pada label kemasan.

menjaga kualitas air ikan cupang
menjaga kualitas air ikan cupang

3.      Air Di Dalam Tempat Ikan Cupang Harus Air Steril

Hindari pemakaian air PDAM selama pengobatan ikan yang terluka. Kandungan kaporit yang tinggi pada air PDAM bisa membuat ikan merasa kesakitan dan menyebabkan kematian pada ikan dalam konsentrasi tinggi. Gunakan air sumur yang telah diendapkan selama semalam agar kandungan berbahaya didalam air bisa diminimalisir.

4. Memberi Daun Ketapang Kering

Menurut penelitian daun ketapang mengandung alkaloid, tanin dan flavanoid.  Kandungan dalam daun ketapang memiliki sifat antibakteri, anti jamur dan antiinflamasi. Para penggemar ikan cupang biasanya tidak asing dengan daun ketapang. Penggunaanya pun sangat mudah tinggal mencari daun ketapang kering lalu bilas dengan air bersih. Setelah itu celupkan daun ketapang kering dalam akuarium atau toples sebagai wadah pemeliharaan ikan cupang. Setelah beberapa waktu air akan berubah kuning kecoklatan sebagai pertanda kandungan daun ketapang sudah larut dalam air. Air yang mengandung daun ketapang dapat mempercepat penyembuhan luka ikan cupang.

pemberian daun ketapang pada ikan cupang
pemberian daun ketapang pada ikan cupang

5. Menghindari Latihan Pada Ikan Cupang

Jika ikan cupang anda masih belum sembuh sepenuhnya sebaiknya anda mengurungkan niat untuk melatih ikan cupang anda walupun ikan cupang terlihat mulai agresif. Tunggu setelah sirip dan ekor yang rusak pulih sepenuhnya. Anda dapat melatih ikan cupang setelah 1 bulan pengobatan untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.

Semoga artikel tentang 5 Cara Mengobati Ikan Cupang Yang Terluka dapat bermanfaat. Jangan menunda untuk melakukan pengobatan saat menemukan ikan cupang yang terluka akibat bertarung. Semakin cepat ditangani maka ikan bisa terhindar dari kematian.