Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Memasang Umpan Udang Hidup Pada Mata Kail Bagi Pemula

 cara memasang umpan udang hidup pada mata kail

Duniahobiku.com – Bagaimana cara pasang udang hidup pada mata kail ? Pemasangan umpan udang hidup memerlukan teknik yang tepat. Teknik yang baik akan membuat umpan tetap hidup dan bergerak. Umpan hidup akan merangsang ikan target untuk segera menyambar umpan. Artikel kali ini akan berbagi tentang cara memasang umpan hidup pada mata kail terutama buat pemula. Jika pemasangan umpan hidup tepat maka peluang untuk mendapatkan hasil pancingan semakin tinggi.

Saat memancing kita bisa memilih jenis umpan yang kita sukai. Beberapa pemancing suka menggunakan umpan udang hidup karena dianggap lebih mudah didapatkan. Di lain pihak para pemancing laut lebih menyukai umpan buatan karena dianggap praktis. Para pemula   masih sering melakukan kesalahan memasang umpan udang saat memancing. Umpan udang yang dikait pada mata kail tidak bertahan lama dan mati. 

Cara Memasang Umpan Udang Hdup Pada Mata Kail

Udang merupakan salah satu jenis umpan yang paling sering digunakan saat memancing. Udang segar yang telah mati juga sering digunakan. Namun tingkat keberhasilannya rendah dibanding menggunakan umpan udang hidup. Artikel kali ini akan memberikan beberapa metode yang bisa anda gunakan saat memancing. Berikut cara memasang umpan udang hidup pada mata kail :

1.  Memasang Mata Kail Dari ekor

Saat memasang mata kail ke tubuh ikan usahakan jangan sampai mengenai organ vital udang. Hal ini akan membuat udang cepat mati. Tujuan dari metode ini adalah membuat udang tetap hidup dan terus bergerak. Pergerakan udang akan merangsang ikan target untuk segera menyambar. Kaitkan mata kail pada bagian ujung ekor tepatnya 1 ruas jari dari pangkal ekor udang. Kaitkan mata kail dari bawah keatas sehingga udang bisa tetap bergerak.

memasang mata kail dari ekor
gambar memasang mata kail dari ekor

2. Memasang Mata Kail Dari Bagian Kepala

Saat memasang mata kail pada bagian kepala harus berhati-hati. Hindari mata kail mengenail bagian mata udang. Mata kail dikaitkan pada bagian atas mata udang. Sekitar 1 ruas jari bagian mata. Pengaitan mata kail pada bagian ini akan membuat udang tetap bisa berenang secara normal. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan gunakan timah pemberat yang berlebihan. Bukannya berenang udang malah akan tenggelam terbawa oleh beratnya timah.

memasang mata kail bagian kepala udang
gambar memasang mata kail bagian kepala udang

3. cara memasang udang mati pada mata kail

Metode ini sebenarnya banyak digunakan pada udang yang mati. Saat mancing kita sering menemukan udang yang sekarat dan sudah malas bergerak. Daripada umpan udang dibuang percuma maka metode ini bisa diterapkan. Toh udang yang sekarat jika dibiarkan akan mati juga.  Caranya berbeda dengan 2 cara diatas. Mata kail jighead dipasang dari bawah mulut terus keatas kepala udang. Saat ditarik udang akan bergerak dan seolah-olah masih sehat. Hal ini bisa merangsang naluri ikan predator untuk segera menyambar umpan.

cara memasang udang mati pada mata kail
 cara memasang udang mati pada mata kail

Cara Membuat Umpan Udang Tahan Lama

Udang hidup akan memperbesar keberhasilan saat memancing. Berikut beberapa tips untuk menjaga kondisi udang agar tetap hidup sebelum digunakan memancing.

1. Gunakan Aerator

Udang memerlukan kadar oksigen yang tinggi agar bisa survive. Gunakan Aerator (gelembung udara) bertenaga baterai untuk menjaga suplai oksigen.  Cara ini terbukti bisa memperpanjang masa hidup udang didalam kotak umpan. Para pemancing sering menggunakan cara ini untuk menjaga kesegaran udang hidup.  Jika tidak mau repot merakitnya, beli sak di toko online. Tinggal pilih , pesan, lalu bayar, tunggu barang tiba dirumah.

kotak aerator udang hidup
gambar kotak aerator udang hidup

2. Penambahan Tanaman Air

Tanaman air/rerumputan bisa ditambahkan pada kotak udang hidup. Hal ini akan membuat udang hidup bisa bertahan lebih lama didalam kotak umpan. Hal ini juga bisa mencegah udang hidup dalam kotak melompat keluar.

tempat udang hidup
gambar tempat udang hidup

3. Gunakan Kotak Umpan Berjaring/Berlubang

Agar udang hidup bisa tetap segar gunakan jaring sebagai media penyimpanan udang. Saat dilokasi anda bisa mencelupkan umpan kedalam air. Ambil umpan udang sesuai kebutuhan kemudian celupkan lagi kedalam air.

jaring umpan udang hidup

gambar jaring umpan udang hidup

Semoga artikel tentang  3 cara memasang umpan udang hidup pada mata kail bagi pemula dapat bermanfaat. Tentunya setelah mengetahui caranya anda tidak melakukan kesalahan lagi. Semakin sering anda memasang umpan hidup maka anda akan terbiasa.