Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Air Terjun Kapas Biru Lumajang Yang Menggoda

 air terjun kapas biru lumajang

Duniahobiku.com - Anda menyukai wisata air terjun? Air terjun kapas biru yang terletak di Lumajang bisa menjadi alternatif saat liburan tiba.  Keindahan alamnya masih sangat asri dan belum banyak diketahui orang. Rindangnya pepohonan akan membuat anda merasakan kesejukan alam yang tenang. Bagi anda yang menyukai wisata alam terbuka tempat ini layak untuk anda kunjungi. Artikel kali ini akan membahas wisata air terjun kapas biru dan rute menuju air terjun kapas biru. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel dibawah ini.

Air Terjun Kapas Biru Lumajang Jawa Timur

Air terjun kapas biru terletak di kecamatan Pronojiwo Lumajang, Jawa Timur. Masyarakat setempat menyebut air terjun ini dengan sebutan coban kapas biru. Coban artinya air terjun. Kata ini diambil dari bahasa Jawa. Lumajang secara administratif terletak di sebelah utara gunung Semeru. Sebelah selatan kita dapat menemukan kecamatan Tempursari. Bagian timur kita akan mendapati kecamatan Candipuro. Pada bagian sebelah barat kita akan menemukan Kabupaten Malang. Tempat wisata ini mulai dibuka sejak tahun 2015 dan mulai menarik wisatawan lokal dan mancanegara. Tempat ini bahkan telah diliput pada salah satu stasiun televisi swasta. Acara tersebut makin menambah penasaran wisatawan ingin mengunjungi air terjun ini. Wisatawan asal Malaysia dan Australia bahkan tercatat mengunjungi tempat wisata ini.  Tertarik mengunjungi air terjun kapas biru Lumajang? Simak rutenya dibawah.

Rute Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Lokasi Air Terjun Kapas Biru terletak di Kecamatan Pronojiwo. tepatnya sekitar 51.6 km dari pusat Kota Lumajang dan bila dari Malang memiliki jarak sekitar 70.1 km. Berikut rute yang bisa anda tempuh menuju kapas biru Lumajang :

Dari Lumajang

Anda dapat langsung mengarahkan kendaraan menuju Jl. Raya Dampit-Lumajang, kemudian arahkan ke Jl. Nasional III di Candipuro dan lewati Polsek Candipuro.

Kemudian ikuti terus jalan tersebut hingga nantinya anda akan naik kearah Gunung Sewu dan melewati Jembatan Gladak Perak.

Setelah itu anda cukup ikuti saja jalan tersebut hingga nanti akan masuk ke wilayah Kecamatan Pronojiwo.

Terus dijalan tersebut hingga nanti anda akan menemukan marka petunjuk jalan ke arah Goa Tetes/Air Terjun Tumpak Sewu. Karena letak Air Terjun Kapas Biru terletak sebelum kedua lokasi air terjun tersebut.

Setelah mengikuti jalan tersebut, maka pertama anda akan melewati pintu masuk Air Terjun Sumber Telu/Coban Sumber Telu.  Jalan kesana  ditandai dengan sebuah banner bertuliskan"Air Terjun Kapas Biru".

Disamping banner tersebut terdapat sebuah jalan yang tak terlalu besar (hanya cukup 1 mobil). Ikuti jalan jalan tersebut maka anda akan tiba di lokasi air terjun.

Dari Jember

Arahkan kendaraan menuju Pasar Kencong. kemudian nantinya anda akan menemukan sebuah lampu merah dan belok kiri lalu terus ikuti jalan tersebut hingga masuk ke Jombang.

Setelah itu tetap ikuti jalan tersebut menuju Tempeh, lalu masuk ke arah Dampit/Turen hingga nantinya masuk ke Candipuro.

Kemudian sama seperti dari arah Lumajang anda akan masuk melewati Gladak Perak dan ikuti seperti petunjuk diatas.

Dari Malang

Arahkan kendaraan anda menuju Turen, setelah itu belok kiri di PT. Pindad. Kemudian arahkan kembali menuju Dampit.

Setelah itu ikuti terus jalan tersebut hingga nantinya anda akan masuk ke Jl. Dampit-Lumajang/Jl. Nasional III.

Tetap berada di jalan tersebut hingga anda mulai masuk ke wilayah Kecamatan Pronojiwo. Setelah itu anda akan menemukan spanduk / benner untuk masuk ke Air Terjun Tumpak Sewu.

Lewati itu hingga anda juga akan melewati banner Goa Tetes sekitar 500 meter ke depan. Setelah itu lurus terus hingga anda menemukan Polsek Pronojiwo dan banner masuk Air Terjun Kabut Pelangi.

Dari titik ini pelankan laju kendaraan hingga nanti terdapat sebuah spanduk membentang ditengah jalan bertuliskan "Air Terjun Kapas Biru", lalu lihat disisi kanan jalan terdapat sebuah jalan  tak terlalu besar (hanya cukup 1 mobil) dan anda masuk ke jalan tersebut.

Jika anda terlewat dan tak bisa menemukan jalan/gang masuk tersebut tak perlu khawatir. Nantinya sekitar 300 meter didepan terdapat sebuah tikungan dan ada banner besar untuk jalan masuk yang dari arah Lumajang.

Dari arah Lumajang/Jember masuk ke jalan samping banner dari arah Malang masuk jalan sebelum tikungan.

spanduk air terjun kapas biru
spanduk air terjun kapas biru

Sejarah Air Terjun Kapas Biru

Pak Martono dan Bu Martini menjadi tempat terbaik mencari informasi seputar air terjun kapas biru. Menurut keduanya jalan menuju air terjun dulunya hanya dilalui oleh para peternak untuk mencari rumput. Jalan ini hanya bisa dilalui satu orang saja sehingga saat berpapasan harus ada yang mengalah.

jalan menuju air terjun kapas biru
jalan menuju air terjun kapas biru

Konon nama air terjun kapas biru diambil dari aliran air terjun yang mengalir seperti kapas. Tumpahan air terjun menimbulkan gradiasi warna kebiruan yang cantik. Nama inilah yang dipergunakan hingga kini.

Awalnya tempat ini menjadi polemik sebelum dibuka pada tahun 2015.  Pro dan kontra terjadi pada warga sekitar. Ada yang pro dan juga tidak mendukung ide tempat wisata ini. Pihak pemerintah mulai dari kepala desa hingga Kabupaten menjadi penengah masalah tersebut. Akhirnya setelah perundingan maka tempat ini resmi dibuka sebagai tujuan wisata di Lumajang.

air terjun kapas biru
air terjun kapas biru

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kapas Biru

Setibanya di lokasi parkir, anda akan dikenakan biaya sekitar Rp. 5000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil. Setelah itu anda dapat berjalan kaki menuju jalan setapak dan melewati 3 rumah di belakang lokasi parkir. Ketiga rumah ini adalah milik keluarga "Pak Martono"  selaku pemilik tanah di lokasi air terjun ini. Pada salah satu rumah tersebut terdapat sebuah rumah milik "Bu Martini" (adik dari Pak Martono). Bu Martini membuka sebuah warung dan sering digunakan wisatawan beristirahat sejenak ditempat ini. 

Dari kawasan lokasi area parkir ini, anda nantinya akan berjalan kaki/trekking sejauh  1¼ km menyusuri jalan setapak. Dimana pertama anda akan masuk kearea perkebunan salak milik warga yang kemudian turun perlahan menuruni tebing sekitar sedalam 30 meter. Dimana jalurnya terbilang tak terlalu menguras fisik jika dibandingkan dengan Air Terjun Tumpak Sewu. Perlu menjadi catatan bagi anda yang ingin ke lokasi Air Terjun Kapas Biru, sepanjang jalur ini terdapat banyak air terjun berukuran kecil yang berjumlah setidaknya terhitung sekitar 7 buah air terjun. Sehingga banyak pengunjung yang datang merasa bingung dan salah, kemudian akhirnya memutuskan kembali ke lokasi parkir. Sebagai kunci untuk menemukan lokasi Kapas Biru, anda haruslah melewati sawah dan kemudian jembatan bambu. Dari jembatan bambu air terjun sudah terlihat dan hanya berjarak sekitar 150 meter lagi. Dimana lokasinya berada dipaling ujung/akhir sehingga sudah tak ada jalan lagi.

jembatan bambu menuju air terjun kapas biru
jembatan bambu menuju air terjun kapas biru

Fasilitas Air Terjun Kapas Biru

Setibanya dilokasi sudah ada beberapa fasilitas pendukung kegiatan wisata disekitar lokasi Kapas Biru. Fasilitas itu berupa  3 saung/gazebo, bangku yang terbuat dari bambu, toilet, serta warung (hanya buka di Sabtu/Minggu saja). Berfoto disekitar air terjun akan menghasilkan gambar dengan tema alam yang luar biasa. Perpaduan air terjun, tebing dan pemandangan alam sangat memukau. Foto-foto inilah yang banyak bertebaran di dunia maya dan membuat semakin banyak orang penasaran.  Komunitas fotografer sering berkunjung ketempat ini untuk mencari spot foto yang unik.

gazebo air terjun kapas biru
gazebo air terjun kapas biru

Bagi anda yang ingin berenang, memang disini anda tak diperbolehkan berenang. Debit air yang terjun dari ketinggian sekitar 100 meter ini begitu deras, sehingga tentu dapat berbahaya bagi keselamatan. Akan tetapi, tak perlu khawatir, anda masih tetap bisa berenang dan merasakan segarnya air disekitar sungai aliran Air Terjun Kapas Biru. Bagi anda yang ingin bermalam, memang tak ada fasilitas penginapan, sehingga mau tidak mau anda dapat menuju lokasi Air Terjun Tumpak Sewu karena disana sajalah yang terdapat fasilitas penginapan.  Atau bisa juga bagi anda yang mempunyai kegemaran outdoor, anda dapat camping disekitar lokasi air terjun. Bila berminat anda cukup utarakan saja keinginan tersebut pada pihak pengelola di area parkir. Tak perlu khawatir dengan gangguan dari hewan liar. pasalnya hutan dikawasan ini tak memiliki satwa buas sehingga cukup aman bagi anda yang ingin camping.

camping disekitar air kapas biru lumajang
camping disekitar air kapas biru lumajang

*Tips

Gunakan applikasi maps pada smartphone sebagai panduan jalan menuju Air Terjun Kapas Biru.

Siapkan fisik dan stamina karena medan yang dilalui lumayan menguras tenaga.

Sebaiknya jangan mengunjungi air terjun kapas biru di musim penghujan karena medan akan terasa lebih berat dan rawan longsor.

Semoga artikel tentang wisata air terjun air kapas biru Lumajang dapat bermanfaat. Petualangan menuju ke air terjun kapas biru selain untuk refreshing juga bisa menjadi olahraga alam yang menantang.