Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daripada Ke Maldives Lebih Baik Trip Ke Pulo Cinta Gorontalo

trip ke pulo cinta gorontalo

Duniahobiku.com - Apakah anda berencana ke Maldives? Daripada ke Maldives kenapa tidak ke pulo Cinta saja? Maldives memang terkenal di kalangan para travellers yang menyukai pemandangan laut. Maldives sendiri terletak disebelah barat daya Srilangka dan memiliki 26 atol yang menakjubkan. Namun Indonesia sebagai negara kepulauan juga memiliki wisata laut yang tidak kalah menarik dengan cita rasa Maldives. Wisata tersebut ada di Gorontalo dan dikenal dengan nama Pulau Cinta. Pernah mendengarnya? Kalau belum, silahkan simak apa saja yang ada di Pulau Cinta pada artikel ini. Selamat Membaca!

Pulau Cinta Gorontalo

Gorontalo merupakan sebuah kota di Sulawesi yang masuk dalam wilayah administratif Sulawesi Utara. Gorontalo secara resmi menjadi Provinsi ke-32 pada tanggal 22 Desember 2000. Kita mengenal julukan Aceh sebagai "Serambi Mekah".  Kota Gorontalo juga mendapat julukan sebagai “Serambi Madinah” karena aktivitas keagamaan yang kental. Gorontalo berbatasan langsung dengan wilayah Provinsi Sulawesi Utara bagian barat. Pulau Cinta terletak di Gorontalo tepatnya di Kabupaten Boalemo. Pulau Cinta lumayan jauh dari kota Gorontalo. Butuh waktu sekitar 3 jam atau 115 km untuk sampai kesana. Namun pemandangan yang luar biasa akan menghilangkan rasa penat anda selama dalam perjalanan. 

foto prawedding di pulau cinta
foto prawedding di pulau cinta

Sejak 2015 pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata di kota Gorontalo. Meskipun terhitung destinasi wisata baru namun  Pulau Cinta Gorontalo bisa mencuri perhatian. Foto-foto dan video indah yang bertebaran di media sosial membuat banyak orang penasaran. Maka dalam waktu singkat pulau ini terkenal sebagai Maldivesnya Indonesia. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat bulan madu pasangan baru ataupun foto prawedding.

Sejarah Pulau Cinta

Pulau Cinta konon berawal dari kisah percintaan antara Pangeran dari Kerajaan Gorontalo dengan Puteri seorang saudagar kaya raya asal Belanda. Pada saat itu merupakan masa peperangan sehingga menyebabkan kedua insan ini tak mendapat restu dan ditentang oleh kedua belah pihak keluarga. Namun karena besarnya hasrat cinta antara keduanya, mereka pun sepakat untuk dapat selalu bersama dan menjadikan pulau ini sebagai titik temu keduanya secara diam-diam. Demi mengenang kisah tersebut, maka para warga sekitar memberikan nama pulau ini dengan "Pulau Cinta" atau Pulo Cinta. Versi lain menyebutkan nama pulau diambil dari bentuknya yang menyerupai jantung hati. Bentuk hati menjadi simbol sebuah hubungan cinta.

pulau cinta berbentuk hati
pulau cinta berbentuk hati

Resort Pulau Cinta Gorontalo 

Pulau Cinta memang menawarkan keunikannya dibandingkan wisata pantai lainnya. Selain bentuk pulau yang berbentuk hati/love dengan hamparan pasir pantai putih nan halus, disekitar pulau pun telah disediakan fasilitas resort terapung yang memiliki kesan eksklusif dengan desain arsitektur menawan berkonsep natural bernama "Pulau Cinta Eco Resort". Memiliki jumlah kamar yang terbatas yakni hanya sekitar 15 unit saja memberikan kesan sangat privasi kala berlibur di Pulau Cinta Gorontalo. Sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin berbulan madu romantis dengan pasangan.

resort pulau cinta
resort pulau cinta

Menurut informasi yang didapat, pihak Pemprov bukan pihak yang secara langsung mengelola Pulau Cinta, Pemerintah provinsi menggandeng para investor sebagai pihak ketiga untuk mengelolanya.  barulah kemudian pihak Pemprov mendapatkan retribusi sebagai keuntungannya. Dengan kontrak awal selama 3 tahun pihak investor tersebut membangun Pulau Cinta Resort dengan standar layanan internasional pada ke-15 kamar yang ada. Dimana dari semua kamar terbagai dalam 3 type cottages yang semuanya terbuat dari kayu dan beratapkan jerami membuat suasananya begitu natural. Dari ketiga tipe kamar di Pulau Cinta Gorontalo anda dapat bebas memilih mana yang paling oke. Berikut luas dari ketiga cottage tersebut 

Cottages 1 kamar tidur dengan luas 92 meter/segi.

Cottages 2 kamar tidur dengan luas 156 meter/segi.

Cottages 3 kamar tidur dengan luas 212 meter/segi.

semua tipe kamar memiliki teras, ruang keluarga hingga kolam renang pribadi

Harga Cottage Pulau Cinta

Cottages 1 Kamar Tidur (2 orang)

Rp. 3.500.000/malam (weekdays)

Rp. 4.500.000/malam (weekend)

Rp. 5.000.000/malam (high season/libur nasional)

Cottages 2 Kamar Tidur (4 orang)

Rp. 7.000.000/malam (weekdays)

Rp. 9.000.000/malam (weekend)

Rp. 10.000.000/malam (high season/libur nasional)

Cottages 3 Kamar Tidur (6 orang)

Rp. 10.500.000/malam (weekdays)

Rp. 13.500.000/malam (weekend)

Rp. 15.000.000/malam (high season/libur nasional)

Harga Cottage di pulo Cinta sudah termasuk:

1. Antar jemput dari Bandara Jalaluddin, Gorontalo

2. Penyeberangan menggunakan boat menuju Pulau Cinta

3. Makan 3x sehari (plus include teh/kopi)

4. Alat Snorkeling

5. Island Hopping Trip atau mengunjungi beberapa pulau disekitar dalam waktu satu hari.

Harga kamar pulau Cinta Gorontalo relatif lebih mahal mengingat fasilitasnya cukup lengkap. Tapi harga tersebut sebanding dengan pengalaman yang anda dapatkan. Anda akan merasakan sensasi menjadi raja dan bangsawan selama menikmati keindahan pulau tersebut. Tempat ini menawarkan privasi yang sangat intens dan jauh dari hiruk pikuk kota metropolitan.

Lokasi Pulau Cinta Gorontalo

Lokasi Pulo Cinta Eco Resort Gorontalo terletak di Patoameme, Botumoito, Kabupaten Boalemo. Jika anda berdomisili di luar Pulau Sulawesi, anda dapat terbang menuju Bandara Jalaluddin, Gorontalo dan dari luar Sulawesi biasanya akan transit terlebih dahulu di Makassar. Kemudian setibanya di Gorontalo, anda sudah akan dijemput oleh pihak Pulau Cinta Resort yang akan membawa anda dengan perjalanan darat selama sekitar 2.5 - 3 jam menuju Pantai Bolihutuo, Boalemo untuk menyeberang selama 20 menit dengan boat yang telah disediakan menuju Pulau Cinta.

boat menuju pulau cinta
boat menuju pulau cinta

Keindahan alam bawah laut di Pulau Cinta sangat indah, bagi anda yang gemar akan Snorkeling atau Diving maka disinilah salah satu surga tersembunyi. Selain dapat berenang disekitar Eco Resort, anda juga nantinya akan diberikan fasilitas untuk diantarkan ke beberapa spot menyelam yang berada di kawasan Teluk Tomini. Jernihnya air begitu memanjakan mata dengan visibilitas yang baik, dimana anda tak perlu menyelam begitu dalam hanya cukup 2-3 meter saja anda sudah menemukan aneka biota laut yang masih terjaga. Selain itu masih ada berbagai kegiatan seru yang dapat anda lakukan untuk mengisi hari libur di Pulau Cinta Gorontalo sebagai berikut,

Berkunjung ke perkampungan suku Bajo.

perkampungan suku bajo

perkampungan suku bajo

Trekking berjalan menyusuri hutan dikawasan pulau sekitar.

Hopping island berkunjung ke Pulau Pasir di Teluk Tomini, Pulau Bajo, Pulau Lito Mohupomba Kiki.

Berfoto ria disekitar kawasan Pulau Cinta Eco Resort.

Mengingat jumlah kamar yang terdapat di Pulau Cinta Gorontalo sangat terbatas, oleh sebab itu ada baiknya anda sebelum berkunjung untuk melakukan reservasi terlebih dahulu. Perihal pemesanan, anda dapat menghubungi no telepon di +62 811 9848 818 untuk konfirmasi lebih lanjut dan website resminya www(dot)pulocinta(dot)com atau bisa juga melalui email heaven@puloCinta(dot)com.

*Tips

Bila ingin berkunjung akan lebih baik jika anda memilih penerbangan pertama di pagi hari. Mengingat anda juga masih harus menempuh jalur darat sekitar 2.5-3 jam dan dilanjutkan dengan menyeberang laut selama 20 menit.

Disemua tipe kamar cottages tak ada fasilitas AC, namun tak perlu khawatir karena sirkulasi udara lancar dengan bentuk bangunan yang sudah didesain sedemikian rupa sehingga anda tak akan merasa panas.

Kemudian tak ada pula fasilitas water heater di kamar mandi, meskipun demikian suhu air normal rata-rata hangat.

Karena letaknya disebuah pulau berpasir, maka otomatis tak ada sumber air tawar disini. Untuk air tawar berasal dari pulau sekitar yang ditampung dengan kapasitas tertentu, sehingga penggunaan air haruslah dibatasi. Jangan biarkan keran air tetap menyala apabila tak digunakan.

Bawalah sunblock, penutup kepala/topi dan juga kacamata hitam.

Semoga artikel tentang trip ke pulo Cinta Gorontalo dapat bermanfaat. Pengalaman selama berkunjung ke pulau ini akan memberikan pengalaman yang mengesankan dan tak terlupakan.