Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Perbedaan Margarin dan Mentega Agar Tidak Keliru

 perbedaan margarin dan mentega

Duniahobiku.com - Serupa tapi tidak sama itulah margarin dan mentega. Banyak masyarakat yang keliru menganggap keduanya adalah barang yang sama. Saat berbelanja kita tanpa sadar sering menyebut margarin dengan kata mentega. Kasusnya hampir mirip saat membeli air minum mineral dengan kata Aqua padahal merk yang diterima berbeda. Jadi agar tidak keliru kenali apa saja perbedaan Margarin dan mentega pada artikel dibawah ini.

Apakah Blue Band Termasuk Mentega?

Sebelum menjawabnya ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu mentega dan margarin.

Margarin adalah mentega buatan yang terbuat dari minyak nabati air, garam, dan pengemulsi. Produk pengemulsi ini umumnya diambil dari produk turunan minyak sawit. Beberapa contoh produk margarin yang sering kita temukan di pasaran antara lain; Margarin, Filma, Amanda, Forvita, dll. Margarin kaya akan kandungan omega-3 dan omega-6  dan memiliki lemak tak jenuh. Blue band adalah salah satu contoh produk margarin yang paling dikenal masyarakat. 

Mentega adalah produk yang terbuat dari lemak hewani yang diberi tambahan garam (NACl) atau tidak. Mentega dibuat dengan cara mengaduk krim susu hingga berbentuk padat. Beberapa contoh  produk mentega/butter yang bisa kita jumpai dipasaran antara lain : Anchor Butter, Golden Churn Butter, Orchid Butter, dll. 

Perbedaan Mentega Dengan Margarin

Mentega dan margarine sering digunakan untuk membuat berbagai aneka kue, roti, memasak, dll. Margarin memiliki lemak yang rendah karena berasal dari nabati sedangkan mentega memiliki rasa dan aroma yang lebih kuat. Untuk lebih jelasnya berikut perbedaan Margarin dan mentega :

1.  Warnanya Berbeda

Perbedaan warna ini menjadi cara paling mudah untuk membedakan antara mentega dan margarin. Margarin memiliki warna kuning yang lebih cerah dan mengkilat sedangkan mentega memiliki warna kuning  pucat.

beda mentega dan margarin
beda mentega dan margarin

2. Margarin Terbuat Dari Minyak Nabati

Kata margarin berasal dari bahasa Inggris "margarine". Margarin berasal dari campuran minyak nabati, garam dan pengemulsi. Margarin dibuat sebagai pengganti mentega agar lebih sehat dan dari sumber bahan baku nabati.

margarin dari kelapa sawit
margarin dari kelapa sawit

3. Mentega Terbuat dari Krim Susu

Dalam bahasa Inggris mentega disebut dengan nama butter. Mentega dibuat dari krim susu atau lemak hewani. Umumnya mentega dibuat dari susu sapi, namun dalam perkembangannya kita bisa menemukan mentega yang berasal dari pengolahan susu domba, kambing, bahkan kerbau.

mentega dari susu sapi
mentega dari susu sapi

4. Teksturnya berbeda

Mentega memiliki tekstur yang lebih padat  dibandingkan margarin yang cenderung lebih lembek. Kita bahkan bisa mengetahui beda mentega dan margarin hanya dengan menekannya. Mentega akan lebih terasa padat saat ditekan oleh jari dibandingkan margarin yang lebih kenyal.

perbedaan tekstur mentega dan margarin
perbedaan tekstur mentega dan margarin

5. Mentega Mudah Meleleh

Jika kita menaruh mentega dan margarin pada susu ruang maka kita akan bisa mengamati daya tahan keduanya. Mentega lebih cepat meleleh pada suhu rungan dibandingkan margarin. Hal ini disebabkan oleh bahan baku mentega yang berasal dari lemak hewani. Itulah sebabnya kita harus menyimpan mentega dalam lemari pendingin. Pada saat berada dibawah suhu 300C maka mentega akan mudah meleleh. Margarin memiliki titik leleh yang lebih tinggi yaitu 37-420C.

mentega meleleh
gambar mentega meleleh

 6. Proses Pembuatannya

Proses pembuatan mentega dan margarin berbeda. Mentega bisa dibuat dalam skala home industry namun pembuatan margarine harus dilakukan di pabrik. Teknologi yang digunakan dalam pembuatan margarin jauh lebih modern. Di negara Eropa kita bisa menemukan berbagai home industry yang membuat mentega.

pembuatan mentega secara tradisional
pembuatan mentega secara tradisional

7. Aroma Berbeda

Mentega memiliki aroma susu yang lebih kuat dibandingkan margarin. Itulah sebabnya para produsen sering menambahkan mentega dalam proses pembuatan roti dan kue untuk menutupi kelemahan margarin.

aroma mentega dan margarin
aroma mentega dan margarin

8. Kandungan Lemak

Kandungan lemak dan kolesterol pada margarin jauh lebih kecil dibandingkan margarin. Kandungan lemak jenuh pada mentega bahkan bisa mencapai 80% karena berasal dari krim susu. Secara medis kandungan lemak tak jenuh pada margarin sangat baik untuk kesehatan.

kandungan lemak mentega
kandungan lemak mentega

9. Penggunaannya

Meskipun keduanya memiliki fungsi yang hampir sama. Namun dalam penggunaannya berbeda. Mentega lebih banyak digunakan dalam pembuatan roti dan kue karena memiliki aroma yang lebih harum. teksturnya pun lebih baik dibandingkan menggunakan margarin. Margarin lebih sering digunakan untuk kegiatan memasak atau sebagai olesan roti.

pengggunaan mentega pada roti
pengggunaan mentega pada roti

10.  Harga Margarin Dan Mentega

Harga mentega jelas lebih mahal dibandingkan margarin. Mahalnya harga ini karena bahan baku yang digunakan pada mentega berasal dari susu yang  notabene lebih mahal. Sebagai pengganti mentega, mergarin memiliki harga jauh lebih murah dibandingkan mentega. Margarin lebih murah karena merupakan produk turunan dari minyak sawit dan harga bahan bakunya juga lebih murah.

harga mentega dan margarin

harga mentega dan margarin

Semoga artikel tentang perbedaan Margarin dan mentega dapat bermanfaat. Setelah mengetahui perbedaan keduanya kita tidak akan keliru lagi mendefinisikan Margarin dan mentega. Untuk lebih mudahnya kita hanya perlu mengingat bahwa margarin terbuat dari Nabati dan Mentega dari Hewani.