Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Perbedaan Ikan Guppy Dan Ikan Cere Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli

 

ikan guppy dan ikan cere

Duniahobiku.com - Ikan guppy dan ikan cere sering dikira ikan yang sama. Ikan guppy memang memiliki banyak nama. Ikan ini kadang disebut ikan cere, ikan seribu dan ikan suwadakar. Ikan ini bahkan memiliki nama lokal seperti gepi, cethul, cithul, bungkreung, klataw dan lain-lain. Tetapi dalam perdagangan internasional ikan guppy lebih dikenal dengan nama millionfish. Lalu apa perbedaan ikan guppy dan ikan cere? Untuk menjawabnya dengan tepat silahkan baca pada artikel dibawah ini.

Ikan Guppy

Ikan guppy memiliki nama latin  Poecilia reticulata. Nama ikan guppy diambil dari nama penemunya Robert John Lechmere Guppy. Ikan guppy ditemukan pada tahun 1866 di Trinidad. Albert C.L.G Gunther seorang zoologis memberi nama Girardinus Guppii pada jenis ikan ini. Nama guppy terus digunakan hingga kini dan semakin populer sebagai ikan hias. Ikan ini mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 1920-an.

Ikan guppy banyak disukai karena pemeliharaannya yang mudah. Perkawinan silang yang terus dilakukan para peternak membuat ikan ini makin atraktif. Warna corak tubuhnya tidak kalah dibandingkan ikan cupang. Ikan ini juga bisa disatukan tanpa takut ikan harus bertarung karena sifatnya tenang. Selain mudah dipelihara ikan ini sangat mudah berkembang biak. Ikan guppy berkembang biak dengan cara mengandung dan beranak. Masa kehamilan yang singkat (sekitar 28-30 hari) membuat ikan ini cepat beranak pinak.

Perbedaan Ikan Guppy Dan Ikan Cere

Ikan guppi semakin populer sebagai ikan hias karena warna-warni tubuhnya yang cantik. Ikan ini sangat berbeda dengan "saudara tirinya" yaitu ikan cere. Agar kita tidak salah saat membeli ikan guppy berikut perbedaan guppy dan cere:

1.      Habitat Ikan Cere Dan Guppy

Ikan cere sering kita temukan diselokan/got dan jumlahnya bisa mencapai ratusan ekor. Ikan ini sangat gemar menyantap jentik nyamuk sehingga bisa menekan perkembangan nyamuk. Ikan cere juga disebut Mosquitto fish. Ikan cere memiliki daya tahan dan toleransi tinggi terhadap lingkungan hidupnya. Ikan guppy cuma bisa kita temukan dipasar penjual ikan hias. Ikan guppy hias sangat jarang kita temukan di selokan/got.

habitat ikan cere dan guppy
habitat ikan cere

2.      Ikan Guppy Cantik

Ikan guppy memiliki corak warna tubuh yang cantik dengan berbagai varian warna. Sedangkan ikan cere cenderung memiliki warna tubuh yang polos dan pudar. Warna-warni yang menarik pasti menggoda para pelanggan untuk mengoleksinya sebagai ikan hias.

ikan guppy
gambar ikan guppy

3.      Harga Ikan Guppy

Ikan guppy memiliki harga yang cukup tinggi, sedangkan ikan cere sangat murah. Ikan guppy biasanya dijual perekor sedangkan ikan cere dijual dalam bentuk bakulan/kantung. Ikan guppy hias terbaru bisa mencapai puluhan hingga ratusan ribu / ekor. Coba bandingkan dengan harga ikan cere yang hanya sekitar 10 ribu untuk 200 ekor.

harga ikan guppy
 ikan guppy

4.      Sebagai Ikan Hias

Ikan Guppy menjadi ikan hias yang memiliki banyak penggemar meskipun berukuran kecil. sedangkan ikan cere hanya dijadikan pakan ikan predator, kura-kura atau burung. Ikan guppy bisa dikombinasikan dengan aquascape karena tidak merusak tanaman air. Jika dikombinasi dengan ikan kecil lainnya akan menghasilkan aquascape yang menarik.

ikan hias
gambar ikan hias

5.      Ukuran Ikan

Ukuran ikan guppy lebih besar dibandingkan ikan cere. Kawin silang antara berbagai jenis ikan guppy menghasilkan varian baru yang cantik. Varian baru tersebut juga memiliki ukuran jumbo yang terlihat mencolok dibandingkan pendahulunya. Ukuran jantan guppy sekitar 1-3 cm sedangkan betina sekitar 4-7 cm. Ikan cere memiliki ukuran yang lebih kecil.

ukuran ikan guppy
ukuran ikan guppy

Semoga artikel tentang perbedaan ikan guppy dan ikan cere dapat bermanfaat. Ikan guppy memang layak dikoleksi karena bentuk tubuhnya yang mungil dan cantik. Ikan ini pun bisa dipelihara tanpa bantuan aerator.