Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebab Bulu Anjing Rontok dan Cara mengatasinya

penyebab bulu anjing rontok

Duniahobiku.com - Rambut anjing yang tiba-tiba rontok bisa bikin bete. Kita pun akhirnya harus sering-sering membersihkan lantai dari bulu yang rontok. Bulu anjing yang rontok bisa membuat penampilan si gukguk jadi kurang oke. Kerontokan bisa saja terjadi secara alami namun terkadang disebabkan oleh banyak hal. Yuk, selidiki penyebab bulu anjing rontok dan cara mengatasinya. Jangan sampai anjing anda menjadi botak karena terlambat ditangani.

Penyebab bulu Anjing rontok

Rambut rontok bisa saja karena penyakit keturunan namun bisa karena sebab lain. Penyakit yang menyerang anjing memang beragam diantaranya Microphtalmia, Leptospirosis, Heat stroke, jamur, kutu,  makanan, lingkungan dan penyakit keturunan. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan bulu anjing menjadi rontok. Untuk mengetahui lebih jelas penyebabnya kita perlu diagnosa yang tepat penyebab kerontokan bulu. Berikut beberapa penyebab bulu anjing rontok :

1.      Genetik

Rambut rontok karena faktor keturunan sulit dideteksi sejak dini. Umumnya puppy yang mengidap penyakit ini tidak menunjukkan tanda-tanda khusus dan berperilaku normal. Kelainan kulit seperti seborrhea biasanya dibawa secara genetik dan ada sejak lahir. Penyakit ini biasanya muncul setelah anak anjing berusia diatas 7 bulan. Ada beberapa tanda yang terjadi seperti rambut rontok, kulit menjadi merah, dan akhirnya mengeras. Jika dibiarkan kulit akan terlipat-lipat.

Salah satu solusinya yaitu dengan mengetahui riwayat kesehatan induknya. Induk jantan dan Betina harus betul-betul sehat dan bebas dari kelainan genetik. Ini memerlukan diagnosa yang tepat. Induk betina kadang mengalami kerontokan sehabis melahirkan dan ini tidak bisa dijadikan patokan. Cari tahu kondisi induk sebelum melahirkan anak anjing.

genetik anjing
genetik anjing

2.      Suhu

Suhu udara bisa mempengaruhi kualitas rambut anjing. Anjing yang tergolong long hair memiliki bulu yang lebih baik pada suhu yang dingin. Tapi saat cuaca panas bulu bisa rontok karena anjing kegerahan. Itulah salah satu alasan mengapa anjing tipe long hair disarankan dipelihara di suhu yang dingin. Jika dipelihara dirumah bisa ditempatkan diruangan ber-AC.  Anjing long hair tetap bisa bagus walaupun bukan diruangan ber-AC. Tapi kualitas bulunya tidak sebaik jika dipelihara diruangan berpendingin. Bagi anda yang  tinggal didaerah bersuhu panas sebaiknya memilih jenis anjing berambut pendek. Anjing yang memiliki bulu panjang sebaiknya selalu dipotong agar tidak menyentuh lantai.

pengaruh suhu terhadap bulu anjing
pengaruh suhu terhadap bulu anjing

3.      Penyakit

Penyakit kulit yang menyerang pada anjing bisa menyebabkan bulu rontok. Jika muncul tanda seperti kulit memerah dan meradang sebaiknya segera cari cara mengatasinya. Konsultasikan dengan dokter hewan agar penyebabnya bisa diketahui dan mendapat penanganan lebih dini. Kerontokan bisa cepat diatasi jika mengetahui sumber penyebabnya. Ada beberapa penyakit yang mengintai anjing kesayangan anda. Salah satunya adalah demodectic mange. Penyakit yang disebabkan oleh parasit ini sebenarnya sudah ada dibawah lapisan kulit anjing. Namun masih bersifat dorman (tidak aktif).  Parasit ini akan aktif jika memiliki pemicu. Pemicu itu bisa berupa perawatan anjing yang kurang baik. kotoran dan urine yang menempel dikulit yang menyebabkan peradangan atau bisa juga karena lingkungan yang buruk.  Parasit akan cepat berkembang dan memperburuk kondisi bulu dan kulit anjing jika dibiarkan.

penyakit anjing penyebab bulu rontok
penyakit anjing penyebab bulu rontok

4.      Salah Perawatan

Perawatan menjadi salah satu hal penting jika ingin memelihara hewan termasuk anjing. Anjing istimewa tentu memiliki perawatan yang intensif. Namun dalam perawatan anjing ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya :

Pakan

Alih-alih ingin mempercantik penampilan anjing namun yang terjadi malah sebaliknya. Pergantian pakan bisa saja membuat anjing menjadi alergi dan membuat kerontokan pada bulu. Ada anjing yang alergi dengan pakan yang berbahan dasar ayam (chicken base). Anjing yang alergi akan menggaruk-garuk badannya dan akhirnya membuat kulitnya terluka. Jika penyebabnya karena alergi anda bisa memberikannya pakan berbahan dasar domba (lamb base). Para pemula biasanya sulit membedakan kerontokan bulu akibat alergi atau penyakit. Idealnya anjing sebaiknya diberikan dog food yang memiliki komposisi pakan yang lengkap.

pakan anjing terbaik
pakan anjing terbaik

Kebersihan Tubuh Anjing

Anjing sebaiknya dimandikan secara berkala terutama anjing yang sudah remaja dan dewasa. Idealnya anjing dimandikan 2 minggu sekali dan menggunakan sampo khusus anjing. Kulit dan rambut yang kotor bisa mengundang penyakit seperti jamur. Jika jamur ini berkembang secara cepat maka bisa membuat bulu anjing menjadi rontok. Usahakan saat selesai memandikan anjing gunakan blower untuk memastikan kulit kering sempurna.  Penyisiran setelah mandi  bisa membuang rambut tua rontok dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

memandikan anjing
memandikan anjing

5.      Kerontokan Rambut Secara Alami

Setiap anjing mengalami siklus pergantian bulu dengan intensitas berbeda. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan bulu pada anjing. Usia, jenis anjing, hormon, pakan, lingkungan dan kesehatan anjing bisa menjadi indikator. Secara normal rambut yang sudah tua pada anjing akan rontok. Namun jumlahnya bisa berbeda-beda tergantung indikator diatas. Selain kerontokan yang terjadi secara normal ada masa dimana gukguk mengalami masa rontok bulu. Anjing betina yang sedang dalam fase heat (birahi) biasanya mengalami kerontokan rambut. Ini terjadi sebulan sebelum masa birahi.

Bahkan beberapa diantaranya sampai menjadi botak dan akan normal setelah dipacak / dikawinkan. Hal ini biasanya terjadi 2 kali dalam setahun. Saat melahirkan induk betina juga terkadang merontokkan bulunya. Ini masih dalam taraf normal. Bukan cuma betina saja yang mengalaminya. Pejantan juga mengalami masa kerontokan namun frekuensinya jauh lebih sedikit yaitu setahun sekali.

bulu anjing rontok alami

bulu anjing rontok alami

Semoga artikel tentang penyebab bulu anjing rontok diatas dapat bermanfaat. Salah satu daya tarik utama anjing adalah bulunya yang  lembut seperti boneka. Mengetahui penyebab kerontokan bulu secara dini dengan tepat akan mempercepat proses penyembuhan. Jangan tunda menangani anjing yang bermasalah agar tidak menimbulkan masalah yang lebih serius.