Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jenis Gudeg Yang Menjadi Incaran Para Wisatawan Saat Ke Yogyakarta

jenis jenis gudeg

Duniahobiku.com - Pernah mengunjungi Yogyakarta? Yogyakarta terkenal dengan sebutan kota pelajar dan kota budaya. Sebutan kota pelajar diperoleh karena banyaknya pusat pendidikan dikota ini. Saat mengunjungi kota ini jangan lupa mencicipi makanan khas yogyakarta bernama gudeg. Ada beberapa jenis gudeg yang bisa anda coba selama berkunjung ke kota ini. Gudeg kering dan basah hanya sebagian dari varian baru gudeg. Makanan dengan khas warna coklat dan berasa manis ini sangat digemari oleh berbagai kalangan, karena rasanya yg lezat. Kota Yogyakarta bahkan mendapat julukan sebagai kota gudeg.

Cara Pembuatan Gudeg

Gudeg terbuat dari buah nangka muda atau orang Jawa menyebutnya Gori. Cara memasaknya dengan menggunakan santan dan dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk memasak gudeg yang lezat. Bahkan orang Jogja percaya bahwa gudeg yang dimasak berjam-jam justru bisa menambah kelezatan gudeg tersebut.  Warna coklat Gudeg asli biasanya dihasilkan dari daun jati yang dimasak bersamaan dengan bahan bahan lain namun ada sebuah mitos yang mengisukan warna coklat pada gudeg dihasilkan oleh darah ayam yang ditambahkan saat memasak,  tapi anda jangan risau karena mitos ini tidak benar dan hanya isapan jempol belaka.  Biasanya gudeg dimakan dengan nasi serta ditambah dengan areh (kuah kental khas gudeg), ayam kampung suwir (daging ayam dirobek/ dikoyak menggunakan tangan), telur, tahu, dan ayam goreng  serta sambal goreng krecek rambak (rebusan yang dibuat dari kulit sapi renyah).

Jenis Jenis Gudeg

Awalnya masyarakat Yogyakarta hanya mengenal satu jenis gudeg saja, yaitu gudeg basah. Namun, sekitar 57 tahun yang lalu, gudeg kering mulai dikenal. Setelah adanya variasi jenis gudeg kering ini gudeg mulai populer sebagai oleh oleh karena mudah dibawa dengan menggunakan besek atau box serta lebih awet dan tidak mudah basi. Sebenarnya selain gudeg gori ada juga gudeg manggar (berbahan baku bunga pohon kelapa) dan gudeg rebung (bambu muda) tapi tidak sepopuler gudeg gori.

Gudeg adalah salah satu makanan khas dari daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Gudeg sangat populer sehingga kita dengan mudah menemukannya diberbagai sudut kota Yogyakarta. Bahkan dijalan Wijilan yang terletak disekitar keraton Yogyakarta kita dapat menemukan para penjual gudeg baik dalam bentuk rumah makan, restoran, pedagang kaki lima bahkan menggunakan mobil khusus menjual gudeg.  Konon kata gudeg berasal dari bahasa jawa hangudek yang berarti mengaduk. Saat ini terdapat beberapa varian gudeg yang bisa kita temukan. Berikut beberapa jenis gudeg yang ada di pulau Jawa

1.      Gudeg Kering

Gudeg kering, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh kental dengan sedikit santan.  gudeg ini biasanya paling banyak digemari dan biasanya dibawa sebagai oleh oleh karena lebih tahan lama dan bisa bertahan selama 34 jam meskipun tanpa dimaksukkan kedalam kulkas. Cara pengolahannya membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan pembuatan gudeg basah.

gudeg kering
gambar gudeg kering

2.      Gudeg Basah

Gudeg  basah memiliki kuah santan yang lebih banyak sehingga kurang tahan lama. Gudeg ini mudah ditemukan dikota Yogyakarta dan menjadi incaran para wisatawan. Gudeg basah bisa disantap bersama dengan bubur dan rasanya makin nikmat.

gudeg basah
gambar gudeg basah

3.      Gudeg Solo

Gudeg Solo, areh gudeg solo berwarna putih. Gudeg yang berasal dari Solo memiliki lebih banyak kuah dan berair. Gudeg asal Solo sering juga disebut gudeg putih dan rasanya lebih pedas dibandingkan gudeg asal Yogyakarta yang kuahnya cenderung lebih manis.

gudeg solo
gambar gudeg solo

4.      Gudeg Manggar

Salah satu gudeg andalan kota Bantul ini terbuat dari manggar. Manggar adalah tangkai atau bunga pohon kelapa yang masih muda yang diolah bersama dengan bahan-bahan lain. Gudeg manggar sering menjadi sajian adat saat berlangsungnya sebuah festival di Yogyakarta.

gudeg manggar
gambar gudeg manggar

5.           Gudeg  Ceker

Gudeg ceker umumnya disajikan bersama dengan telur pindang, tempe bacem dan opor ayam. Salah satu ciri khasnya yaitu adanya tambahan ceker yang empuk dan gurih. Bagi anda yang menyukai ceker maka gudeg ini bisa menjadi puilhan terbaik. Rasanya pun tidak terlalu manis seperti gudeg basah.

gudeg ceker
gambar gudeg ceker

6.       Gudeg Kaleng

Gudeg ini menjadi solusi buat anda yang ingin menjadikannya oleh oleh. Gudeg ini dikemas dalam kaleng sehingga memiliki daya tahan yang cukup lama. Bahkan beberapa sumber menyebutkan gudeg ini bisa bertahaan selama 1 tahun selama ditempatkan dalam kulkas. Cara penyajiannya tidak jauh berbeda dengan ikan kaleng, anda cukup memanaskannya selama 5-10 menit sebelum siap disajikan.

gudeg kaleng
gambar gudeg kaleng

7.       Gudeg Mercon

Gudeg ini bukan terbuat dari mercon atau petasan. Gudeg ini diberi nama gudeg mercon karena rasanya yang sangat pedas. Umumnya gudeg yang dibuat memiliki rasa yang manis tetapi gudeg mercon berbanding terbalik dengan gudeg standar.  Tampilannya mirip dengan gudeg biasa yang membedakan adalah rasa pedas dari cabai rawit yang diberi dalam porsi yang melimpah sehingga terasa seperti meledak-ledak didalam mulut. Bagi anda yang menyukai rasa pedas tentunya gudeg ini bisa menjadi tantangan tersendiri. Siap mencobanya?

gudeg mercon

gambar gudeg mercon

Semoga artikel tentang 7 jenis gudeg yang ada di Yogyakarta dapat bermanfaat. Gudeg adalah salah satu warisan kuliner yang mesti dipertahankan dari gempuran makanan modern yang kian marak di Indonesia. Rasanya yang unik hanya bisa kita temukan dalam kuliner khas Indonesia.