Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Keistimewaan Ikan Mas Koki Mata Balon

 ikan mas koki mata balon

Duniahobiku.com - Ikan mas koki mata balon adalah salah satu jenis ikan mas yang unik. Bagi yang baru pertama kali melihatnya mungkin menganggap ikan ini cacat. Padahal itulah ciri khasnya. Matanya bisa membesar seperti balon. Mata dengan model seperti ini jarang kita temukan pada jenis ikan hias lainnya. Tetapi bukan cuma matanya saja yang unik, ikan ini memiliki keistimewaan lain yang mungkin belum anda ketahui. Untuk menemukan apa saja keistimewaan yang dimiliki ikan ini, silahkan baca pada artikel dibawah. 

Ciri-ciri Ikan Mas Koki Mata Balon

Mas koki mata balon dipasar dunia dikenal dengan nama bubble eye (bubble=balon dan eye=mata). Indonesia sendiri mengenal ikan ini dengan sebutan ikan mas koki mata balon. Nama ini diambil dari bentuk matanya yang menyerupai balon. Bentuk tubuh ikan mas koki mata balon nampak seperti ranchu dan celestial. Punggung cenderung datar tanpa sirip, sirip ekor panjang. Warna tubuh bervariasi seperti kuning, merah, orange, dll.

Kantung mata yang berbentuk gelembung akan bergerak kemana ikan ini berenang. Itulah sebabnya jangan menaruh benda benda tajam dalam akuarium untuk menghindari gelembung pecah. Meskipun gelembung ini bisa pulih namun dikhawatirkan terjadi infeksi yang membuat ikan cacat. Ikan ini memiliki pergerakan yang lambat dan tenang.

mas koki mata balon kantung 4

mas koki mata balon kantung 4

Dari dulu hingga sekarang ikan mas mata balon memiliki penggemar tersendiri. Kawin silang terus dilakukan untuk mendapatkan memunculkan varitas terbaru. Bahkan saat ini kita bisa menjumpai ikan mas koki mata balon  yang memiliki kantung  mata dengan warna berbeda. Bahkan persilangan menghasilkan ikan mas unik berkantung mata 4 seperti terlihat pada gambar diatas. Masih ada fakta menarik tentang ikan ini, berikut beberapa keistimewaan  ikan mas koki mata balon :

1.  Lahir Di Negeri China

Ikan ini lahir pertama kali di China dengan shui pao yen. Diperkirakan ikan ini merupakan hasil mutasi atau kawin silang. Diperkirakan ikan mas koki balon lahir dari ikan mas jenis celestial. Dari negeri tirai bambu ikan ini kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia.  China dan Jepang merupakan penghasil ikan mas koki dengan kualitas terbaik.

mas koki hasil silangan
mas koki hasil silangan

2. Gelembung Mata Bisa Pulih

Mas koki mata balon memiliki gelembung dibawah pelupuk matanya sebagai ciri khas ikan ini. Gelembung berisi cairan ini ukurannya terkadang tidak proporsional. Gelembung ini sering pecah dan rusak. Namun uniknya gelembung yang rusak akan pulih kembali dalam beberapa minggu. Hal ini juga sering ditanyakan para penghobi pemula saat menemukan kantung mata menjadi pecah atau rusak.

pemulihan gelembung mata
pemulihan gelembung mata

3. Pertumbuhan Kantung Di Usia Muda

3-6 bulan setelah menetas ikan ini mulai membentuk kantung mata berisi cairan. Kantung mata ini bersifat transparan sehingga kita bisa melihat dengan jelas bagian dalamnya. Pembuluh mata berwarna merah  bahkan terlihat jelas pada bagian kantung.

mas koki mata balon anakan
mas koki mata balon anakan

4. Stimulan Pertumbuhan Sel

Kemampuan ikan mas koki mata balon meregenerasi kerusakan kantung matanya menarik perhatian ilmuwan. Para Peneliti di Jepang bahkan sedang mempelajari kemampuan ikan ini untuk tujuan medis. Mereka mengambil cairan pada kantung mata ini setiap beberapa bulan dan menganalisa kandungan yang ada pada cairan tersebut. Diharapkan suatu hari kemampuan ini bisa digunakan kemanusia untuk memperbaiki sel yang rusak.

penelitian mas koki mata balon
penelitian mas koki mata balon

5. Ikan Ini Tidak Memiliki Sisik Dan Gigi

Melansir dari National Geographic, ikan mas mata balon ternyata tidak memiliki sisik dikepalanya. Bahkan ikan ini juga tidak memiliki gigi untuk menghancurkan makanan. Proses penghancuran makanan dilakukan di dalam tenggorokan ikan.

ikan mas koki mata balon tanpa sisik kepala
ikan mas koki mata balon tanpa sisik kepala

6. Masa Hidup Ikan

Ikan mas koki mata balon ternyata memiliki umur yang cukup lama. Ikan ini diperkirakan bisa hidup sekitar 10 -  20 tahun selama mendapat perawatan yang baik. Ikan jenis ini sebaiknya dipelihara bersama dengan jenis ikan yang memiliki karakter yang hampir sama. Tujuannya agar persaingan mendapatkan makanan tidak terjadi. Ikan mas jenis black moor, nirwana dan demekin bisa menjadi teman yang baik dalam akuarium yang sama.

masa hidup ikan mas koki
masa hidup ikan mas koki

7. Adaptasi Hidup Yang Baik

Ikan mas koki mata balon memiliki toleransi yang baik terhadap air dan lingkungan. Ikan ini mampu hidup dengan baik pada Ph dan oksigen yang rendah. Namun sebaiknya gunakan filter untuk menyaring kotoran dan membuat kadar oksigen selalu terjaga. Lingkungan hidup yang baik akan membuat ikan bisa tumbuh secara sehat dan optimal.

adaptasi ikan mas koki mata balon
adaptasi ikan mas koki mata balon

Semoga artikel tentang ikan mas koki mata balon dapat bermanfaat. Harga ikan mas koki mata balon cukup terjangkau sehingga sangat ramah dikantung. Dengan modal 20 ribu anda sudah bisa mengkoleksi ikan unik ini.