Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mendorong Anak Gemar Membaca Buku Untuk Memperluas Wawasan

 gemar membaca buku

Duniahobiku.com - Membaca merupakan salah satu hobi yang makin langka. Padahal ada banyak buku bacaan yang bisa menambah pengetahuan anda. Dengan banyaknya media hiburan mulai dari televisi sampai video game membuat kebiasaan membaca tampaknya memudar di era modern ini. Gemar membaca buku merupakan salah satu hal positif yang perlu ditanamkan sejak dini kepada buah hati kita. Saya masih ingat bagaimana ketika saya masih kecil dulu, saya menghabiskan waktu berjam-jam di toko buku untuk membaca buku-buku favorit saya waktu itu.

Membaca buku bagi anak-anak sekarang ini seolah kurang menarik dibanding menonton televisi dan bermain video game. Padahal kebiasaan membaca itu bisa berdampak positif bagi perkembangan anak. Jika Anda ingin anak-anak Anda mengembangkan kebiasaan gemar membaca, Anda harus menjadikan kegiatan membaca ini sebagai kegiatan yang menyenangkan bagi mereka.

Cara Memotivasi Anak Agar Gemar Membaca

Bagaimana membuat kegiatan membaca sebagai hiburan yang menyenangkan bukan sebagai kewajiban atau keharusan yang memaksa anak-anak?

Anda dapat mencoba hal-hal berikut untuk menanamkan kebiasaan membaca pada anak-anak Anda

Daripada memaksa anak membaca apa yang kita anggap baik, awalnya biarkan mereka memilih buku apa saja yang mereka inginkan untuk di baca dan perlahan-lahan perkenalkan buku-buku yang Anda pikir baik untuk mereka baca.

Membaca buku bersama dengan mereka atau membacakan dengan suara keras kepada mereka juga salah satu ide yang baik untuk di coba.

Mulailah sejak bayi Anda mulai mengenali gambar, tunjukkan gambar-gambar dari sebuah buku atau majalah. Pilihlah buku untuk bayi Anda yang banyak memiliki gambar-gambar berwarna cerah, besar, gambar-gambar yang menarik, serta buku yang mudah dipegang. Pada usia ini pilihlah buku yang lebih banyak gambarnya daripada tulisan, kata-kata singkat yang terdiri dari satu kata masih oke. Serahkan buku ini pada bayi Anda dan biarkan dia menjelajahi buku itu dengan cara dan gaya dia sendiri, jangan takut bukunya rusak

Beberapa anak kadang terpesona dengan buku-buku dongeng yang memiliki pop-up, atau memiliki tektur berbeda, atau gambar yang bisa digerakkan saat buku dibuka atau di tutup. Ini bisa jadi rangsangan untuk anak mulai gemar membaca.

Setelah anak Anda mulai pra-sekolah dan mulai belajar untuk mengenali beberapa kata, Anda dapat mulai mengenalkan buku dengan cerita yang sangat pendek dimana huruf-hurufnya ditulis dalam huruf tebal serta ada ilustrasi dengan gambarnya.

Dengan bertambahnya usia anak, Anda bisa membelikan buku-buku yang memiliki permainan yang mengajarkan tentang angka, abjad, tanggal, waktu. Hal ini pasti akan menarik buat anak Anda.

Setelah anak Anda mulai membaca dengan benar, Anda bisa mulai membawanya keperpustakaan atau toko buku. Biarkan dia memutuskan buku apa yang ingin dia baca sendirian atau bersama adik atau kakaknya.

Anda juga bisa mengajarinya agar dia mau membacakan buku yang dia baca untuk adiknya dengan suara keras.

Jika Anda merasa bahwa anak Anda mudah bosan dengan buku yang dibacanya, mungkin Anda bisa melakukan sedikit permainan, misal menebak judul bukunya, atau memberikan permainan tebak-tebakan berdasarkan isi buku, memerankan isi cerita dari buku, dan lain-lain.

Semakin dewasa anak Anda, Anda bisa memberikan buku dengan cerita yang lebih panjang dan lebih imajinatif. Anda juga bisa memberikan buku seperti ensiklopedia dengan foto dan ilustrasi atau buku ilmu pengetahuan pengetahuan lainnya.

Anda juga dapat membelikan buku sesuai dengan minatnya, misal jika anak Anda suka dengan olahraga, belikan dia buku-buku yang berhubungan dengan olahraga. Anak laki-laki dan perempuan mempunyai minat yang berbeda, sesuaikan buku yang Anda beli dengan minat dan kesukaan anak Anda.

Anak-anak diusia remaja, jangan dipaksa untuk membaca buku yang kita sebagai orang tua anggap baik. Biarkan mereka belajar untuk mulai mengambil keputusan sendiri sejauh itu untuk mengembangkan minat baca mereka.

Beberapa cara diatas membuat Anda secara perlahan-lahan mampu membimbing anak Anda sehingga dia gemar membaca. Mereka akan mulai menemukan bahwa membaca itu menyenangkan dan lebih baik daripada menghabiskan waktu untuk bermain play station dan video games.

Semoga artikel tentang mendorong anak gemar membaca buku dapat bermanfaat. Gemar membaca dapat mermperluas wawasan dan cara berpikir anak. Tinggal bagaimana kita sebagai orang tua belajar cara meningkatkan minat baca anak.