Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Salah Beli, kenali 7 Ciri Ciri kucing Maine Conn

ciri ciri kucing maine conn

Duniahobiku.com - Maine coon (American loghair) merupakan kucing asli Amerika. Harga kucing maine coon yang mahal membuat anda jangan salah saat membelinya. Harga kucing maine coon bisa mencapai 5-10 juta rupiah/ekor. Ukuran dan karakternya yang unik membuat banyak catlovers kesengsem untuk mengoleksinya.  Jika anda tertarik sebaiknya kenali terlebih dahulu ciri ciri kucing maine coon.

Ciri ciri Maine coon

Konon kucing maine coon merupakan hasil persilangan kucing liar dan rakun. Itulah sebabnya kucing ini memiliki ekor dan bulu yang mirip dengan rakun. Nama coon sendiri diambil dari kata "racoon" yang merujuk pada hewan rakun.  Nama Maine sendiri berasal dari nama suatu wilayah.. Kucing maine coon bahkan kita bisa lihat pada film Harry Porter 1 dan 2 sebagai Mrs Norris. Agar lebih mengenal kucing ini kenali ciri-ciri yang ada pada maine conn berikut :

1.      Ukuran Tubuh Maine coon

Maine coon memiliki ukuran tubuh yang sangat besar. Kucing ini termasuk salah satu ras kucing terbesar di dunia. Maine coon jantan dapat mencapai berat 7-10 kg. Panjangnya dapat mencapai 40 hingga 120 cm. Bentuk tubuhnya yang seperti raksasa di dunia kucing membuatnya mudah dikenali dan fenomenal.

ukuran tubuh kucing maine conn
ukuran tubuh kucing maine conn

2.      Jari Kaki Maine Coon

Kucing pada umumnya memiliki 4 jari kaki namun maine coon berbeda. telapak kaki kucing maine coon berjumlah 6. Kelainan bernama polidaktil ini terdapat pada hampir 40% maine coon sejak lahir. Polidaktili adalah kelainan bawaan dengan tambahan jumlah jari tangan atau kaki.

jari kucing maine conn
jari kucing maine conn

3.   Bulu Maine coon

Kucing maine coon memiliki bulu yang sangat tebal dan panjang.  Bulunya yang panjang hampir menyelimuti seluruh tubuhnya.  Bahkan pada bagian leher kucing bulu tersebut seperti surai singa. Kucing maine coon memiliki bulu ekor yang lebat menyerupai kemoceng. Panjang bulu bisa mencapai 5-7 cm.

bulu kucing maine coon
bulu kucing maine coon

4.      Bulu Maine coon tahan air

Kucing maine coon memiliki bulu yang sangat lembut dan tahan air. Di habitat aslinya maine coon hidup di tempat yang beriklim dingin dan bersalju. Jika biasanya kucing takut akan air, hal ini berbeda dengan maine coon. Kucing ini merupakan perenang yang handal sehingga saat memandikannya jauh lebih mudah.

bulu kucing maine conn tahan air
bulu kucing maine conn tahan air

5.      Bentuk Telinga Maine coon

Salah satu ciri khas kucing ini adalah telinganya yang panjang dan meruncing. Pada bagian tepi telinga terdapat jumbai atau bulu. Bentuk telinganya memiliki sedikit kemiripan dengan Lynx.

telinga kucing maine conn
telinga kucing maine conn

6. Karakter Maine coon

Kucing anggora atau Persia sering bermalas-malasan sedangkan maine coon berbeda. Tubuhnya yang besar sangat kontras dengan perilakunya yang manja dan aktif bermain. Kucing ini juga suka mencari perhatian dengan tingkah lakunya yang menggemaskan. Kucing ini seperti raksasa yang imut

karakter maine conn
karakter maine conn

7.   Kucing Yang Mandiri 

Kucing maine coon ini memiliki sifat yang mandiri. Kucing ini tidak terlalu tergantung dengan kucing lainnya. Maine coon dialam liar merupakan kucing yang suka hidup sendiri dan berpetualang.

kucing maine conn mandiri

kucing maine conn mandiri

Semoga artikel tentang ciri ciri  kucing maine coon dapat bermanfaat. Semakin anda mengetahui ciri-cirinya maka semakin mudah anda memeliharanya. Dan yang terpenting anda tidak salah saat membelinya.