Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fishfinder Alat Pendeteksi Ikan Untuk Nelayan Dan Pemancing

 alat pendeteksi ikan untuk nelayan

Duniahobiku.com - Teknologi semakin canggih. Para nelayan dan pemancing dulunya mengandalkan pengalaman dan insting untuk mendeteksi keberadaan ikan. Namun kini para nelayan dan pemancing makin dimudahkan dengan suatu alat bernama fishfinder. Alat pendeteksi ikan untuk nelayan dan pemancing ini bisa mendeteksi kumpulan ikan yang ada dibawah air. Mungkin masih banyak yang bingung  dan penasaran tentang alat ini. Agar lebih jelas silahkan simak artikel selengkapnya dibawah.

Asal Mula FishFinder 

Alat ini awalnya dikembangkan selama perang dunia II untuk mendeteksi keberadaan kapal selam.  Alat ini bisa mengintai keberadaan kapal yang tersembunyi dibawah laut. Namun kemampuannya saat itu  hanya mampu mendeteksi pada kedalaman beberapa puluh meter.

Setelah perang dunia berakhir maka alat pendeteksi dialihfungsikan untuk tujuan komersial dan penelitian.

Pengertian Fishfinder Dan Cara Kerjanya

Fishfinder adalah suatu perangkat elektronik yang bisa memancarkan gelombang sonar hingga kedasar perairan. Gelombang tersebut akan terpantul kembali dan ditangkap oleh fishfinder. Trandduser merupakan alat dalam perangkat fishfinder yang berfungsi memancarkan dan menangkap pantulan sonar. Fishfinder bekerja pada frekuensi antara 15 KHz - 455 kHz.

Proses gelombang yang terjadi secara berulang ulang dan diolah fishfinder akan memberikan data. Data itu berupa titik-titik di monitor yang menggambarkan topografi perairan

Hasil dari monitor itulah yang digunakan sebagai panduan untuk mengetahui struktur dasar laut. Jika hasil yang ditunjukkan di monitor pekat maka dasar perairan dipenuhi benda keras seperti karang. Namun jika hasil monitor tidak pekat maka dasar perairan bisa berupa lumpur.

fishfinder mancing
gambar fishfinder mancing

Namun untuk membaca dengan baik apakah hasil dimonitor berbentuk karang atau lumpur diperlukan pengalaman. Jam terbang yang tinggi akan membuat penggunakan alat pendeteksi ikan ini bisa membaca dengan baik dan tepat hasil yang ditampilkan oleh monitor. Fishfinder bahkan bisa memberikan informasi jarak ikan dengan kapal. Hal ini tentunya sangat memudahkan nelayan untuk segera mempersiapkan diri.

Cara Penggunaan Fishfinder Bagi Nelayan Dan Pemancing 

Dimasa lampau, para nelayan dan pemancing menggunakan tanda-tanda alam untuk menangkap ikan. Tanda alam berupa perubahan cuaca dan ombak akan menjadi kompas apakah nelayan akan menangkap ikan atau tidak. Salah satu satu cara tradisional yang masih sering digunakan adalah dengan ngelot. Ngelot dilakukan dengan cara mengikat timah besar yang diikat dengan tali lalu ditenggelamkan kedasar laut lalu ditarik keatas untuk dianalisa. Cara ini bisa mendeteksi dasar laut apakah berupa lumpur, pasir atau karang.

Nelayan modern dan pemancing berkocek tebal umumnya menggunakan alat GPS (global position system) dan fishfinder dalam mencari ikan buruan. Nelayan yang ada di negara negara maju telah lama menggunakan fishfinder untuk mencari ikan. Alat ini terbukti sangat membantu nelayan dan pemancing mendapatkan hasil pancingan yang memuaskan. Dengan adanya kedua alat diatas akan menghemat bahan bakar dan waktu karena tidak perlu berputar-putar dilaut mencari spot mancing. Agar lebih jelas berikut fungsi dari kedua alat tersebut.

Fungsi dan Cara Memakai Alat GPS

GPS adalah alat yang berfungsi sebagai sistem navigasi berbasis satelit yang  memberikan titik kordinat suatu objek. Titik ini dapat berupa nilai derajat, menit, garis bujur, garis lintang, dll. Semua informasi tersebut bisa dsimpan dalam memori GPS. Alat ini bisa menjadi peta digital jika sewaktu waktu kita akan mengunjung spot yang sama.

Melalui GPS kita bisa terbantu, karena GPS bisa menunjukkan arah perjalanan ke lokasi koordinat yang telah direkam. Di dalam GPS memberikan data data berupa arah kompas (bearing) dan jarak tempuh yang harus ditempuh (range). Selain itu melalui GPS kita juga memasukan data (ploting) setiap lokasi yang ingin kita kunjungi secara berurutan, sehingga bila kita hubungkan akan terbentuk suatu rute perjalanan.

fishfinder GPS
gambar fishfinder GPS

Fungsi lain yaitu GPS juga bisa memberikan data-data kecepatan kapal absolute (speed over ground), kecepatan kapal sampai tujuan (speed over course), waktu tempuh (time to go), perkiraan waktu tiba (estimated time arrival). melalui GPS kita juga bisa mengetahui penyimpangan arah yang terjadi (cross track error).

Nah setelah Anda bisa menguasai GPS maka dalam bernavigasi dalam mencari lokasi mancing pun akan lebih mudah. Agar anda sukses mancing alat elektronik yang anda harus kuasai lagi adalah fishfinder  

Cara Penggunaan Fishfinder

Teknlogi perikanan semakin berkembang dari waktu ke waktu. jika dulunya alat pendeteksi ini memiliki kemampuan terbatas maka kini semakin canggih. fishfinder yang dikembangkan saat ini bisa mencapai kedalaman  ratusan meter untuk melihat lokasi ikan berkumpul.  Saat ini fishfinder mampu mendeteksi benda benda di laut sampai kedalaman 2.000 m. Semakin canggih berarti semakin luas jarak jangkauannya dan semakin dalam jangkauan dari pemantauannya.

Fishfinder memanfaatkan teknologi pendeteksian bawah air dengan menggunakan perangkat akustik (acoustic instru-ment). Teknologi ini menggunakan suara atau bunyi untuk melakukan pendeteksian.

Sebagaimana diketahui bahwa kecepatan suara di air adalah 1.500 m/detik, sedangkan kecepatan suara di udara hanya 340 m/detik sehingga teknologi ini sangat efektif untuk deteksi di bawah air.

Beberapa langkah dasar pendeteksian bawah air adalah adanya transmitter yang menghasilkan listrik dengan frekuensi tertentu. Kemudian disalurkan ke transducer yang akan mengubah energi listrik menjadi suara, kemudian suara tersebut dalam berbentuk pulsa suara dipancarkan.

cara kerja fishfinder
cara kerja fishfinder

Suara yang dipancarkan tersebut akan mengenai objek (target), kemudian suara itu akan dipantulkan kembali oleh objek (dalam bentuk echo) dan diterima kembali oleh alat transducer.

Echo tersebut diubah kembali menjadi energi listrik; lalu diteruskan ke receiver dan dengan analisis gelombang mikro terjadi pemprosesan dengan menggunakan echo signal processor dan echo integrator.

Prosesnya didukung oleh peralatan lainnya komputer, GPS, printer berwarna, software program, dan kompas. Hasil akhir berupa data siap diinterpretasikan untuk bermacam-macam kegunaan yang diinginkan.

Bila dibandingkan dengan metode lainnya dalam hal estimasi atau pendugaan, teknologi ini memiliki kelebihan, antara lain informasi pada areal yang dideteksi dapat diperoleh secara cepat dan secara langsung di wilayah deteksi.

Kelebihan lain adalah tidak perlu bergantung pada data statistik. Serta tidak berbahaya atau merusak objek yang diteliti, karena pendeteksian dilakukan dari jarak jauh dengan menggunakan underwater sound.

Kehebatan lainnya, teknologi ini juga dapat digunakan dalam mengukur dan menganalisis hampir semua yang terdapat di kolam dan dasar air, aplikasi teknologi ini untuk berbagai keperluan lainnya.

Negara-negara maju telah lama memanfaatkan teknlogi alat pendeteksi ikan ini. Itulah salah satu sebab sektor kelautan perikanan dapat berjalan dengan maksimal. Teknlogi canggih ini bisa membuat mereka bisa mengeksplorasi sumber daya secara optimal. efisien dan ekonomis.

Teknlogi fishfinder juga semakin berkembang. Jika dulunya hanya mampu menampilkan warna hitam putih di monitor. Maka saat ini gambar yang dihasilkan bisa berwarna. Tingkat keakuratannya juga semakin tinggi sehingga sangat efesien

Dengan fishfinder modern Anda akan bisa membedakan manakah sebuah objek hidup ataukah itu adalah sebuah sampah di laut.

Fishfinder memang menjadi peralatan modern bagi pemancing-pemancing berduit. Dengan dana yang cukup, mereka bisa saja mencari gerombolan ikan yang berada di lautan dan memancing di sana. Jika Anda pemancing sejati maka kejelian membaca tanda-tanda alam adalah modal utama.

Tanda tanda alam seperti adanya lokasi yang dipenuhi camar laut di atasnya, bisa menjadi indikator bahwa di lokasi itu pasti terdapat ikan kecil dalam jumlah besar. Jika ikan kecil berkumpul maka dipastikan ikan-ikan predator juga akan ada disekitarnya.

Penggunaan alat pendeteksi ikan ini bisa membantu mendapatkan lokasi strategis memancing. namun pengalaman dan pengetahuan tentang arus laut juga sangat penting untuk anda ketahui sebagai syarat memancing yang aman ditengah samudra luas.

Semoga artikel tentang Fishfinder : Alat pendeteksi ikan untuk nelayan dan pemancing dapat bermanfaat. Teknologi yang canggih ditambah pengalaman yang mumpuni akan menghasilkan hasil tangkapan yang memuaskan.