Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Mancing Di Sungai Berair Keruh Kecoklatan

 umpan mancing disungai

Duniahobiku.com - Salah satu tantangan memancing dialam liar adalah cuaca yang tidak menentu. Jika saat panas maka spot sungai akan memiliki air yang jernih namun saat musim hujan atau setelah hujan maka sungai memiliki kondisi air yang keruh kecoklatan dan terkadang berlumpur. Lantas bagaimana dengan umpan yang digunakan? Setiap pemancing ternyata memiliki berbagai resep membuat umpan mancing  disungai berair keruh agar tidak boncos.

Sungai merupakan salah satu spot memancing yang banyak dipilih para pemancing karena selain gratis juga kita dapat menemukan berbagai jenis ikan liar seperti ikan gurame, ikan nila, ikan mas, ikan mujair, ikan tawes, dan ikan lainnya. Spot sungai seperti halnya spot waduk, danau ataupun rawa secara bebas bisa digunakan oleh para pemancing ikan untuk menyalurkan hobi mancingnya. Dan di tanah air masih banyak spot mancing sungai yang masih potensial dan masih memungkinkan kita mendapat hasil pancingan, namun yang namanya spot mancing dialam seperti disungai tentunya terpengaruh oleh keadaan cuaca..

11 Resep Umpan Mancing Sungai Air Keruh Kecoklatan

Untuk memancing ikan pada spot sungai dengan air keruh anda bisa menggunakan 2 tipe umpan yaitu menggunakan umpan alami ataupun menggunakan umpan racikan dari berbagai bahan. Yang terpenting saat mancing ikan pada spot dengan kondisi air keruh atau kecoklatan dan ditambah lumpur anda harus memperkuat aroma dari umpan anda tersebut, karena ikan ikan pada saat kondisi air keruh dan kecoklatan lebih mengandalkan indra penciumannya untuk mencari makan. Dan jika arus air keruh serta deras gunakan juga pemberat atau timah yang lebih besar agar umpan tidak terbawa arus.

Jika anda lebih menyukai umpan alami saat mancing di air keruh pada spot sungai maka anda bisa menggunakan :

Cacing tanah

Udang kupas

Anak ikan

Terasi untuk jenis ikan predator

Jangkrik dan pecahkan bagian perutnya agar aroma jangkrit keluar

Ulat pohon

Daging ayam atau jeroan ayam

Katak kecil, untuk target ikan gabus dan gurame

Racikan Umpan Mancing Sungai Air Keruh Yang Ampuh

1. Racikan umpan mancing sungai air keruh aroma wangi

Bahan :

Kuning telur ayam rebus

Jagung manis muda

Susu kaleng

kroto segar

Daun pandan

Cara membuatnya : Langkah pertama jagung dan daun pandan anda kukus terlebih dahulu, setelah matang jagung dan daun pandan kita tumbuk halus sampai merata hingga menjadi adonan kalis. Langkah selanjutnya campurkan dengan kroto, kuning telur, susu kaleng dan aduk-aduk sampai benar benar merata. Gunakan air sebagai penyeimbang kekentalan. Umpan mancing sungai air keruh siap digunakan. Bahan yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Racikan umpan mancing sungai air keruh aroma Amis

Bahan :

Ikan rucah

Keju

Pelet

Kuning telur rebus

Madu

Tepung Ikan

Cara membuatnya : Semua bahan di atas anda haluskan dan di campur menjadi satu dalam satu wadah, jika semuanya sudah tercampur dengan merata baru tambahkan madu dengan tujuan untuk melengketkan semua bahan tadi. Kemudian buat bulat kecil sesuai ikan target, dan umpan mancing sungai air keruh aroma amis siap digunakan.

Itulah Resep Umpan Mancing Sungai Air Keruh Kecoklatan, semoga bisa membantu para pemancing ikan yang sedang mencari informasi tentang umpan alami untuk mancing di spot sungai dengan air keruh.