Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman Alula, Tanaman Langka Dari Pulau Hawai Yang Nyaris Punah

 tanaman alula

Duniahobiku.com - Tanaman Alula? Pernah mendengarnya? Mungkin 90-95% pembaca yang membaca artikel ini baru pertama kali mendengar tentang nama tanaman ini, termasuk penulis. Sekilas tanaman ini mirip dengan adenium bahkan bentuk bonggolnya pun nyaris sama. Tanaman ini dulunya hanya bisa ditemukan di Hawai tepatnya di pulau Niihau dan Pulau Kauai yang memiliki habitat ekstrim dan sering diterjang topan dan badai yang membuat tanaman ini sulit berkembang sehingga konon tanaman ini sudah nyaris punah dialam liar.

Habitat Tanaman Alula

Kata Alula bisa memiliki beberapa makna saat kita mencarinya di search engine google. Kata Alula bisa diartikan bagian tubuh elang yang berbentuk tonjolan yang terdapat pada tepi sayap burung dan juga nama sebuah kampung yang berada di distrik Wita Wijaya yang ada di pegunungan Papua, Indonesia. Namun Alula yang dimaksud pada artikel ini adalah sebuah tanaman dengan nama latin Brighamia insignis yang habitat aslinya hanya kita temukan di kepulauan Hawai yang terletak di Samudera Pasifik Utara.

pulau Niihau dan Pulau Kauai
pulau Niihau dan Pulau Kauai

Deskripsi Tanaman Alula

Tanaman Alula memiliki batang yang hampir mirip dengan tanaman adenium dan bisa tumbuh sekitar 1 hingga 5 meter. Tanaman ini memiliki bunga berwarna kuning dan putih yang bisa kita jumpai pada bulan September hingga November. Memiliki bunga dengan aroma harum dan saat diserbuki menjadi buah dan berbentuk seperti kapsul dengan panjang antara 7-14 cm dan didalamnya akan kita jumpai puluhan biji bahkan ratusan tergantung dari umur tanaman dan tingkat kesuburan tanah disekitarnya. Brighamia insignis oleh masyarakat setempat sering disebut sebagai palem Hawai meskipun sebenarnya tidak termasuk dalam keluarga palem.

Penyebab Tanaman Alula Nyaris Punah

Menurut penelitian pada tahun 1994 tanaman ini diperkirakan hanya berjumlah 45-65 saja di habitat aslinya sehingga tanaman ini didaftarkan sebagai spesies tanaman yang terancam punah, bahkan beberapa sumber seperti Lembaga Konservasi Internasional, IUCN  menyebutkan bahwa kemungkinan tanaman ini sudah punah di alam liar, beberapa penyebab kepunahannya antara lain ;

1.      Kegagalan Penyerbukan

Menurut US Botanic Garden dalam penyerbukan tanaman Alula membutuhkan campur tangan hewan dari jenis ngengat elang yang saat ini sudah dinyatakan punah di Hawai sehingga tanaman Alula juga terkena dampak karena tidak bisa menyerbuk sendiri. Akibatnya populasinya tidak bisa berkembang dan berangsur-angsur diambang kepunahan.

2.      Faktor Alam

Tanaman Alula dapat kita temukan ditebing laut yang curam di  pulau Kauai dan Niihau yang berada sekitar 480 meter dari permukaan laut dan hidup diantara semak belukar. Posisi tanaman yang tumbuh diantara tebing  membuatnya sangat rentan terhadap longsor dan terjangan angin topan yang sering melanda daerah kepulauan Hawai.

3.           Hewan Liar

Dihabitat aslinya, tanaman ini juga tidak lepas dari berbagai musuh alam seperti kambing liar, babi, siput, tikus dan serangan tungau laba-laba carmine yang membuat  perkembang biakannya semakin terbatas.

4.      Manusia

Keindahan alam kepulauan Hawai yang memukau membuatnya banyak dikunjungi wisatawan. Jalur pendakian yang dekat dengan habitat tanaman Alula membuatnya berpotensi mengalami kerusakan baik disengaja maupun tanpa disengaja. Mengingat minimnya pengetahuan yang dimiliki wisatawan tentang tanaman yang berada dalam status Apendix atau terancam punah.

Namun kabar baiknya berkat campur tangan manusia dalam penyerbukan maka tanaman ini mulai bisa kita jumpai diluar habitat aslinya. 2 ahli botani bernama Steve Perlman dan Ken Wood dari National Botanical Garden mencoba mengumnpulkan benih dari alam dan memperbanyaknya agar bisa kembali normal dan keluar dari status kepunahan. Saai ini tanaman ini dikembangkan di 52 lokasi berbeda di seluruh dunia.

pengembangan tanaman Alula
pengembangan tanaman Alula

Semoga artikel tentang tanaman Alula dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang berbagai flora yang ada didunia yang keberadaannya yang harus dijaga dan dilestarikan.